Komparasi Brio RS dengan Ignis Sport Edition, Mana Yang Lebih Baik?

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
brio rs
Honda luncurkan Brio RS generasi kedua (Uzone)

OTOmart – GIIAS 2018 baru saja berakhir namun terdapat beberapa produk baru yang muncul dan menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah antara Honda Brio RS yang merupakan tipe paling mewah dengan gaya yang tampak lebih sporty dari sebelumnya namun tidak masuk ke dalam jejeran mobil LCGC akan tetapi masuk ke segmen City Car. Bagaimana perbandingannya dengan ‘Raja City Car’ saat ini yang dipegang oleh Suzuki Ignis?

Seperti yang diketahui, Suzuki Ignis merupakan mobil yang berada di deretan segmen City Car dengan penjualan terbaik. Hal itu terlihat dari penjualan semester satu 2018 kendaraan tersebut yang berhasil menyumbangkan total sebanyak 14.157 unit. Angka tersebut tentunya cukup besar dan meningkat hingga sebesar 199,7% jika dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: 5 Mobil City Car Terpopuler di Gelaran GIIAS 2018

Karena itu, tidak salahnya jika mengkomparasikan antara Brio RS dengan Suzuki Ignis Sport Edition baik dari harga serta performa mesin dari keduanya.

Jika melihat desain mobil, Honda Brio RS dan Ignis Sport Edition sama-sama mengusung nuansa sporty yang cukup mewah dari keduanya sekaligus mencerminkan aura dari masing-masing merek tersebut.

Performa

Mesin kedua mobil sekilas hampir mirip, dimana Brio RS menggunakan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya, yaitu unit 4-silinder berkapasitas 1,2 liter dengan teknologi mesin i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga hingga sebesar 90 PS dengan torsi maksimal sebesar 110 Nm. Tenaga tersebut dialirkan melalui dua pilihan sistem transmisi, yaitu CVT dan manual. Sistem transmisi CVT disematkan pada mobil ini untuk menyalurkan tenaga secara halus. Sedangkan untuk sistem transmisi manual dengan 5-percepatan mempunyai sistem pengoperasian yang terbilang ringan dengan jarak perpindahan yang pendek.

ignis sport edition
Suzuki Ignis Sport Edition (iotomotif)

Sedangkan Suzuki Ignis Sport Edition mempunyai mesin K12M yang berkubikasi 1,2 liter. Akan tetapi tenaga yang dihasilkan terbilang cukup kecil, dimana hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 83 PS dengan torsi maksimal yang bisa dihasilkan sebesar 113 Nm. Tenaga yang dihasilkan tersebut dialirkan menggunakan dua pilihan sistem transmisi, yaitu otomatis dan manual. Untuk sistem transmisi otomatisnya, Suzuki Ignis mempercayakan pada sistem Auto Gear Shift (AGS). Girboks ini tidaklah secanggih dan senyaman CVT dalam pengaplikasiannya. Namun perawatan girboksnya lebih mudah dan lebih murah jika dibandingkan dengan CVT, baik yang otomatis maupun yang konvensional. Sedangkan untuk sistem transmisi manualnya, Suzuki Ignis Sport Edition ini mempunyai sistem AGS dengan fitur perpindahan gigi manual yang mampu mendapatkan gigi demi putaran yang cocok dengan kebutuhan pengendara sehingga cukup mudah.

Baca Juga: 5 Mobil Terbaru Paling Menarik Pengunjung di GIIAS 2018

Harga

Ignis Sport Edition mempunyai harga yang cukup murah, yaitu Rp154,5 juta (MT) dan Rp 164,5 juta untuk AGS. Harga nominal tersebut biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan Brio RS yang pada umumnya dijual mulai dari harga Rp160 hingga Rp180 jutaan.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mobil Matik Nekat Terjang Genangan Air, Begini Trik Amannya

OTOmart – Di musim hujan saat ini, pada umumnya di beberapa ruas jalan akan...

Begini Cara Mengecek Kondisi Mobil Anda Dengan Metode POWDER

OTOmart – Saat ini Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Ini berarti kondisi mobil perlu...

Tips Jaga Jarak Aman Kendaraan dan Cara Mengukurnya

OTOmart – Saat Anda mengemudikan mobil, maka hal penting yang perlu dan penting untuk...

Baru Punya SIM? Ikuti 10 Tips Bagi Para Pengendara Pemula Ini

OTOmart – Dengan mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) bukan berarti Anda dapat langsung bebas...

Musim Penghujan Datang, Perhatikan 8 Bagian Mobil Ini

OTOmart – Memasuki musim penghujan, sebagai pengendara tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih...

Begini Cara Merawat Pintu Bagasi Agar Hidrolik Tidak Melemah

OTOmart – Dalam beberapa tahun belakangan ini, kebanyakan pintu mobil bagian belakang dibuka mengarah...