BMW 520i Luxury Line Diproduksi Lokal Oleh BMW Indonesia

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
luxury
Sumber: Viva News

OTOmart – Setelah sukses dengan lineup mobil BMW 530i dan 520d dan telah berstatus Completely Knock Down (CKD), BMW Indonesia akhirnya memperkuat lini produknya dengan menambahkan satu tipe lagi, yaitu BMW 520i Luxury Line yang saat ini tengah masuk ke proses produksi di PT Gaya Motor yang berlokasi di wilayah Sunter, Jakarta Utara. Padahal varian terendah dari 5-Series ini telah dipasarkan secara resmi pada semester kedua tahun 2017 lalu. Berkat respons yang luar biasa dari pelanggan di Indonesia membuat BMW merubah status Car Built Up (CBU) menjadi CKD.

Perubahan ini dilakukan untuk menambah value serta memperkuat jajaran mobil BMW terpopuler saat ini. “BMW Indonesia sangat yakin bahwa All New BMW 520i Luxury Line akan mampu melanjutkan tren positif serta memperkuat lini produk seri 5 dan menguasai segmen sedan bisnis di pasar otomotif Indonesia,” ucap President Director BMW Group Indonesia, Karen Lim.

Sebetulany versi CKD sendiri tidak mempunyai perbedaan berarti dengan versi CBU, karena tidak terkena pajak impor sehingga membuat harganya menjadi lebih murah. Dilihat dari fitur yang disematkan mayoritas sama dengan BMW 520i CBU, yang membedakan hanyalah beberapa detail kecil saja namun tetap saja hal ini tidak akan mempengaruhi dari rasa berkendara Anda. Akan tetapi, bagian terpentingnya terdapat pada lead time yang justru lebih cepat jika dibandingkan dengan CBU.

Baca Juga: Intip Performa BMW 5 Series dan BMW 7 Series Terbaru

“Kalau melihat dari locally assembled bukan hanya menguntungkan dari segi harga saja, akan tetapi juga menunggu waktu konsumen. Kalau membicarakan CBU mereka harus menunggu hingga 6 bulan lamanya, tapi jika dirakit secara lokal hal itu tentu akan menjadi lebih cepat diterima oleh para konsumen, dan mengenai harga tentu akan lebih terjangkau,” ucap Jodie O’tania, Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia, seperti dilansir laman oto.com.

luxury
Sumber: Oto.com

BMW 520i Luxury Line dibanderol dengan harga Rp 1,009 miliar (off-the-road) dan merupakan varian termurah dari seri 5. Tentu kehadiran mobil ini akan menambah kelengkapan dari lini 5-Series setelah BMW 520d Luxury Line yang dibanderol dengan harga Rp 1,029 miliar (off the road) dan BMW 530i Luxury Line yang dibanderol dengan harga Rp 1,169 miliar (off the road).

BMW 520i Luxury Line diberikan mesin dengan seri B48 dengan 4-silinder 2,0 liter. Meskipun mempunyai kapasitas kecil akan tetapi mampu menghasilkan tenaga sebesar 184 hp dengan torsi maksimal sebesar 290 Nm. Hal ini berkat bantuan dari forced induction TwinPower Turbo yang didukung dengan teknologi andalan BMW seperti katup variable double VANOS, valvetronic, dan High Precision Injection.

Baca Juga: BMW Mudahkan Akses Layanan Purna Jual Via Online

Semua hal itu disatukan menggunakan transmisi otomatis Steptronic 8-speed, yang dapat melakukan akselerasi mulai dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 7,8 detik saja dengan kecepatan puncak mencapai 235 km/jam.

Selain itu, dengan mengusuing teknologi Efficient Dynamics, mobil ini mampu menghasilkan efisiensi bahan bakar yang cukup memukau. Dimana dari hasil pengujian UN ECE, konsumsi BBM rata-rata mobil ini mencapai 18,5 km/liter dengan emisi CO2 yang dihasilkan hanya 124 g/km.

Jika dilihat secara fisik, mobil BMW 520i Luxury Line sama sekali tidak berbeda dengan 530i Luxury Line, sebab kedua mobil ini masuk ke dalam trim yang sama dimana keduanya mengedepankan karakter yang elegan dan eksklusif. Fitur Active Air Stream yang mampu membuka serta menutup bilah grille double kidney dan pelek 18-inci akan tetap ada.

Di bagian interiornya, mobil ini juga telah mengusung teknologi enkapsulasi Special Synergy Thermoacoustic Capsule (SYNTACK) sehingga akan membuat kabin menjadi terasa terisolir dari dunia luar. Selain itu, di beberapa panel juga diberikan lapisan kulit dan kayu. BMW juga memberikan mobil ini sistem iDrive 6.0 yang terpusat pada monitor dengan layar sentuh berukuran 10,25 inci. Mobil BMW ini juga telah dilengkapi dengan BMW Gesture Control, BMW Navigation System Professional dengan peta 3D serta voice direction dengan Bahasa Indonesia.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Siapa Sangka, Pajero Sport Dakkar Modifikasi Ini Tampil Rally Look

OTOmart – Banyak yang mengatakan jika gara rally look pada mobil hanya cocok untuk...

Selama Oktober 2018, Toyota Avanza Berhasil Ungguli Xpander

OTOmart – Persaingan mobil jenis Low MPV di Indonesia sepertinya semakin sengit saja, terutama...

Modifikasi Honda Brio Ini Bikin Tampilannya Lebih Mewah

OTOmart – Jika Anda terbiasa melihat Honda Brio 2017 yang biasa-biasa saja. Namun setelah...

Bersiaplah, Pekan Ini Toyota Bakal Rilis Sedan Corolla Terbaru

OTOmart – Siapa yang tidak kenal dengan salah satu kendaraan andalan Toyota di pasar...

Keren! Daihatsu Xenia Ini Tampil Nyentrik Dengan Kelir Batman

OTOmart – Daihatsu Xenia dikenal sebagai salah satu mobil terlaris dan merupakan pemain lama...

Wuling Confero Cuma Dapat 1 Bintang Dari Uji Tabrak Asean NCAP

OTOmart – Dalam menentukan tingkat keselamatan pada sebuah mobil biasanya para pabrikan akan melakukan...