Estimasi Biaya Service Mobil Terendam Banjir Yang Perlu Dikeluarkan

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mobil terendam banjir
Banjir di DKI Jakarta (Source: 100kpj.com)

OTOmart – Tingginya intensitas hujan dan mengguyur wilayah Jabodetabek, membuat beberapa wilayah terendam banjir. Kondisi ini membuat beberapa mobil terendam banjir bahkan hingga sampai menyentuh setengah bodinya.

Lalu apakah mobil yang telah terendam banjir masih dapat terselamatkan?

Dilansir laman Otodriver.com, mobil yang telah terendam banjir masih dapat terselamatkan namun dengan beberapa syarat.

Baca Juga: Mobil Mogok Karena Banjir? Begini Cara Menghidupkannya

Kepala bengkel Astra Daihatsu Motor wilayah Pondok Pinang, Robin Chandra Wijaya mengatakan bahwa mobil yang telah terendam banjir dapat saja terselamatkan asalkan kondisi mesin mobil tidak dalam kondisi hidup atau dalam keadaan mati.

Menurutnya, kondisi mobil yang telah terendam harus tetap dalam kondisi mati hingga air benar-benar hilang.

“Ketika diparkir dan telah terendam hingga setengah bodi atau bahkan telah sampai atap, sebenarnya masih dapat diselamatkan asalkan mobil tidak dinyalakan hingga seluruh air yang masuk benar-benar sudah hilang dari mobil,” ucap Robin.

Pengecekannya sendiri dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama adalah dengan mengecek terlebih dahulu tongkat pengukur olinya atau dipstick. Jika kondisi mobil telah terendam hingga setengah bodi, maka sangat direkomendasikan untuk dilakukan pembongkaran mesin.

“Langkah pertama adalah mengecek stik olinya dahulu, apakah telah tercampur air atau tidak. Biasanya kalau sudah terendam hingga setengah bodi atau sampai atap, kita sarankan untuk membongkar komponen mesin semuanya, diturunin semua, dibersihkan, lalu diisi dengan oli baru, pasang lagi, baru dinyalakan,” terang Robin.

“Kalau kondisi mobilnya jalan atau hidup, maka 90 persen jatuhnya nanti water hammer karena kondisinya air masuk,” pungkas Robin.

Biaya Servis Mobil Terendam Banjir

servis mobil
Ilustrasi (Source: Pixabay)

Mobil yang telah terendam hingga setengah bodi tentu harus segera dilakukan servis. Lalu berapakah biaya yang perlu dikeluarkan untuk memperbaiki mobil yang telah terendam banjir tersebut?

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jika Anda Tidak Mencuci Mobil Saat Musim Penghujan

Robin menuturkan, bahwa estimasi biaya servis mobil saat terendam banjir berkisar mulai dari Rp 600 ribuan. Namun, biaya tersebut belum termasuk ke dalam penggantian komponen dan jasa.

“Estimasinya kalau tidak ada pergantian komponen atau hanya membersihkan komponen saja, itu mulai dari Rp 600 ribuan. Rinciannya itu pergantian oli kurang lebih 3 hingga 3,5 liter itu biayanya Rp 420 ribu untuk oli standar. Sedangkan untuk oli transmisinya, dibanderol Rp 80 ribu. Kalau pakai yang 3 liter, maka harganya berkisar Rp 240 ribuan,” terang Robin lagi.

Menurut Robin, biaya yang cukup menguras kantong justru karena biaya jasanya. “Yang paling mahal itu kemungkinan karena jasanya. Karena jasanya itu perlu bongkar engine seperti mobil yang turun mesin. Biaya jasanya kemungkinan kurang lebih Rp 2 jutaan tanpa mengganti komponen. Sebab, bongkar mesinnya itu cukup memakan banyak waktu kurang lebih sekitar 14 jam,” ucap Robin.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Suzuki Ignis Facelift 2020 Siap Meluncur Pada 9 April 2020

OTOmart – Setelah sebelumnya telah kepergok akan kehadirannya di jalan tol lingkar luar Cakung...

Ternyata Begini Loh Cara Bayar Pajak Mobil Online

OTOmart – Dengan semakin meluasnya pandemic virus corona di Indonesia, serta mendorong agar masyarakat...

Nissan Indonesia Resmi Telah Menutup Pabriknya di Indonesia

OTOmart – Sebagai bagian dari rencana untuk melakukan optimasi produksi serta re-organisasi operasi bisnisnya,...

Mobil Matic Murah Ini Dibanderol Mulai Dari Rp 100 Jutaan

OTOmart – Saat ini, terdapat dua jenis sistem transmisi yang digunakan di mobil, yaitu...

Daftar Harga Lengkap Daihatsu All New Terios 2018

OTOmart – Salah satu pilihan mobil yang tepat untuk Low SUV bekas tahun muda...

Kelebihan Kijang LGX Diesel Dibandingkan Para Rivalnya

OTOmart – Salah satu MPV terpopuler sebelum adanya MPV yang ada saat ini adalah...