Biaya Perbaikan Power Steering Mobil Rush Ternyata Rp 7 Jutaan

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
power steering
Interior Toyota Rush G 1.5L (Raseal Motor)

OTOmart – Toyota selama ini telah menyematkan berbagai teknologi modern pada semua produk buatannya. Salah satunya adalah Toyota Rush yang telah disematkan dengan teknologi electronic power steering (EPS). Selain itu, produk Toyota lain yang diketahui telah menggunakan teknologi ini adalah Toyota Avanza.

Electronic Power Steering (EPS) sendiri merupakan salah satu fitur kenyamanan yang disematkan di dalam mobil untuk mempermudah para penegemudi dalam mengontrol setir sehingga lebih ringan saat digunakan.

Baca Juga: Salip Xpander, New Rush 2019 Jadi Mobil Terlaris Kedua di Indonesia

Fitur ini sendiri menggunakan motor elektrik yang terhubung langsung dengan steering column (batang setir) agar memperingan putaran setir saat berkendara. Pada umumnya, fitur ini disematkan di bawah dasbor atau di ruang mesin.

Selain itu, perintah kerja dari motor EPS ini juga dilakukan oleh komponen Electronic Control Unit (ECU), sehingga tetap perlu dirawat agar performanya dapat terus terjaga. Lalu berapakah harga perbaikan teknologi Electric Power Steering ini?

Dilansir laman otoseken.com, harga perbaikan electric power steering untuk Toyota Avanza dan Toyota Rush di bengkel resmi Toyota berada di kisaran harga Rp 7.250.000.

“Kalau untuk ongkos bongkar pasang rack steer-nya Avanza itu kisaran Rp 230 ribu. Sedangkan kalau untuk bongkar pasang electric power steering, biayanya sekitar Rp 460 ribuan,” ucap kepala bengkel Auto2000 wilayah Tangerang, Erwin Surianto, seperti dilansir laman Otoseken.com.

Jika dibandingkan dengan jenis manual, power steering berjenis elektrik mempunyai tingkat maintenance yang cukup kecil serta minim perawatan. Meski begitu, harganya yang terbilang cukup mahal, tentu menjadi salah satu kelemahannya.

Fitur EPS yang disematkan di beberapa produk Toyota sebaiknya benar-benar dijaga dari kerusakan. Sebab, komponen ini dapat dengan mudah mengalami kerusakan jika sering melewati jalan yang rusak serta kasar ataupun banjir.

Selain itu, setiap memarkirkan kendaraan, usahakan agar posisi ban lurus. Hal ini agar tidak membuat beban kerja komponen ini menjadi semakin berat.

Baca Juga: Gunakan Per All New Rush, Modifikasi Avanza Ini Justru Lebih Elegan

Bagaimana? Anda tertarik untuk menggunakan teknologi modern ini agar tingkat kenyamanan bertambah saat berkendara dengan jarak yang jauh? Segera kunjungi diler Auto2000 atau ke showroom mobil bekas untuk mendapatkan Toyota Rush bekas dengan kualitas terbaik.

Jika Anda ingin cari mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang murah, OTOmart siap melayani Anda. Kunjungi OTOmart sekarang juga untuk mendapatkan mobil impian Anda sekarang.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Resmi Meluncur, Berikut Spesifikasi dan Harga Lengkap KIA Seltos

OTOmart – Di awal tahun 2020, PT Kreta Indo Artha (KIA) melakukan gebrakan dengan...

Model Mobil Ini Harganya Anjlok Tapi Banyak Peminat

OTOmart – Sejumlah model mobil baik MPV ataupun SUV yang berasal dari berbagai merek...

Ini Perubahan Yang Dilakukan Suzuki Pada All New Ertiga 2020

OTOmart – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di awal tahun 2020 melakukan gebrakan dengan...

Tips Agar Performa Turbo Kijang Innova Diesel Meningkat

OTOmart – Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa mesin Toyota...

Ketahui Ciri-Ciri Mobil Yang Terendam Banjir Dengan Trik Ini

OTOmart – Di hari pertama tahun 2020, banjir melanda sebagian besar wilayah di Jakarta...

Mau Campur Angin Nitrogen Dengan Angin Biasa? Ini Penjelasannya

OTOmart – Anda biasa mengisi tekanan ban mobil Anda dengan angin nitrogen dan ingin...