Mobil Kena Water Hammer? Segini Biaya Perbaikannya!

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
water hammer
Ilustrasi (Source: MivecBlog.com)

OTOmart – Water hammer merupakan istilah di dunia otomotif dimana kondisi air dengan jumlah yang cukup banyak masuk ke dalam ruang mesin dan mengganggu proses pembakaran yang terjadi sehingga membuat mesin terganggu. Biasanya kondisi water hammer terjadi akibat mobil dipaksa untuk menerjang banjir.

Jika sudah dalam kondisi seperti ini, maka sebaiknya Anda segera pergi ke bengkel mobil terdekat untuk melakukan servis, terutama untuk servis mesin dan beberapa komponen lain di dalamnya.

Baca Juga: Trik Menghilangkan Suara Mesin Mobil Diesel Berisik

Seperti diketahui, mesin mobil terdiri dari beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan agar performa mobil tetap dalam kondisi prima, seperti blok silinder, piston, setang piston, klep hingga kruk as.

Jika mobil Anda dalam kondisi seperti itu, maka komponen-komponen di ataslah yang biasanya menjadi korban. Lalu berapakah biaya yang Anda butuhkan untuk memperbaiki mesin mobil yang terkena kondisi tersebut?

Dilansir laman GridOto.com, Triyono, pemilik bengkel mobil yang berada di wilayah Bekasi mengatakan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk mengatasi kondisi tersebut sangatlah besar.

“Kalau biaya yang perlu dikeluarkan untuk mesin mobil yang seperti itu bisa seperti beli motor baru tipe matik lah,” ucap Tri.

“Kurang lebih untuk kisaran harga perbaikannya mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 30 jutaan. Ini untuk mesin mobil Nissan, seperti Juke, Livina, hingga Serena,” ucap Tri lagi.

Namun biaya tersebut bisa menjadi lebih besar tergantung dari kerusakan yang terjadi. Jika semakin banyak komponen yang mengalami keruskan, maka semakin besar pula biaya yang perlu Anda keluarkan.

“Efek yang ditimbulkan sendiri biasanya terjadi pada semua silinder. Jika airnya terisap cukup banyak dan putaran mesinnya cukup tinggi, maka efeknya bisa jadi semakin berbahaya,” ungkap Tri.

Baca Juga: Mau Swap Engine? Ketahui Dulu Harga Mesin Mobil Baru dan Bekasnya

Bahkan menurut Triyono, jika kerusakan sudah terlalu parah seperti blok silinder pecah, maka Anda harus mengganti mesinnya dengan mesin yang baru.

“Kalau sampai kondisinya sangat parah, ya sebaiknya sih diganti dengan satu set mesin yang baru. Soalnya kalau mau diperbaiki pun percuma saja,” pungkas Tri.

Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk mengganti satu set mesin terbaru pun cukup mahal, bahkan bisa lebih dari Rp 30 jutaan. Karena itu, sebaiknya Anda sebelum menerjang banjir sebaiknya berpikir dua kali agar mesin tidak kemasukan air yang menyebabkan terjadinya water hammer.

Jika Anda kesulitan dalam menemukan mobil dengan harga terjangkau, Anda dapat mengunjungi situs jual beli mobil bekas terkemuka di Indonesia, yaitu Otomart di www.otomart.id. Di sini, Anda akan mencari mobil bekas pilihan Anda dengan kualitas terbaik dan terpercaya. Segera kunjungi Otomart sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Honda Tidak Akan Datangkan Jazz Terbaru 2020 Ke Indonesia

OTOmart – Honda Jazz terbaru 2020 yang telah diluncurkan pada awal bulan Februari lalu...

Mobil Kebanjiran, Lakukan Hal Ini Agar Kerusakan Tidak Menjalar

OTOmart – Dalam beberapa hari terakhir, Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan dengan intensitas yang...

Harga Ertiga Bekas Di Wilayah Jakarta Mulai Dari Rp125 Jutaan

OTOmart – Meski berbeda segmen, tetap saja kehadiran XL7 membuat penjualan Ertiga sedikit terancam,...

Baru Diluncurkan, Suzuki Sudah Beri Promo dan Diskon Suzuki XL7

OTOmart – Salah satu cara produsen mobil untuk tetap dapat menarik minat para konsumen...

Cara Mudah Melakukan Jumper Aki Mobil Dari Aki Mobil Lainnya

OTOmart – Jika mobil bekas Anda mogok akibat aki soak, maka salah satu trik...

Nano Ceramic, Cairan Poles Yang Bikin Mobil Anda Kinclong

OTOmart – Cat bodi yang nampak mengkilap dan kinclong serta tidak kusam merupakan salah...