Sebelum Beli Ertiga Bekas, Pahami Dulu Biaya Perawatan Berkalanya

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
ertiga bekas
Suzuki Ertiga 1.4 GX

OTOmart – Dalam satu minggu terakhir, tingkat pencarian Suzuki Ertiga bekas di dunia maya mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan pencarian ini rupanya bukan hanya terjadi di dunia maya saja, namun juga di pasar mobil bekas.

Beberapa bursa mobil bekas yang ada di Jakarta mengatakan jika Suzuki Ertiga bekas menjadi salah satu pesaing ketat Toyota Avanza di kelas Low MPV.

Baca Juga: Tips dan Panduan Mendapatkan Suzuki Ertiga Bekas Terbaik

Seperti diketahui, sejak diperkenalkan pada tahun 2012 lalu, Suzuki Ertiga menjelma menjadi salah satu tulang punggung untuk penjualan produk Suzuki di jenis mobil penumpang. Ertiga bekas mempunyai 3 pilihan trim yang bisa Anda pilih, yaitu GA, GL dan GLX. Ketiganya sama-sama memberikan dua alternatif pilihan sistem transmisi, yaitu otomatis dan manual.

Lalu mengapa Suzuki Ertiga bekas begitu banyak dicari oleh para pemburu mobil bekas? Salah satu jawabannya adalah karena biaya perawatan berkalanya yang cukup terjangkau.

“Untuk Ertiga, penggantian oli mesin itu dilakukan setiap kelipatan 10 ribu kilometer atau jangka waktu 6 bulan sekali. Kalau penggantian oli dilakukan di bengkel resmi, tentunya akan dibarengi dengan penggantian filter oli serta gasket oli dengan total biaya mencapai Rp 347.500,” ucap Kepala bengkel Suzuki Karawaci, Tangerang, Sayekti Gesang, seperti dilansir laman GridOto.com.

Sedangkan untuk perawatan Suzuki Ertiga berkala dilakukan setiap interval 20 ribu kilometer, dan disertai dengan penggantian busi sebanyak 4 buah. Perinciannya servis berkala yang dilakukan di kelipatan 20 ribu kilometer meliputi, penggantian oli mesin (4 liter), filter oli, gasket, busi sebanyak 4 buah. Total biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 459.500.

“Sedangkan untuk Suzuki Ertiga manual, penggantian oli transmisi dilakukan setiap kelipatan 20 ribu kilometer. Namun, untuk pergantian olinya dilakukan sebanyak 3 liter oli dengan harga Rp 285.000,” terang Gesang.

“Kalau untuk perawatan berkala Suzuki Ertiga manual, dilakukan setiap interval atau kelipatan 40 ribu kilometer. Penambahannya itu untuk penggantian minyak rem, filter udara, serta engine coolant,” ucap Gesang lagi.

Baca Juga: 11 Pembaruan Yang Dilakukan Suzuki Pada Suzuki Ertiga Sporty

Untuk spare part yang harus diganti di kelipatan 40 ribu kilometer, maka yang dilakukan penggantian antara lain, yaitu oli mesin (4 liter), filter oli, filter udara, gasket, engine coolant, minyak rem (2 botol), oli transmisi manual (3 liter), dan busi (4 buah). Total biaya keseluruhan yang harus dikeluarkan mencapai Rp 1.034.500.

Sebaliknya untuk Suzuki Ertiga bekas bertransmisi otomatis, penggantian oli transmisi setiap kelipatan 40 ribu kilometer, maka pergantian oli transmisi otomatis sebanyak 7 liter oli dibanderol seharga Rp 805.000.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Lengkap Harga Toyota Vios Bekas Maret 2020

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2003 silam di Indonesia, Toyota Vios menjelma menjadi...

Suzuki Ertiga 2014 Kini Dibanderol Mulai Dari Rp 100 Jutaan

OTOmart – Suzuki Ertiga merupakan salah satu mobil berjenis MPV yang tentunya banyak diburu...

Bunuh Virus Corona di Kabin Dengan Proses Sterilisasi Ini

OTOmart – Salah satu bagian mobil yang berpotensi menjadi media penyebaran virus Corona atau...

Bagian Mobil Ini Perlu Dibersihkan Agar Terhindar Dari Virus Corona

OTOmart – Salah satu upaya dalam melindungi diri dari penyebaran virus corona atau covid-19...

Scuto Indonesia Sediakan Jasa Penyemprotan Disinfektan Gratis

OTOmart – Dengan semakin berkembangnya penyebaran wabah virus corona atau Covid-19, tentu membuat para...

Suzuki Klaim Biaya Perawatan Suzuki XL7 Cuma Rp 3.800 Per Hari

OTOmart – Sebagai salah satu pemain baru di pasar otomotif Indonesia, Suzuki XL7 telah...