Biaya Pemasangan Sensor Parkir dan Kamera Mundur Mobil

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kamera mundur
Ilustrasi (ProductNation)

OTOmart – Salah satu fitur wajib yang harus dimiliki oleh mobil modern adalah kamera mundur untuk memudahkan pengemudi saat memarkirkan kendaraannya. Melalui fitur ini, pengemudi dapat dengan mudah memantau obstacle di bagian belakang mobil sehingga dapat dihindari.

Namun ternyata, tidak semua mobil telah dilengkapi dengan fitur ini. Lalu berapakah biaya yang harus Anda keluarkan untuk memasang kamera mundur dan sensor parkir di mobil milik Anda?

Baca Juga: Mau Pasang Kamera 360 Derajat? Segini Biaya Yang Perlu Dikeluarkan

Salah satu pemilik bengkel audio dan aksesoris yang berada di kawasan Tangerang Selatan, Anton mengungkapkan jika kedua fitur ini dapat Anda instal pada mobil kesayangan Anda dengan harga yang terjangkau.

“Kalau untuk sensor parkir yang bagus itu harganya berada di kisaran Rp 350.000 sudah termasuk dengan pemasangan. Sedangkan untuk kamera parkirnya yang bagus, harganya berada di kisaran harga Rp 300.000-an. Jadi untuk total biaya yang perlu dikeluarkan Rp 650.000 itu sudah dapat merek yang bagus,” ucap Anton, seperti dilansir laman Otodriver.com.

Namun yang jangan pernah Anda lupakan adalah jika ingin memasang kamera parkir, pastikan bahwa mobil Anda telah dilengkapi dengan head unit dengan layar LCD.

“Untuk kamera mundurnya dapat Anda pasang kalau headunitnya telah dilengkapi dengan layar LCD. Kalau tidak, maka sebaiknya diganti dahulu headunitnya agar spesifikasinya serupa,” ungkap Anton.

Lain halnya dengan Eddy, salah satu penjual audio dan aksesoris mobil yang berada di wilayah Kemayoran, Jakarta Pusat yang mengungkapkan bawah harga pembelian kamera parkir untuk mobil impian Anda di bengkel miliknya dibanderol seharga Rp 650.000 include dengan pemasangannya.

Merawat Sensor Parkir dan Kamera Mundur

sensor parkir
Ilustrasi (Mercedes-Benz.ie)
Baca Juga: Tengah Naik Daun, Ini Harga Kamera 360 Aftermarket Xpander dan Livina

Setelah sensor parkir dan kamera parkir terpasang, hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengenai perawatan dua fitur keamanan dan keselamatan tersebut.

Seperti diketahui, keduanya merupakan perangkat elektrik yang rentan mengalami kerusakan jika tidak mendapatkan perawatan yang mumpuni, terutama dalam hal kebersihannya.

Hal ini bertujuan agar kedua fitur tersebut dapat bekerja secara baik dan optimal, terutama pada bagian sensor parkirnya. Sebab, sensor parkir tersebut berfungsi untuk membaca objek yang mendekat ke mobil Anda. Jika kotorannya menumpuk dan menutupi sensor parkir serta kamera mundur, maka kinerjanya tentu akan terganggu.

Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita terbaru seputar Otomotif atau ingin mencari dan melakukan kredit mobil bekas berkualitas terbaik di seluruh dealer mobil bekas di Indonesia, kunjungi situs Otomart.id. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Segini Biaya Penggantian Karet Support Sokbreker Grand Livina

OTOmart – Grand Livina merupakan salah satu mobil berjenis LMPV produksi Nissan Motor yang...

Lampu Check Engine Captiva Menyala Terus? Ini Loh Penyebabnya!

OTOmart – Chevrolet Captiva dikenal sebagai salah satu mobil SUV gagah andalan Chevrolet yang...

Calya dan Sigra Anda Boros Bahan Bakar? Ini Penyebabnya!

OTOmart – Calya dan Sigra merupakan salah satu mobil berjenis LMPV berkapasitas 7 seater...

Daihatsu Rancang Strategi Agar Daihatsu Ayla Turbo Laku di Indonesia

OTOmart – Meski telah melakukan pengujian mesin Daihatsu Ayla turbo berkapasitas 1000cc di jalanan...

Daftar Harga Mobil Grand Livina Di Bawah Rp 150 Juta

OTOmart – Anda punya dana Rp 150 juta dan ingin mendapatkan mobil berkapasitas 7...

Spesifikasi dan Harga Resmi Mitsubishi Xpander Cross

OTOmart – Setelah hanya muncul di dunia maya saja dengan berbagai spekulasi yang menyertainya,...