Mau Pasang Kamera 360 Derajat? Segini Biaya Yang Perlu Dikeluarkan

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
kamera 360 derajat
Kamera 360 derajat (Carmudi)

OTOmart – Beberapa mobil saat ini telah didesain mempunyai beberapa sudut yang sukar untuk dipantau pengemudi, apalagi ketika ingin memarkir kendaraannya. Karena itulah beberapa pabrikan menciptakan fitur baru yang telah didukung dengan kamera canggih.

Kamera ini disematkan dalam empat posisi, yaitu di bagian depan, bagian bawah spion kiri dan kanan, serta bagian belakang. Melalui empat kamera tambahan tersebut, para pengemudi nantinya dapat melihat seluruh sudut mobil dalam kondisi 360 derajat secara jelas.

Baca Juga: New Nissan Serena 2019 Resmi Dirilis, Bagus Mana Dengan Voxy?

Lalu bagaimana dengan mobil yang tidak mempunyai kamera 360 derajat?

Bagi mobil yang tidak mempunyai kamera 360 derajat, pada umumnya mereka bakal memasang kamera 360 derajat tersebut dengan cara mendatangi para pedagang toko audio dan aksesori untuk memasangnya.

Rokhimin yang merupakan pedagang toko audio dan aksesori mobil mengatakan jika kamera 360 derajat mulai banyak dicari saat ini. Sebab, aksesori ini bukan hanya membuat penampilan mobil menjadi lebih canggih dan stylish, namun juga untuk meminimalisir titik buta yang biasanya terdapat pada mobil.

“Sekarang sudah banyak orang yang mulai pasang kamera 360 karena praktis. Sebab, hampir seluruh bagian mobil dapat langsung terlihat hanya dari layar head unit saja,” ungkap Rokhimin, seperti dilansir laman Viva News.

Sedangkan bagi pemilik kendaraan yang mobilnya belum dilengkapi dengan perangkat canggih kamera 360 derajat tersebut, dapat membelinya melalui produk-produk aftermarket yang tersedia.

“Selama mobil yang digunakan masih memakai spion hard cover, maka dapat dipasangi dengan kamera 360 derajat. Sebab, dudukan spionnya menempel pada spion mobil. Nah, kalau untuk bagian depan dan belakangnya, tentu bisa semua,” terangnya lagi.

Baca Juga: Nissan Serena 2019 Resmi Meluncur, Ini Fitur Unggulannya

Rokhimin pun menjelaskan untuk melakukan pemasangan kamera 360 derajat, maka mobil yang digunakan harus sudah dilengkapi dengan layar monitor yang terdapat pada head unitnya. Untuk pemasangannya sendiri membutuhkan waktu kurang lebih satu hari. Hal ini dikarenakan mekanik harus melihat terlebih dahulu jalur kabel untuk menentukan empat kameranya sehingga posisinya pas serta menghubungkannya langsung ke head unit.

“Untuk harga perangkat kameranya sendiri itu Rp5 juta dengan biaya pasang Rp500 ribu. Kalau head unitnya belum pakai layar, jadi harus ganti. Harganya sekitar Rp2 jutaan untuk yang bisa mendukung fitur ini,” terang Rokhimin lagi.

Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita terbaru seputar Otomotif atau ingin mencari dan melakukan kredit mobil bekas berkualitas terbaik di seluruh dealer mobil bekas di Indonesia, kunjungi situs Otomart.id. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Mobil Test Drive Di Gelaran GIIAS 2019

OTOmart – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 hari ini telah secara resmi...

Suzuki Luncurkan Program Trade-In Saat GIIAS 2019 Besok

OTOmart – Menjelang digelarnya pameran otomotif terkemuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019,...

Airbag Mobil Toyota Rush Bermasalah, Toyota Lakukan Recall

OTOmart – Salah satu pabrikan otomotif terkemuka asal Jepang, Toyota Motor Corporation melalui PT...

Teaser Mobil Juke Terbaru Resmi Dirilis, Ini Prediksi Perubahannya

OTOmart – Jelang peluncuran perdananya pada September 2019 mendatang, Nissan Motors telah membocorkan sedikit...

Tengah Naik Daun, Ini Harga Kamera 360 Aftermarket Xpander dan Livina

OTOmart – Di antara berbagai macam fitur yang disematkan pada beberapa bagian mobil, fitur...

Dilengkapi Voice Command, Almaz 7 Seater Bisa Dipesan Hanya Rp 5 juta

OTOmart – Almaz 7 Seater baru saja diperkenalkan oleh produsennya, Wuling Motors Indonesia, kemarin,...