Musim Hujan Tiba, Sebaiknya Segera Ganti Karet Wiper Anda!

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
karet wiper
Ilustrasi (Dibjo/ Pixabay)

OTOmart – Setelah didera musim kemarau yang berkepanjangan, kini tanah air mulai memasuki musim penghujan. Kondisi ini tentunya memaksa para pengendara untuk dapat langsung beradaptasi dalam menyesuaikan perubahan musim tersebut. Selain mengubah kebiasaan dalam berkendara, beberapa komponen yang terdapat pada mobil tersebut juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah karet wiper.

Jika Anda sering memarkirkan kendaraan Anda saat musim kemarau di luar ruangan, maka sebaiknya mengganti karet wiper. Hal ini dikarenakan karet wiper telah getas akibat sering dijemur di bawah sinar matahari.

Baca Juga: Cara Merawat Wiper Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

“Setelah musim kemarau, sebaiknya komponen ini segera diganti karena komponen ini sebagian besar telah getas karena sering dijemur. Jadi saat masuk musim hujan seperti sekarang ini, ada baiknya komponen ini diganti,” ucap Sumarmin, mekanik di salah satu bengkel spesialis di wilayah Bekasi, seperti dilansir laman OtoDriver.com.

Menurut Sumarmin, karet wiper yang telah getas membuat sapuan air pada kaca ketika hujan tidak maksimal. Kondisi ini tentu berbahaya bagi pengendara karena mengurangi jarak pandang.

“Kalau sudah getas, sapuan air di kaca saat hujan tentu tidak akan maksimal. Hal ini tentunya membahayakan pengendara saat hujan turun,” terang Sumarmin lagi.

Kalau Anda mempunyai keinginan untuk mengganti karet wiper, sebaiknya sediakan dana mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu tergantung dari panjang karet wiper serta merek yang Anda pilih.

Seperti diketahui, wiper blade adalah salah satu perangkat vital yang berfungsi untuk menjaga kebersihan kaca bagian depan, terutama ketika turun hujan. Karena itu, perangkat berbahan karet ini dituntut untuk tetap bekerja secara optimal dalam menyeka bulir air yang jatuh pada permukaan kaca. Hal ini bertujuan untuk membantu visibilitas pengendara agar tetap jernih.

Lalu berapa lama komponen ini dapat bertahan lama dan kapan waktunya harus segera diganti?

Baca Juga: Penyebab Terjadinya Baret, Jamur dan Retak Pada Kaca Mobil

Salah satu pemilik bengkel mobil di wilayah Cikunir, Bekasi, Dicky mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada batasan umur yang dapat menentukan kapan waktu yang tepat komponen ini harus diganti. Hal ini dikarenakan cukup beragamnya merek serta kualitas komponen ini. Selain itu, faktor kondisi lingkungan yang berbeda-beda serta cara perawatannya juga turut menjadi faktor penunjangnya.

“Banyak sih yang bilang kalau umur pakainya itu antara 6 hingga 8 bulan. Akan tetapi pada kenyataannya bisa ada yang sampai lebih dari 12 bulan,” terang Dicky.

“Pada umumnya kerusakan yang sering terjadi itu karet wiper blade menjadi keras dan getas karena perubahan cuaca serta kotoran yang menempel, seperti debu dan lain-lain,” pungkas Dicky lagi.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daihatsu Rancang Strategi Agar Daihatsu Ayla Turbo Laku di Indonesia

OTOmart – Meski telah melakukan pengujian mesin Daihatsu Ayla turbo berkapasitas 1000cc di jalanan...

Daftar Harga Mobil Grand Livina Di Bawah Rp 150 Juta

OTOmart – Anda punya dana Rp 150 juta dan ingin mendapatkan mobil berkapasitas 7...

Spesifikasi dan Harga Resmi Mitsubishi Xpander Cross

OTOmart – Setelah hanya muncul di dunia maya saja dengan berbagai spekulasi yang menyertainya,...

Toyota Fortuner Bekas, Pilihan Terbaik Untuk ‘Naik Kelas’

OTOmart – Bagi sebagian masyarakat Indonesia, membeli mobil bekas dengan harga yang terjangkau merupakan...

Ternyata Ini Alasan Peminat Mobil Yaris Mengalami Penurunan

OTOmart – Penjualan mobil berjenis hatchback di pasar otomotif Indonesia tengah mengalami penyusutan sepanjang...

Tips Agar Tidak Mudah Lelah Saat Berkendara Jarak Jauh

OTOmart – Ketika berkendara, para pengemudi harus terus waspada terutama dengan kondisi disekelilingnya. Bukan...