BI Rate Naik, Siap-Siap Kredit Kendaraan Juga Ikut Naik

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
bi rate
Bank Indonesia naikkan suku bunga acuan 5,25 persen (Creative Treader)

OTOmart – Menyusul kenaikan suku bunga acuan yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI) atau biasa di sebut BI Rate menjadi 5,25 persen, membuat beberapa perusahaan pembiayaan berencana untuk menaikkan skema cicilan kendaraannya. Bahkan, kenaikan paket kredit kendaraan dalam waktu dekat ini dipastikan akan mengalami kenaikan.

Hal ini dijelaskan oleh Niko Kurniawan, Deputi Direktur Adira Finance yang mengatakan bahwa kenaikan ini terjadi akibat paket kredit yang telah disediakan mengikuti biaya modal dari perbankan ataupun berbagai sumber dana lainnya, seperti obligasi yang tentunya akan ikut berdampak atas naiknya suku bunga acuan yang telah ditetapkan oleh BI.

Baca Juga: Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

“Kemungkinan dalam waktu dekat ini akan naik, sebab suku bunga pinjaman yang berasal dari Adira juga akan naik,” ucap Niko, seperti dilansir laman CNN Indonesia, Jumat (29/6) kemarin.

Niko juga menuturkan bahwa pihaknya kini mulai kewalahan dengan kenaikan suku bunga acuan hingga mencapai 4,5 persen. Namun menurutnya, kenaikan cicilan kendaraan ini dapat ditekan karena bertepatan dengan adanya momen lebaran sehingga tidak akan membebankan kenaikan cicilan per bulannya kepada para konsumen.

“BI rate yang naik kemarin hampir dua kali dari total 0,5 persen sehingga membuat cost of fund menjadi naik. Setelah lebaran ini tentunya semua finance company maupun perbankan akan menaikkan bunga lending-nya,” ucap Niko lagi.

Dengan adanya beberapa kenaikan tersebut, dirinya melanjutkan bahwa hal tersebut akan sama seperti persentase naiknya suku bunga acuan. “Tentunya tidak lama lagi, dan biasanya berkisar sama dengan kenaikan BI rate,” terangnya.

Di tempat terpisah, Finance Director Mandiri Utama Finance (MUF), Kuki Kadarisman mengatakan bahwa kenaikan suku bunga acuan ini tentunya akan berdampak terhadap berbagai perusahaan leasing yang ada, antara lain yaitu:

a. Kenaikan biaya dana dari bank kreditur pendukung pembiayaan penjualan mobil

b. Resiko terjadinya peningkatan kredit yang dapat menyebabkan penurunan kolektabilitas yang tentunya akan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha bank.

Baca Juga: Ini Dia Cara Agar Kredit Mobil Lebih Cepat Disetujui!

Meski telah terjadi kenaikan suku bunga acuan, proses pembiayaan belum tentu akan menjadi lambat. Sebab, menurutnya hal tersebut sangat bergantung terhadap rasio likuiditas perusahaan.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Model Mobil Ini Harganya Anjlok Tapi Banyak Peminat

OTOmart – Sejumlah model mobil baik MPV ataupun SUV yang berasal dari berbagai merek...

Ini Perubahan Yang Dilakukan Suzuki Pada All New Ertiga 2020

OTOmart – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di awal tahun 2020 melakukan gebrakan dengan...

Tips Agar Performa Turbo Kijang Innova Diesel Meningkat

OTOmart – Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa mesin Toyota...

Ketahui Ciri-Ciri Mobil Yang Terendam Banjir Dengan Trik Ini

OTOmart – Di hari pertama tahun 2020, banjir melanda sebagian besar wilayah di Jakarta...

Mau Campur Angin Nitrogen Dengan Angin Biasa? Ini Penjelasannya

OTOmart – Anda biasa mengisi tekanan ban mobil Anda dengan angin nitrogen dan ingin...

Interior Mobil Anda Rusak Akibat Banjir, Segini Biaya Perbaikannya

OTOmart – Salah satu mimpi buruk para pemilik mobil yang terendam banjir adalah kotoran...