Pahami Berapa DP Mobil Bekas Anda Sebelum Membelinya

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
dp mobil bekas
Sumber: Getty Images

OTOmart – Mobil bekas bagi para masyarakat merupakan salah satu alternatif pilihan kendaraan terutama bagi Anda yang berpenghasilan pas-pasan. Namun, banyak para pembeli yang belum mengetahui berapa uang muka atau down payment (DP) yang harus dibayarkan jika ingin membeli mobil bekas. Nah berikut ini akan bung OTO jelaskan berapa DP mobil bekas yang harus dibayarkan ketika Anda ingin membelinya.

Uang muka atau down payment (DP) merupakan pembayaran awal sebagai tanda jadi atas transaksi jual beli yang sedang dilakukan. Nah, untuk pembelian mobil bekas ataupun mobil baru. DP biasanya ditentukan oleh leasing atau agen dealer, seperti DP murni sebesar 20% atau 30% dari TDP (Total DP).

Baca Juga: Pelajari Tips Jual Mobil Bekas Ini Agar Laku Di Pasaran

Pada umumnya down payment atau uang muka dibayarkan berdasarkan harga mobil yang ingin dibelinya, seperti jika Anda ingin membeli mobil bekas seharga Rp.200 juta, maka DP mobil bekas yang harus dibayarkan oleh pembeli kepada agen, sales atau diler sebesar 20 atau 30& dari harga mobil tersebut. Pembayaran tersebut merupakan pembayaran awal yang selanjutnya akan dilakukan pembayaran secara dicicil atau diangsur.

Jika Anda ingin membeli mobil bekas, sebaiknya Anda memperhatikan secara mendetail tentang TDP (Total DP) harga mobil bekas tersebut, sebab sekarang ini telah banyak lembaga pembiayaan yang bekerja sama dengan para diler mobil dalam mengeluarkan berbagai paket kredit untuk memudahkan konsumen dalam membeli mobil idamannya.

Paket kredit yang ditawarkan biasanya juga telah dihitung dan dijadikan beberapa kolom kredit yang terdiri dari total DP berikut dengan angsurannya. Dengan konsep tersebut, diharapkan konsumen dapat mengetahui secara jelas berapa jumlah yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk membeli mobil secara kredit serta kewajiban angsuran setiap bulannya.

Baca Juga: Berikut Daftar Harga Mobil Bekas Jawa Timur Terbaru

Tujuan dilakukannya down payment sebenarnya adalah untuk memastikan serta menjamin bahwa pembeli akan melakukan proses pembayaran pada bulan-bulan berikutnya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama dengan penjual. Dengan adanya down payment tentu akan membantu pembeli untuk meringankan besarnya cicilan. Namun ada satu hal yang perlu Anda ketahui, DP akan hangus jika pembeli tidak dapat melunasi atau melakukan pembayaran atas biaya yang timbul dari perjanjian yang telah disepakati.

Karena itu, Anda supaya bijak dan menghitung secara cermat dalam memanajemen keuangan Anda sebelum Anda melakukan DP sebagai tanda pembelian agar tidak menyesal di kemudian hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...