Belum Genap Sebulan Rilis, Nissan Recall Ratusan Serena

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Tokyo – Belum genap satu bulan kemunculannya, kini pihak Nissan Motor Jepang mengumumkan untuk melakukan recall model Nissan Serena. 

Dilansir dari laman Reuters, jika pihak Nissan Motor Jepang mengumumkan kampanye perbaikan massal alias recall, Rabu (7/9/2016) untuk model minivan domestiknya, yakni Nissan Serena. Kendaraan yang belum lama muncul ini akan ditarik kembali dan diberhentikan sementara untuk proses pengiriman.

Nissan Serena bermasalah dalam fungsi idling stop. Idling stop merupakan sistem yang digunakan untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat berhenti sejenak, atau berhenti di lampu merah. Teknologi Idling stop ini dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang.

belum-genap-sebulan-rilis-nissan-recall-ratusan-serena
http://www.nissan-global.com/

Permasalahan berawal dari sebuah insiden yang terjadi di salah satu dealer Nissan di Jepang. Dimana saat menjalankan fungsi idle-stop terjadi hubungan arus pendek yang menimbulkan percikan api. Oleh karenanya, pihak Nissan Motor diharuskan untuk melakukan perbaikan massal dan melakukan cek kembali apakah ada masalah lain atau tidak.

“Permasalahan mengenai kecacatan yang terjadi ini, awalnya dilaporkan oleh salah satu diler Nissan, di mana saat terjadi insiden, muncul percikan api kecil di bawah kap mesin,” ujar pihak Nissan, dilansir Reuters, Rabu (7/9/2016).

Pihak Nissan mengatakan, penarikan kembali dilakukan untuk 9.481 unit Serena, yang mulai dijual sejak 24 Agustus 2016. Dimana model terebut memiliki risiko hubungan pendek arus listrik atau korsleting, selama penggunaan fungsi idling stop system.

Sebagian besar kendaraan yang terkena recall masih ada dalam proses pengiriman, atau masih tersmpan di diler Nissan seluruh Jepang. Sementara sekitar 600 unit telah dikirim ke pelanggan, dan diharapkan recall akan cepat dilakukan, sehingga pengiriman bisa dilanjutkan minggu depan.

Serena ini adalah model pertama Nissan yang memiliki fitur semi-otonom baru, termasuk fungsi stop-start otomatis. Seorang juru bicara mengatakan bahwa masalah yang terjadi pada idling-stop system, tidak ada hubungannya dengan fitur semi-otonom.

Selain fitur tersebut, MPV ini juga dilengkapi fitur unggulan lainnya seperti sensor gerak di bawah pintu geser, zero gravity seats, dan motor listrik pada sistem transmisi yang berfungsi memberi torsi tambahan sebesar 50 Nm.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Di Situs Jual Beli Mobil Bekas, Mobil Avanza Masih Merajai

Otomart – Meskipun saat gelaran GIIAS 2017, Mitsubishi dengan Xpandernya menjadi mobil yang paling diminati oleh para konsumen. Namun, berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-Juli 2017, mobil Avanza masih menjadi LMPV terlaris di Tanah Air. … Lihat Selengkapnya

Bingung Pilih Mobil Bekas? Lakukan Tips Beli Mobil Bekas Ini

Otomart – Di Indonesia, peminat mobil bekas tidak kalah banyak jumlah dengan para konsumen mobil baru. Hal ini terjadi karena harga mobil bekas yang ditawarkan oleh para penjual jauh lebih murah. Selain itu, para pembeli juga menyukai model dari mobil … Lihat Selengkapnya

Yuuk!! Cari Tahu 5 Mobil Sedan Murah Di Indonesia Tahun 2017

Otomart – Mobil sedan dahulu dikenal oleh sebagian masyarakat sebagai tunggangan mewah bagi masyarakat kelas atas. Namun, saat ini mobil sedan murah bukan hanya untuk masyarakat kelas atas saja, melainkan menjadi kendaraan bagi masyarakat yang berasal dari golongan ekonomi menenangah. … Lihat Selengkapnya