Kota Bekasi Diprediksi Macet Saat Arus Mudik Lebaran 2018

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
arus mudik
Ilustrasi (warta nasional)

OTOmart – Menjelang arus mudik Lebaran 2018, seluruh wilayah di seluruh Indonesia tengah fokus menyiapkan diri agar arus mudik di tahun ini berjalan lancar. Salah satunya adalah Kota Bekasi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana menyatakan bahwa pihaknya kini tengah berfokus untuk melakukan pengaturan lalu lintas di daerahnya guna menghadapi gelombang arus mudik tahun ini. Salah satu jalan yang menjadi fokus utama di wilayah Bekasi adalah di Jalan KH Noer Alie, Kalimalang.

Baca Juga: 3 Tips Mudik Aman Lewat Jalan Tol Jakarta – Surabaya

“Kami punya empat koridor mudik. Dari kesemuanya, jalur Kalimalang jadi fokus perhatikan utama petugas kami di lapangan,” ucap Yayan, seperti dilansir laman Tirto.id, Minggu (3/6).

Menurutnya, Jalan KH Noer Alie Kalimalang tersebut merupakan jalur favorit para pemudik, khususnya yang menggunakan sepeda motor dari arah Jakarta menuju Pantura. Selain itu, sejumlah titik yang berada di jalan tersebut juga mengalami penyempitan, seperti yang terjadi di simpang Galaxy dan Simpang Caman.

“Untuk arus mudik nanti, persiapan yang kami lakukan sudah sejak jauh-jauh hari, mulai dari pemasangan rambu, penguatan personel hingga melakukan persiapan skenario rekayasa lalu lintas apabila terjadi kepadatan,” terang Yayan lagi.

Berdasarkan hasil pemetaan awal, menurutnya, terdapat tiga titik yang paling dikhawatirkan akan menjadi salah satu pusat kepadatan kendaraan untuk koridor Kalimalang. Ketiga titik tersebut ialah simpang Sumber Arta, simpang Caman dan simpang Galaxy.

“Setelah lepas dari ruas Kamala Lagoon, baru pemudik akan lepas hambatan dan tidak terkendala apapun hingga ke perbatasan dengan Kabupaten Bekasi, yaitu melalui Jalan M Hasibuan-Jalan Chairil Anwar,” terangnya.

Baca Juga: 5 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bersama Anak

Menghadapi situasi arus mudik normal, pergerakan kendaraan biasanya akan berlangsung sama seperti hari biasanya, dimana beberapa ruas jalan dapat dilintasi dua jalur dan sebagian ruas lainnya akan memanfaatkan jalur sisi Kalimalang.

Namun, jika kondisi kepadatan arus lalu lintas tinggi, maka kemungkinan Dishub Kota Bekasi akan menerapkan kebijakan lawan arus atau buka tutup seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

“Fokus kami yang paling utama adalah memastikan bahwa arus mudik lancar. Selain itu, kekuatan personel juga akan difokuskan pada koridor Kalimalang, sebab di titik tersebut membutuhkan pengamanan yang cukup ekstra,” ucapnya.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Hanya Bulan Ini, Pembelian Mobil di Auto2000 Cuma Rp73 Ribuan

OTOmart – Demi memberikan kemudahan kepada para konsumen setianya untuk dapat mempunyai kendaraan Toyota...

Selama Bulan September, Rush-Terios Kuasai Pasar Mobil Low SUV

OTOmart – Mobil low SUV (Sport Utility Vehicle) dalam beberapa bulan terakhir tengah mencuri...

Gara-Gara Mobil China, Pesona Avanza-Xenia Bekas Mulai Hilang

OTOmart – Sejak diluncurkan dan telah termasuk ke dalam segmen mobil terlaris sepanjang masa...

Penampakan Sedona Versi Terbaru di Vietnam, Ini Perubahannya

OTOmart – Salah satu produsen otomotif asal Korea Selatan, KIA, baru-baru ini telah meluncurkan...

Honda Indonesia Bakal Lakukan Ekspor Brio Ke Sejumlah Negara

OTOmart – Demi memperlebar penjualan produknya, PT Honda Prospect Motor (HPM) dikabarkan akan mengekspor...

Ingat! Kebijakan Ganjil Genap Mulai Diberlakukan Hari Ini

OTOmart – Setelah terjadi banyak perdebatan mengenai kebijakan ganjil genap di sejumlah ruas jalan...