Mobil Sudah Gunakan Emisi Euro 4, Sebaiknya Gunakan BBM Jenis Ini

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
euro
Emisi Euro 4 (Bukalapak)

OTOmart – Sejak menerapkan standar emisi Euro 4 di Indonesia sejak Oktober 2018 kemarin yang tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia No.P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 mengenai Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru berkategori M, N dan O.

Membuat para Agen Pemegang Merek (APM) seperti Daihatsu, Toyota, Mitsubishi dan Wuling siap untuk memberlakukan peraturan tersebut terhadap seluruh produk yang mereka buat.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Regulasi Standar BBM Euro IV Tahun Ini

“Untuk seluruh produk Toyota telah memenuhi standar yang telah diterapkan pemerintah sejak Oktober 2018, mengikuti peraturan yang telah dibelakukan oleh pemerintah,” ucap Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, seperti dilansir laman Otomotifnet.com, Kamis (8/11/2018).

Ini berarti berbagai mobil favorit, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander hingga Wuling Cortez telah menggunakan Euro 4.

Lalu jika telah menggunakan Euro 4, BBM jenis apakah yang harus digunakan?

Menanggapi hal ini, Taqwa SS dari Garden Speed menjelaskan jika BBM yang digunakan harus sesuai dengan persyaratan yang ditentukan dalam Euro 4 agar sistem pembuangannya dapat bekerja secara optimal.

“Untuk jenis BBM yang cocok untuk digunakan tentunya harus sesuai dengan persyaratan untuk Euro 4. Agar sistem kerjanya tetap optimal, mulai dari bagian mesin hingga sistem pembuangannya,” terang Taqwa.

Taqwa SS juga menambahkan bahwa angka oktan (RON) memang cukup berpengaruh terhadap kinerja dari mesin Euro 4. Namun bukan satu-satunya melainkan ada komponen lainnya yang tidak kalah penting, yaitu kandungan sulfur, timbal serta berbagai zat adiktif lainnya.

Jika mengacu pada peraturan Menteri LHK tersebut, maka reference fuel untuk mesin berbahan bakar bensin minimal adalah RON 90 dan tidak mengandung timbal serta kandungan sulfur tidak lebih dari 50 ppm.

Baca Juga: Wuling Siap Luncurkan Baojun 530 Tahun 2019 Mendatang

“Sedangkan untuk bensin, BBM yang sesuai dengan Euro 4 adalah Pertamax Turbo dengan RON 98 serta sulfur maks 50 ppm,” ucap External Relations Manager PT Pertamina (Persero), Arya Dwi Paramitha.

Jika menggunakan Pertamax Turbo, maka kinerja mesin dapat menjadi lebih optimal. Bukan hanya itu saja, gas buang kendaraan juga akan menjadi jauh lebih bersih.

Lalu apa yang bakal terjadi jika Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander tidak diisi menggunakan Pertamina Pertamax Turbo?

“Tentu tingkat emisinya tidak akan sesuai dengan target Euro 4,” terang Taqwa lagi.

Jika Anda ingin mencari mobil bekas berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau, maka Otomart siap membantu Anda mewujudkan impian Anda tersebut. Selain itu, Otomart juga menyediakan kredit mobil bekas demi membantu Anda mendapatkan kendaraan yang selalu Anda impikan. Segera kunjungi Otomart.id sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Daftar Harga CR-V Bekas di Wilayah Bandung dan Sekitarnya

OTOmart – Sebelum datangnya Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner, nama Honda CR-V cukup...

Begini Cara Mencuci Mobil Yang Benar Agar Bodi Tidak Baret

OTOmart – Salah satu kegiatan wajib yang tidak boleh dilupakan oleh para pemilik kendaraan...

Ini 10 Fitur Canggih Yang Terdapat Pada Toyota Avanza Baru 2019

OTOmart – Setelah menemani keluarga Indonesia selama 15 tahun dan telah terjual sebanyak lebih...

Ini Spesifikasi dan Harga Mobil CRV Bekas Desember 2018

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2000 lalu, Honda CRV berhasil menarik perhatian para...

Akhir Tahun Mau Beli Honda CRV? Berikut Ini Harga CRV Turbo 2018

OTOmart – Salah satu mobil unggulan dari Honda di segmen SUV adalah Honda CRV....

Lakukan 5 Hal Ini Agar Transmisi Mobil Matic Anda Tidak Cepat Rusak

OTOmart – Mobil matik saat ini tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan...