BBM Suzuki Ignis Terbukti Irit, 1L Capai 23 Km

posted in: Artikel Mobil | 2 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Waktu peluncuran Suzuki Ignis semakin dekat. Antusias konsumenpun mulai meningkat berkat brosur sosok Suzuki Ignis yang tersebar di dunia maya. Bahkan, beberapa diler sudah mulai membuka keran pemesanan dengan memberikan uang tanda jadi terlebih dahulu.

Dari brosur, terlihat jika mobil kota dengan tampilan mini SUV ini mengusung mesin milik Suzuki Splash berkapasitas 1.200 cc, dengan kode K12B yang diklaim lebih irit bahan bakar. Bahkan, Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara terang-terangan memamerkan hasil konsumsi bahan bakar Ignis pada brosur tersebut. Hasilnya cukup signifikan karena angka rata-ratanya melebihi keiritan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC).

bbm-suzuki-ignis-terbukti-irit-1l-capai-23-km
https://autonetmagz.com/

Dalam brosur itu, tertulis rata-rata konsumsi Ignis transmisi manual mencapai 23,64 Km per Liter (kpl). Sedangkan untuk transmisi otomatisnya (AGS) hanya 23,44 kpl.

Ketika dikonfirmasi, Assisten to Departement Head Service SIS Riecky Patrayudha, mengatakan bahwa hasil tersebut murni dari pengujian resmi, sebagaimana dilansir dari KompasOtomotif.
Adapun data klaim ini adalah hasil pengujian dari lembaga BT2MP – BPPT yang diuji pada Januari 2017. Lembaga Balai Teknologi Termodinamika, Motor, dan Propulsi (BT2MP) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebelumnya juga menguji produk Suzuki yakni Ertiga diesel.

Baca juga: Suzuki Ignis Meluncur 17 April, Pemesanan Sudah Dibuka?

“Yang melakukan pengetesan bukan kita (Suzuki), hasil itu langsung dari BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) dan BT2MP (Balai Teknologi Termodinamika, Motor dan Propulsi. Mereka melakukan pengujian secara statis,” ucap Riecky menjawab pertanyaan KompasOtomotif di Tangerang, Selasa (11/4/2017).

Bila dibandingkan dengan LCGC, jelas hasil klaim konsumsi Ignis jauh lebih irit. Dalam peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 33 Tahun 2013, mobil LCGC bisa mendapatkan keringanan pajak atau hal lainnya dari pemerintah bila memiliki efisiensi bahan bakar minimal 20 kpl.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Mobil Pick-Up Terbaik dan Termurah di Indonesia

OTOmart – Bagi para pengusaha, bisnis akan berjalan dengan lancar jika ditunjang dengan sarana...

Daftar Harga Grand Max Minibus Daihatsu Agustus 2018

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Grand Max masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia....

Daftar Harga Toyota Kijang Innova Bekas Agustus 2018

OTOmart – Salah satu produk unggulan Toyota di mobil bersegmen medium MPV, Toyota Kijang...

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Pada Kendaraan Anda

OTOmart – Saat ini telah banyak mobil yang menggunakan lampu berjenis light emitting diode...

Komparasi Brio RS dengan Ignis Sport Edition, Mana Yang Lebih Baik?

OTOmart – GIIAS 2018 baru saja berakhir namun terdapat beberapa produk baru yang muncul...

Jazz vs Yaris, Manakah Yang Lebih Unggul? Berikut Perbandingannya

OTOmart – Di pasar mobil nasional, persaingan dua pabrikan mobil asal Jepang, PT Honda...