Sekarang Bayar Pajak Kendaraan Lebih Mudah Dengan e-Samsat

posted in: Berita Mobil | 3 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
pajak kendaraan
Sumber: Bogordaily.net

OTOmart – Jika Anda pemilik kendaraan bermotor tentu pernah merasakan bagaimana sulit dan capeknya menunggu berlama-lama di kantor samsat atau mobil keliling untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan Anda. Namun, kondisi tersebut sepertinya tidak lama lagi akan segera berakhir setelah Korlantas Polri mengeluarkan terobosan pembayaran pajak kendaraan melalui sistem online.

Terobosan ini disebut dengan e-Samsat. Akan tetapi, fasilitas ini hanya dapat dinikmati oleh para pemilik kendaraan yang berlokasi di pulau Jawa dan Bali saja. Diharapkan dengan layanan ini akan mengurangi penumpukan pengunjung pada counter, kantor Samsat dan mobil keliling yang saat ini telah dilakukan.

Layanan e-Samsat yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri dapat meminimalisir tindak pungli yang dilakukan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab, karena semua sistem pembayaran pajak dapat melalui e-banking atau ATM bank yang telah ditentukan.

Baca Juga: Pemprov DKI Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Bermotor

“Ini masih dalam bentuk pilot project, dan nantinya akan dilakukan secara nasional,” ucap Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Bayu Pratama seperti dilansir laman otosia.

Cara penggunaan e-Samsat juga terbilang cukup mudah dimana para pemohon diharuskan untuk melakukan proses regidentifikasi yaitu proses penyesuian data nasabah yang bersangkutan dengan data pemilik kendaraan yang ingin dibayarkan pajaknya.

“Jadi tidak akan bisa nomor rekening satu untuk membayar pajak kendaraan orang lain,” tambahnya lagi.

Jika proses registrasi serta identifikasi telah dilakukan, maka pemilik kendaraan harus memasukkan masa jatuh tempo kendaraan serta nomor rangka. Namun proses ini masih dalam penyusunan mekanisme.

Setelah proses tersebut telah selesai, maka akan keluar kode bayar yang telah sesuai dengan jumlah pembayaran pajak, yang disertai dengan nama pemilik kendaraan serta alamat wajib pajak. Setelah itu, pemilik kendaraan dapat melakukan pembayaran melalui e-banking atau ATM.

“Setelah melakukan pembayaran, maka pemilik kendaraan akan mendapatkan bukti pembayaran dan itu dapat dibawa ke Samsat mana saja untuk mendapatkan SKPD atau surat ketetapan pajak daerah dan pengesahan STNK,” terang Bayu.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Cara Menghitung Bobot Bawaan di Mobil Sebelum Mudik

OTOmart – Hingga saat ini, mudik menggunakan mobil pribadi masih menjadi salah satu kendaraan...

Mudik Melalui Jalan Tol, Berikut Daftar Tarif Tol Trans Jawa 2019

OTOmart – Menjelang berakhirnya Ramadan 1440 H, banyak masyarakat yang ada di perantauan tengah...

Jelang Lebaran, Harga Jual Mobil Bekas Mengalami Peningkatan

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan terhadap mobil bekas semakin meningkat. Hal...

3 Asuransi Yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik

OTOmart – Sebelum melakukan mudik, tedapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Salah satunya...

Kakorlantas Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran H-3 Hari Raya

OTOmart – Pada mudik Lebaran tahun ini sepertinya pengalaman mudik ke kampung halaman akan...

Tips Memilih Roof Box Untuk Mudik Yang Sesuai Dengan Kendaraan Anda

OTOmart – Dalam beberapa minggu lagi, masa libur Lebaran akan segera tiba. Hal ini...