7 Barang Yang Wajib Ada Di Dalam Mobil Anda

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
barang
Kotak P3K merupakan barang yang wajib Anda bawa di mobil (Intersport.id)

OTOmart – Bagi Anda yang kesehariannya selalu menggunakan mobil, seperti kuliah, bekerja, pergi ke kantor serta aktifitas keseharian lainnya. Sebaiknya jangan pernah lupa untuk menyediakan berbagai macam barang kebutuhan pokok yang wajib Anda bawa di dalam mobil Anda.

Sebab, barang-barang tersebut sangat penting bagi pemilik kendaraan dalam merawat serta membantu Anda saat mobil berada dalam masalah, seperti mogok, ban bocor serta berbagai masalah lainnya saat Anda sedang melakukan perjalanan.

Baca Juga: Inilah 8 Benda Yang Wajib Ada Di Dalam Kabin Mobil Anda

Berikut ini adalah barang-barang kebutuhan pokok dan wajib Anda bawa di dalam mobil Anda, seperti dilansir laman Tips Sahabat Daihatsu, antara lain yaitu:

1. Kabel Jumper

kabel jumper
Kabel Jumper Aki Mobil

Alat ini merupakan alat yang sangat penting yang dapat Anda gunakan saat mobil dalam kondisi mogok yang disebabkan oleh aki yang soak. Biasanya, teknik yang digunakan saat mobil dalam keadaan mogok adalah melakukan teknik jumper dengan cara mengalirkan listrik dari baterai lain ke baterai yang telah soak agar mengisi aki mobil sehingga dapat di starter kembali. Karena itu, selalu pastikan Anda membawa kabel jumper di dalam mobil Anda.

2. Pelindung Kaca Mobil

pelindung kaca mobil
pelindung kaca mobil

Saat cuaca dalam kondisi panas, maka langkah terbaik adalah menggunakan pelindung kaca untuk menghindari sinar UV yang berasal dari panasnya sinar matahari. Hal ini juga berguna bagi Anda untuk menjaga agar interior mobil Anda menjadi lebih awet, seperti bagian jok dan dashboard.

3. Dongkrak, Ban Cadangan serta Kunci Roda

dongkrak ban
Dongkrak Ban

Ban merupakan spare part terpenting bagi mobil Anda. Sebab, tanpa ban mobil tidak akan dapat digunakan. Karena itu, selalu sediakan ban cadangan di dalam mobil Anda demi mengantisipasi mobil Anda mengalami ban bocor.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Kabin Tetap Kinclong Tanpa Ke Salon Mobil

Selain ban, barang lain yang perlu Anda bawa adalah dongkrak dan kunci roda. Sebab, tanpa menggunakan alat ini, Anda akan kesulitan dalam mengganti ban. Sebelum Anda bepergian jauh, pastikan Anda membawa ketiganya, yaitu ban cadangan, dongkrak dan kunci roda.

4. Segitiga Pengaman

segitiga pengaman
Segitiga Pengaman

Meskipun terlihat sepele, namun alat ini mempunyai fungsi yang cukup penting, yaitu menjaga jarak serta berhati-hati bagi setiap kendaraan yang melintas saat kendaraan Anda mengalami masalah, seperti mogok, ban pecah dan berbagai masalah lainnya.

5. Charger Mobil USB

charger hp mobil
Charger Handphone Mobil

Handphone merupakan alat yang sangat penting dan wajib Anda bawa. Biasanya handphone digunakan untuk menemani perjalanan Anda untuk sekedar mendengarkan lagu-lagu favorite, penggunaan GPS serta berbagai kebutuhan lainnya.

Namun yang cukup disayangkan adalah hal ini tidak akan bisa Anda lakukan jika baterai Anda low. Karena itu, pastikan Anda menyediakan charger USB agar baterai hanphone Anda tetap terjaga.

6. Perlengkapan P3K

perlengkapan p3k
Perlengkapan P3K

Sesuai dengan Pasal 57 No 3 Huruf G, UU No 22 Tahun 2009 yang menyebutkan jika P3K merupakan perlengkapan yang wajib Anda bawa di dalam mobil Anda. Jika ditemukan pelanggaran, maka polisi dapat memberikan sanksi.

Beberapa perlengkapan yang perlu Anda miliki di dalam P3K antara lain yaitu, kapas, peniti, pinset, kasa gulung, kasa steril, cairan antiseptik, gunting, paracetamol, plester rolls, tissue antiseptik, sarung tangan, senter, selimut ringkas, dan kompres instan.

Baca Juga: Tips Mudah Mengetahui Kondisi Aki Soak Atau Tidak

Jika Anda khawatir perlengkapan P3K yang dibawa tertindih dan rusak, Anda dapat meletakkannya di bagian bawah bangku penumpang di bagian depan atau bagasi. Pastikan bahwa perlengkapan ini tidak terganggu dengan berbagai barang lainnya.

7. Tempat Sampah Mobil

tempat sampah mobil
Tempat Sampah Mobil

Agar kabin selalu bersih dari berbagai sampah yang biasanya terbawa, seperti tisu, plastik makanan dan minuman, abu rokok, dan punting rokok, maka sebaiknya Anda menempatkan tempat sampah berukuran kecil di dalam mobil agar kebersihan mobil Anda tetap terjaga.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda ingin mencari mobil bekas berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau, maka Otomart siap membantu Anda mewujudkan impian Anda tersebut. Selain itu, Otomart juga menyediakan kredit mobil bekas demi membantu Anda mendapatkan kendaraan yang selalu Anda impikan. Segera kunjungi Otomart.id sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Langkah Mudah Usir Udara Panas Pada Kabin Mobil Anda

OTOmart – Pernahkah Anda memarkir mobil Anda di lahan terbuka? Apalagi saat waktu siang...

Punya Tombol Tersembunyi, Begini Cara Mematikan Sistem Alarm C-HR

OTOmart – Seperti kebanyakan mobil pada umumnya, Toyota C-HR juga tentunya telah dibekali dengan...

Selain Pedal Rem, Ini Beberapa Jenis Rem Yang Perlu Anda Tahu!

OTOmart – Seperti rem pada umumnya, rem tangan atau sering disebut juga dengan rem...

4 Faktor Penyebab Kendaraan Jadi Boros Konsumsi Bahan Bakar

OTOmart – Bagi pengendara kendaraan bermotor, baik kendaraan beroda dua maupun beroda empat, tentunya...

Mobil Sudah Gunakan Emisi Euro 4, Sebaiknya Gunakan BBM Jenis Ini

OTOmart – Sejak menerapkan standar emisi Euro 4 di Indonesia sejak Oktober 2018 kemarin...

Begini Cara Membedakan Mobil Bekas Taksi Online Dengan Yang Tidak

OTOmart – Saat Anda membeli mobil bekas, tentunya Anda ingin mendapatkan mobil bekas dengan...