Tahun Depan Baidu Berencana Luncurkan Mobil Bus Swakemudi

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mobil bus
Sumber: Fortune

OTOmart – Perusahaan raksasa internet asal China, Baidu direncanakan akan memiliki bus swakemudi dan mobil bus ini direncanakan akan mulai dipergunakan oleh masyarakat luas pada tahun depan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Eksekutif Baidu, Robin Li dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal di California.

Seperti dilansir laman Republika, Li menjelaskan bahwa untuk membuat hal ini terjadi, Baidu telah mengadakan kerja sama dengan sejumlah perusahaan mobil untuk membuat bus tersebut. bahkan sebagian besar dari produsen otomotif serta raksasa teknologi Google telah intens melakukan berbagai penelitian untuk dapat mengembangkan mobil swakemudi ini. Mereka percaya bahwa mobil swakemudi dapat mengurangi angka kecelakaan yang terjadi secara signifikan.

Baca Juga: Tata Motors Pamerkan Dua Bus Anyar di IIMS 2017

Perusahaan teknologi lainnya, yaitu Apple juga telah mempunyai izin untuk melakukan uji coba mobil swakemudi di California. Bahkan Tesla dengan bangga telah memamerkan model kendaraan swakemudi mutakhirnya kepada umum.

Seakan tidak mau ketinggalan dengan para rivalnya, pembuat chip asal Amerika Serikat, Intel juga telah menjalin kerja sama dengan salah satu unit kendaraan swakemudi, Alphabet Wayno. Tidak tanggung-tanggung, Intel bahkan telah merencanakan untuk membangun armada mobil swakemudi mereka sendiri.

Li mengatakan bahwa Baidu telah mempunyai rencana untuk mempunyai platform perangkat lunak yang akan diberi nama Apollo untuk mobil swakemudinya. Perangkat tersebut rencananya akan dipasang pada mobil swakemudi pada tahun 2021 kemudian akan dipasang juga pada mobil semi swakemudi dua tahun setelahnya.

Perangkat lunak Apollo merupakan sebuah platform perangkat lunak yang akan memberikan mobil kemampuan bernavigasi. Mobil tersebut juga akan dilengkapi dengan berbagai fitur hiburan yang menarik oleh Baidu kepada para penumpangnya.

Baca Juga: Hino Serahkan 15 Bus Trans Jogja Baru Buatannya

Baidu sendiri telah mengumumkan secara resmi kepada publik bahwa mereka telah menginvestasikan dana sebesar 1,5 miliar dolar AS untuk proyek mobil swakemudi selama tiga tahun ke depan. Hal ini dilakukan sebagai upaya diversifikasi produk perusahaan untuk dapat bersaing dengan berbagai perusahaan teknologi lainnya.

Baidu adalah perusahaan pengembang mesin pencari di internet asal China, bahkan di negaranya Baidu lebih populer ketimbang Google. Namun dalam beberapa tahun terakhir, Baidu diterjang kasus iklan palsu pengobatan yang beredar di mesin pencarinya. Sejak saat itu Baidu mulai menjajaki usaha di bidang lain. Seperti mobil bus swakemudi yang telah mereka rencanakan.

Lalu apakah dengan merubah haluan usaha ini akan berakibat baik atau buruk bagi Baidu? Kita tunggu saja kelanjutan dari mobil bus swakemudi milik Baidu nanti.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ini Penyakit Pada Honda CRV Bekas Yang Sering Terjadi

OTOmart – Honda CRV bekas kini masih menjadi favorit pilihan masyarakat Indonesia, mengingat statusnya...

Daftar 10 Mobil Terlaris 2019 Berdasarkan Data Gaikindo

OTOmart – Sepanjang tahun 2019 lalu, total penjualan mobil di pasar otomotif Indonesia berhasil...

Kartu Tol Hilang Saat Berada Di Jalan Tol? Ini Cara Penyelesaiannya

OTOmart – Diberlakukannya sistem pembayaran cashless pada pengguna jalan tol, tentunya perlu disadari secara...

Ford Everest Bekas, Tenaga Badak Harga Mulai Rp 70 Jutaan

OTOmart – Meski telah lama hengkang dari pasar otomotif tanah air, beberapa produk dari...

Chevrolet Trax Bekas Kini Harganya Mulai Dari Rp 150 Jutaan

OTOmart – Anda sedang mencari mobil SUV bekas namun tidak ingin agar bodinya tidak...

Resmi Meluncur, Berikut Spesifikasi dan Harga Lengkap KIA Seltos

OTOmart – Di awal tahun 2020, PT Kreta Indo Artha (KIA) melakukan gebrakan dengan...