Waspada! Bahaya Menaruh Botol Plastik Dalam Kabin Mobil

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
plastik
Bahaya menaruh botol plastik di dalam kabin mobil (Tribun)

OTOmart – Jika Anda seringkali meninggalkan air minum dalam kemasan botol plastik di dalam mobil ketika cuaca di luar panas terik, sebaiknya pikir dua kali. Sebab, terdapat bahaya yang mengintai yang dapat menghilangkan nyawa Anda.

Dilansir laman Kompas, berdasarkan video yang diunggah oleh akun Youtube Idaho Power memperlihatkan bahaya yang timbul jika Anda meninggalkan botol plastik di mobil Anda. Dalam video tersebut tampak botol plastik yang terkena sinar matahari langsung justru membakar tempat duduk mobil sehingga menyebabkan lubang yang cukup besar.

Baca Juga: Tips Membuat Kabin Mobil Tetap Nyaman dan AC Tetap Dingin

Namun beruntung bagi pemilik mobil tersebut tidak mengalami kejadian yang lebih membahayakan dirinya tersebut. Hal ini diunggah ke Youtube sebagai peringatan kepada para pemilik mobil lainnya agar menyadari bahaya dari meninggalkan botol plastik di dalam mobil.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Dilansir dari laman Live Science, penjelasan mengenai hal ini dijabarkan sangat lengkap.

“Botol air minum itu seperti lensa yang memfokuskan cahaya yang muncul dari luar jendela mobil kita,” ungkap Odile Madden, ilmuwan material dari Institut Konservasi Getty Los Angeles, seperti dilansir laman Kompas.

Cahaya terbentuk dari banyaknya foton yang merupakan partikel subatom yang mampu bergerak melalui jalur yang lurus. Sama seperti halnya Anda menggunakan bantuan lensa kacamata demi memfokuskan gambar, botol air berperan layaknya lensa kacamata yang mengarahkan foton pada satu titik.

“Cahaya dapat difokuskan pada satu titik yang kemudian akan mengeluarkan energi panas sehingga membuat benda meleleh dan terbakar,” tutur Odile lagi.

Ahli kimia dari institut yang sama dengan Odil, Michael Doutre juga membenarkan jika sinar matahari yang menembus kaca mobil dapat mengeluarkan energi yang cukup besar, yaitu sebesar 600 watt per meter perseginya saat mengenai jok mobil. jika botol minum berperan layaknya lensa, maka dalam beberapa detik saja, suhu panasnya dapat segera membakar sesuatu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Kabin Mobil

Dirinya juga mengungkapkan jika botol bening serta cairan bening akan dapat dengan mudah meneruskan energi panas. Namun sebaliknya hal ini tidak akan terjadi pada botol soda atau cairan berwarna yang justru membuat cahaya tidak berada dalam satu garis lurus sehingga tidak mendapatkan titik fokus.

Meski mendapatkan kenyataan bahwa botol minum yang terbuat dari plastik ini mampu menghantarkan panas dengan mudah, namun keduanya sama-sama tidak menyetujui jika botol minuman plastik dapat menyebabkan kebakaran.

“Sebab bahan-bahan yang digunakan oleh produsen mobil, seperti yang digunakan pada jok sengaja dibuat tahan api dan justru dapat memadamkan api sehingga tidak menyebar ke berbagai arah. Material plastik yang digunakan juga terbuat dari polyvinyl chloride atau PVC yang tidak dapat menyebarkan api dengan cukup baik,” terang Odile.

Namun, demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya Anda mulai memperhatikan tempat penyimpanan botol minum yang berada di dalam mobil mulai saat ini. Selain itu, sebisa mungkin hindari botol minuman plastik terpapar sinar matahari langsung, terutama bagi Anda yang gemar memarkir kendaraan di luar ruangan.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...

Tips Mencegah Warna Putih Pada Cat Mobil Berubah Menguning

OTOmart – Pernahkah Anda mengalami atau melihat mobil yang dulunya berwarna putih namun kini...

Tips Memilih Cairan Carbon Cleaner Yang Bagus Untuk Mesin Anda

OTOmart – Dalam membersihkan jeroan mesin, seorang teknisi pada umumnya menggunakan cairan pembersih yang...

Perbedaan Mesin Diesel dan Bensin Yang Perlu Diketahui Konsumen!

OTOmart – Mesin merupakan salah satu elemen penting pada suatu kendaraan. Sebab, tanpa menggunakan...