Bahan Perekat Ford Terinspirasi Hewan Kadal

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

Ford R&DOTOMART, Detroit – Ford Motor Company akan membuat prestasi baru dengan inovasinya menciptakan bahan perekat yang terinspirasi dari kadal. Ford juga akan melakukan riset bersama Procter & Gamble untuk menggunakan biomimicry sebagai solusi bisnis. Peneliti Ford sudah lama memikirkan jalan keluar untuk membuat pabrikan otomotif lebih berkelanjutan. Tantangan utama adalah penggunaan lem untuk menempelkan foam perekat pada plastik dan logam.

Ford menjelaskan, bantalan kaki kadal membuatnya bisa menempel di hampir semua permukaan tanpa cairan atau tegangan. Jenis reptil ini dapat dengan mudah melepaskan dirinya dari permukaan tanpa meninggalkan jejak. Kemampuan kadal dewasa seberat 2.5 ons yang mampu menahan beban seberat 133 kg juga menjadi sorotan. “Kadal bisa menjadi inspirasi inovasi bahan perekat untuk penggunaan di Ford secara global,” jelas Debbie Mielewski, senior technical leader for plastics and sustainability research Ford.

Memecahkan masalah ini ditambahkannya, bisa menghemat biaya dan menghemat penggunaan sumber daya lingkungan. Artinya, dapat meningkatkan daur ulang ke lebih banyak foam dan plastik dan kedepannya mengurangi jejak lingkungan. Didukung dengan metode biomimetic, Ford baru saja menggelar sebuah forum di kampus Dearborn dengan partisipasi dari Procter & Gamble dan The Biomimicry Institute, sebuah organisasi nirlaba yang berkomitmen untuk mendorong pendekatan inovatif yang mencari solusi berkelanjutan bagi alam untuk menghadapi tantangan di masa modern.

Ford disebutkan satu – satunya perusahaan otomotif yang menggunakan Unifi’s high-performance REPREVE fiber, yang terbuat dari 100% bahan daur ulang termasuk botol plastik pada kendaraannya. Ford menggunakan REPREVE di 5 kendaraanya, yaitu the new F-150, Explorer, Edge, Focus Electric dan Fusion, dan menjadikannya bahan yang digunakan secara global. Penggunaan REPREVE menggambarkan komitmen Ford untuk mengurangi, menggunakan ulang, serta daur ulang, sebagai bagian dari strategi berkelanjutan global perusahaan untuk mengurangi jejak lingkungan.

Desainer Ford kini mencari hal baru untuk mengembangkan komitmen tersebut, kembali ke alam untuk lebih jauh mengembangkan materi daur ulang untuk bahan kain pada kendaraan. Kadal mungkin juga menjadi inspirasi teknologi bahan yang dapat mentransformasikan kabin kendaraan Ford. “Alam adalah pendamping yang tebaik, tutup Carol Kordich, global sustainable fabric strategies and development di Ford.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mobil Mogok Karena Banjir? Begini Cara Menghidupkannya

OTOmart – Musim hujan seperti saat ini tentu menimbulkan kekhawatiran tersendiri terutama bagi para...

Tips Optimalkan Fitur Kenyamanan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

OTOmart – Saat libur panjang seperti Natal dan Tahun Baru nanti tentu banyak dari...

Ini Terios Baru Yang Cocok Untuk Masyarakat Indonesia

OTOmart – Daihatsu telah mengumumkan secara resmi Terios baru meskipun penjualannnya baru akan dimulai...

Daihatsu Ayla Tawarkan Promo Menarik di Akhir Tahun

OTOmart – Menjelang akhir tahun banyak diler-diler mobil yang memberikan penawaran promo mobil untuk...

Isuzu Pastikan Isuzu Panther Terbaru Gagal Meluncur

OTOmart – Bagi Anda penggemar mobil Isuzu Panther sepertinya harus memendam impian Anda untuk...

Bersiaplah Toyota Vellfire Baru Rilis Tahun Depan, Ini Bocorannya

OTOmart – Bagi Anda penyuka kendaraan Toyota, bersiaplah sebab tahun 2018 mendatang Toyota akan...