Bagaimana Kelanjutan Kerjasama Proton dan Esemka?

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Nama Proton nampaknya masih menjadi buah bibir di pasar otomotif tanah air. Pasalnya setelah resmi menyatakan keseriusannya untuk kembali menjajakan produk Proton di Indonesia, Proton juga memastikan akan kelanjutan kerjasama antara Proton dan Esemka yang terjadi beberapa tahun lalu.

Awal tahun 2015 silam, keduabelah pihak dikabarkan telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Proton dan PT Adiperkasa Cipta Lestari (ACL), yang akhirnya menyeret nama merek Esemka dalam proyek kerja sama ini. Esemka sendiri merupakan produk mobil rakitan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang didukung oleh institusi serta industri otomotif dalam negeri.

Menanggapi hal tersebut, Dato’ Ahmad Fuaad Kenali, Chief Executive Officer (CEO) Proton Holdings Berhad, mengatakan, dirinya mengakui adanya penandatanganan tersebut. Namun, terkait progres, Dato’ Ahmad mengatakan, sampai saat ini proyek mandek.

Baca juga: Proton Iriz Sapa Masyarakat Tanah Air 18 Februari Mendatang!

“Kami memang tanda tangani MoU. Namun, itu sudah lapse (kedaluwarsa), because tidak ada progress from that, itu saja. Jadi, kita tidak melanjutkannya, kami stop,” ujar Dato’ Ahmad sebagaimana dilansir dari KompasOtomotif, Selasa (18/2/2017).

“Sudah putus sampai di situ, for the time being (sementara waktu). Namun, kita tengok-tengok lagi apa-apa yang sesuai dengan market Indonesia. Dengan Adiperkasa sudah tidak ada, Esemka sudah tidak ada lagi, for the time being,” tutur Dato’ Ahmad.

Memang sebelumnya, bos PT Adiperkasa Citra Lestari, Hendropriyono, tidak menyangkal terkait penandatanganan tersebut, untuk kerja sama dalam R&D dan teknik. Namun, dirinya mengatakan kalau kerja sama tidak melibatkan pemerintah, meski disaksikan oleh Presiden Joko Widodo. Kerja sama tersebut murni business-to-business.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Bursa Mobil Bekas Non-Jepang Harga Di Bawah Rp.100 Juta

Otomart – Saat ini, mobil bekas banyak diminati oleh para masyarakat kalangan menengah ke bawah, terutama untuk mobil bekas yang mempunyai rentang harga Rp.50 juta – Rp.100 juta. Berdasarkan data dari bursa mobil bekas, terdapat beberapa merek non-Jepang seperti Mercedes-Benz … Lihat Selengkapnya

Kapan Pertamina Terapkan Pembayaran Non Tunai Di Semua SPBU?

Otomart – Penggunaan transaksi uang elektronik (pembayaran non tunai) di SPBU telah mulai dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Bank Indonesia. Bahkan Pertamina mulai merencanakan pemberlakukan non tunai di semua SPBU di Pontianak … Lihat Selengkapnya

Wuling Motor Mulai Kirimkan Mobilnya Ke Bali, Ini Daftar Harganya

Otomart – Setelah pada GIIAS 2017 lalu sempat memberikan kejutan dengan meluncurkan MPV pertamanya, Wuling Confero S yang banyak diminati para konsumen. Saat ini, Wuling Motor mulai berekspansi ke beberapa daerah yang ada di Indonesia, salah satunya adalah dengan mendirikan … Lihat Selengkapnya