Bagaimana Cara Tepat Merawat Mobil Baru?

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

Otomart, Jakarta – Kemudahan mendapatkan mobil ‘gress’ kini mulai dicicipi masyarakat Indonesia. Pasalnya, sistem pembayaran yang cukup mudah dengan DP yang cukup ringan, serta masa angsuran yang cukup panjang, membuat para otomania lebih memilih membeli mobil ‘gress’ dibandingkan mobil seken.

Tak heran, kini Anda dapat dengan mudah menjumpai mobil-mobil baru bersliweran di jalan raya. Nah, Anda yang memiliki mobil baru, sudahkan Anda mengetahui bagaimana cara merawat mobil baru Anda? Jika belum, maka simak tips di bawah ini karena kami telah merangkum cara tepat untuk merawat mobil baru Anda.

Bagaimana Cara Tepat Merawat Mobil Baru

Langkah awal yang bisa Anda lakukan saat memiliki mobil baru, agar tidak memunculkan masalah serius dikemudian hari adalah dengan menjalankannya lebih istimewa hingga 3000 km pertama. Sebaiknya Anda menghindari kecepatan tinggi atau lebih dari 60% kecepatan maksimum, agar mesin tidak cepat rusak karena mesin masih memerlukan penyesuaian kecepatan.

Mesin memerlukan pengecekan secara bertahap, usahakan setelah mobil berjalan di 3000 km pertama atau tanggal yang tercantum di service record (bergantung mana yang lebih cepat), segera lakukan servis pada mesin mobil.

Selanjutnya, hindari pengereman secara mendadak, karena akan mengakibatkan kampas mobil cepat terkikis dan membahayakan pengemudi lain. Usahakan pula untuk menggunakan transmisi yang sesuai, misalkan untuk kecepatan rendah gunakan gigi rendah dan sebaliknya. Hal ini dilakukan untuk menjaga mesin tetap awet dan suara mesin tetap halus.

Selain melakukan perawatan mesin, perawatan bodi mobil juga diperlukan untuk menjaganya tetap bagus. Langkah yang harus terus menerus dilakukan, adalah selalu mencuci mobil minimal dua kali dalam satu minggu, dengan sampo mobil yang sesuai. Gunakan pula busa lembut agar tidak menggores cat mobil, dan tidak meninggalkan noda di bodi mobil. Sebaiknya, hindari pancaran sinar matahari secara langsung, karena dapat mengakibatkan cat mobil tidak awet, dan tidak mengkilap kembali.

Itu dia langkah mudah dan sederhana yang bisa Anda terapkan agar mobil baru Anda tetap terjaga, dan bodi terawat. Tunggu tips-tips berikutnya ya.

 

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Inilah Teknologi Dynamic Force Pada Mobil Toyota Terbaru

Otomart, Jakarta – Meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi pada kendaraan saat ini menjadi tuntutan produsen mobil. Namun tidak berhenti sampai disitu, kinerja (performa) mesin juga harus tetap mumpuni. Melihat kondisi tersebut, Toyota saat ini sedang merombak teknologi mesinnya … Lihat Selengkapnya

Lakukan Berbagai Cara Ini Agar Mobil Irit Bensin

Otomart, Jakarta – Sehebat apapun Anda dalam menerapkan Teknik menyetir eco driving, tetap saja tujuan untuk dapat mengirit penggunaan bahan bakar tidak akan maksimal jika Anda tidak melakukan beberapa persiapan. Ada beberapa persiapan yang perlu Anda ketahui serta menjadi dasar … Lihat Selengkapnya

Ternyata Inilah Penyebab Sistem Pendingin Mobil Bermasalah

Otomart, Jakarta – Sistem pendingin pada kendaraan sangatlah penting peranannya, sehingga sangat perlu untuk menjaga kestabilan suhu kerja mesin. Bayangkan jika sistem pendingin mobil bermasalah atau mengalami kerusakan, tentunya akan membuat mesin semakin panas sehingga akan menyebabkan komponen pada mesin … Lihat Selengkapnya