Penjualan Toyota Avanza Juni 2018 Berhasil Kalahkan Xpander

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
toyota avanza
Penjualan Avanza selama bulan Juni 2018 berhasil kalahkan Xpander (Cars)

OTOmart – Siapa yang menyangka akhirnya Toyota Avanza berhasil merengkuh kembali tahtanya setelah diambil alih oleh Mitsubishi Xpander selama beberapa bulan terakhir. Hal ini berdasarkan hasil penjualan wholesales Toyota Avanza bulan Juni 2018 yang dilansir oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Gaikindo mencatat jika penjualan Toyota Avanza selama bulan Juni 2018 berhasil melewati penjualan Mitsubishi Xpander dengan torehan angka sebesar 4.648 unit. Sedangkan rival terberatnya, Xpander hanya berhasil menjual unitnya sebanyak 3.278 unit.

Baca Juga: Punya Budget RP 130 Juta, Beli Avanza atau Wuling?

Tanda-tanda keperkasaan Xpander sebenarnya mulai nampak sejak awal tahun 2018, dimana total penjualan kendaraan ini menempel ketat penjualan Avanza selama bulan Januari. Lalu pada akhirnya di bulan kedua tahun ini, Xpander berhasil merebut tahta Avanza sebagai mobil Low MPB terlaris di Indonesia.

Setelah itu, selama empat bulan terakhir (Februari, Maret, April, Mei) penjualan Avanza tercatat masih berada di bawah penjualan Xpander, hingga akhirnya pada bulan lalu, Avanza berhasil merebut kembali tahta yang dulu dimilikinya ini dari tangan Xpander.

Hal ini mengindikasikan bahwa pasar belum sama sekali melupakan ‘mobil sejuta umat’ ini, dimana Avanza pada beberapa bulan belakangan ini selalu disebut-sebut oleh beberapa kalangan akan kewalahan dalam mengejar ketertinggalannya di pasar domestik untuk segmen mobil MPV berkapasitas tujuh penumpang.

Namun nasib baik Avanza sepertinya tidak diikuti oleh kembarannya, Daihatsu Xenia yang justru terpukul penjualannya, dimana hanya berhasil terjual sebanyak 524 unit selama bulan Juni 2018, jauh turun cukup signifikan jika dibandingkan data penjualan selama Mei 2018 yang berhasil terjual sebanyak 3.082 unit.

Baca Juga: Siap-Siap Toyota Avanza Terbaru Meluncur Akhir Tahun Ini

Melihat hal ini tentunya Avanza boleh saja untuk bergembira karena berhasil merebut tahta mobil Low MPV terlaris dari tangan Xpander. Akan tetapi sebaiknya tidak larut dalam euphoria. Hal ini dikarenakan berdasarkan data wholesales Gaikindo, penjualan wholesales Xpander sepanjang 2018 dari kedua produk tersebut masih dipegang oleh MPV ‘murah’ milik Mitsubishi, yaitu Xpander yang berhasil mencatatkan angkan penjualan wholesales sebanyak 39.948 unit, sedangkan Avanza hanya berhasil meraih angka penjualan sebanyak 39.455 unit saja.

Sementara itu, untuk total penjualan wholesales bulan Juni lalu berhasil meraih angka sebanyak 58.837 unit, turun dari bulan sebelumnya yang berhasil meraih angka penjualan sebanyak 100.498 unit. Gaikindo mencatat jika penjualan wholesales kendaraan di Indonesia selama periode Januari-Juni berhasil meraih angka penjualan sebanyak 553.757 unit.

Sumber: CNN Indonesia

 

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Premium Garansi Indonesia Siap Lindungi Mobil Bekas Anda

OTOmart – Sebagaimana mobil bekas, tentunya mempunyai masalah yang cukup beragam antara satu merek...

Tips Tepat Membersihkan Door Trim Berbahan Kulit Hingga Kain

OTOmart – Salah satu bagian dalam mobil yang seringkali terabaikan kebersihannya adalah door trim....

Muncul Di GIIAS 2019, Harga Suzuki Jimny Terbaru Rp 300 Juta

OTOmart – Setelah kemunculannya satu tahun yang lalu pada gelaran yang sama, Suzuki Jimny...

Daftar Mobil Test Drive Di Gelaran GIIAS 2019

OTOmart – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 hari ini telah secara resmi...

Suzuki Luncurkan Program Trade-In Saat GIIAS 2019 Besok

OTOmart – Menjelang digelarnya pameran otomotif terkemuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019,...

Airbag Mobil Toyota Rush Bermasalah, Toyota Lakukan Recall

OTOmart – Salah satu pabrikan otomotif terkemuka asal Jepang, Toyota Motor Corporation melalui PT...