Mau Upgrade Ukuran Pelek Mobil? Sebaiknya Perhatikan Aturan Ini

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
pelek mobil
Berbagai macam pelek mobil (Morguefile)

OTOmart – Untuk mengubah tampilan mobil biasa sehingga tampak berbeda dengan mobil lainnya, biasanya para pemilik mobil akan melakukan beberapa modifikasi. Salah satu modifikasi yang seringkali dilakukan adalah dengan mengganti pelek mobil standar dengan pelek mobil aftermarket yang mempunyai diameter lebih besar.

Namun, terdapat beberapa aturan yang sebaiknya tidak Anda langgar sebelum mengganti pelek standar dengan pelek berdiameter lebih besar, yaitu ukuran maksimumnya hanya boleh naik 2 inci dari sebelumnya.

Baca Juga: Jalan Aspal atau Jalan Beton yang Bikin Ban Mobil Cepat Aus?

Jadi jika pelek mobil standar Anda mempunyai diameter 15 inci, maka pelek aftermarket yang bisa Anda gunakan mempunyai maksimal diameter sebesar 17 inci.

Aturan ini dibuat bukan tanpa alasan, melainkan telah diperhitungkan secara mendetail terutama mengenai tingkat keamanan mobil itu sendiri, seperti pada bagian ban agar tidak mentok ke sokbreker dan fender.

Selain itu, aturan mengenai maksimal diameter ini juga bertujuan agar kerja rem tetap optimal, serta membuat outside atau tinggi dari ban tersebut tetap sama.

“Jadi kalau mau ganti pelek, sebaiknya naik 2 inci dari ukuran standarnya sehingga kenyamanan masih enak dan handlingnya pun dapat sedikit meningkat,” ucap salah satu pemilik bengkel mobil yang berada di wilayah Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Yopi Karuci, seperti dilansir laman Otoseken.

“Meski begitu, ‘bantingan’ untuk mobil ini pastinya akan jauh lebih keras, karena pada umumnya menggunakan ban profil yang jauh lebih tipis,” terang Yopi lagi.

Akibat diameter pelek naik, maka secara otomatis kita akan menggunakan ban yang ukurannya lebih lebar dengan aspect ratio yang lebih kecil.

Hal ini untuk mendapatkan load index yang tentunya sesuai dan mempertahankan tinggi dari ukuran ban asli, seperti contoh, pelek dan ban standar Anda mempunyai ukuran 15×5,5 inci serta 175/65R15.

Baca Juga: Kenali Fungsi Pola Tapak Ban Mobil Ini Agar Aman Berkendara

Jika Anda ingin menggantinya, maka perlu diganti dengan pelek 17×7 inci sehingga Anda dapat memilih ban berdiameter 17 inci dengan profil ban berukuran antara 55, 50 dan 45 serta lebar ban yang berada di kisaran 205, 215 serta 225 mm.

Bukan hanya itu saja, Anda juga wajib untuk memperhatikan offset dari pelek mobil pengganti.

“Kalau offset peleknya lebih kecil, dimana misalnya offset awalnya tersebut berukuran 50 mm dapat menjadi 40 atau 38 mm,” terang Yopi lagi.

Offset pelek tersebut menandakan bahwa seberapa besar permukaan bagian tengah pelek mobil tersebut menjorok ke dalam atau ke luar.

Jika semakin kecil angkanya, maka penampang tengah bagian pelek juga akan semakin celong ke dalam serta bibir pelek menjadi lebar.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan. Segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Harga Tiket GIIAS 2019 Tidak Naik, Mulai Dijual Pre Sale Hari Ini

OTOmart – Salah satu pameran otomotif kelas dunia,  yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show...

Ini Alasan Banyak Orang Memilih Honda Mobilio Bekas

OTOmart – Low MPV nampaknya bukan hanya sekedar merajai produk mobil baru saja, melainkan...

Toyota Tawarkan Layanan Servis Mesin dan Spooring Pasca Mudik

OTOmart – Setelah berakhirnya masa mudik Lebaran dan digantikan dengan musim arus balik untuk...

Usai Lebaran, Toyota Avanza G Menguasai Penjualan Produk Toyota

OTOmart – Toyota Avanza 2019 saat ini terus menjadi market leader Toyota selama tahun...

Usai Lebaran, Harga Hatchback Honda dan Mazda Mengalami Kenaikan

OTOmart – Usai libur Lebaran, beberapa produsen mobil di Indonesia mulai merevisi harga mobil...

Jangan Lupa Cek 4 Cairan Ini di Mobil Anda Pasca Mudik

OTOmart – Setelah melakukan perjalanan jauh untuk mudik ke kampung halaman, kini saatnya Anda...