3 Asuransi Yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
perjalanan mudik
Mudik Lebaran (Media Indonesia)

OTOmart – Sebelum melakukan mudik, tedapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Salah satunya adalah asuransi mudik. Tentu diharapkan perjalanan mudik berjalan dengan lancar, namun tidak ada salahnya mempersiapkan asuransi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah beberapa asuransi mudik yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan mudik Lebaran, antara lain yaitu:

Asuransi Mobil

Jika Anda ingin mudik menggunakan mobil, maka sebaiknya Anda mengasuransikan mobil Anda sebelum melakukan mudik. Sebab, terdapat beberapa risiko yang mungkin Anda hadapi ketika berkendara saat mudik menggunakan mobil. Melalui asuransi mobil, maka Anda akan menekan risiko, terutama untuk menekan kerugian finansial.

Baca Juga: Kakorlantas Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran H-3 Hari Raya

Karena itu, sebelum Anda berkendara ke kampung halaman, maka sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal berikut ini agar klaim asuransi mobil Anda menjadi mudah serta perjalanan mudik Anda menjadi lebih aman dan nyaman tanpa khawatir terjadi sesuatu.

Biasanya terdapat dua jenis asuransi mobil, yaitu All Risk serta Total Loss Only (TLO). Sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya Anda melakukan pengecekan ulang jenis asuransi apa yang Anda gunakan. Setelah itu, lakukan pengecekan terhadap besaran coverage yang dapat ditanggung oleh pihak pemberi asuransi. Jika Anda membutuhkan coverage tambahan, maka segeralah hubungi pihak pemberi asuransi agar penambahan coverage yang Anda butuhkan dapat segera dilakukan.

Jika mobil Anda mengalami kerusakan ketika melakukan perjalanan mudik, maka segera lakukan dokumentasi kerusakan apa saja yang terjadi dan segera hubungi pihak penyelenggara asuransi mobil Anda. Jika kerusakan mobil yang terjadi berskala kecil, maka untuk perbaikannya dapat Anda lakukan setelah kembali dari mudik, namun tetap melakukan koordinasi dan pelaporan kepada pihak penyelenggara asuransi.

Akan tetapi jika kerusakan yang Anda alami berskala besar dan membutuhkan perbaikan segera, sebaiknya jangan langsung terburu-buru untuk memasukkan mobil Anda di bengkel terdekat. Sebab, kemungkinan besar biaya perbaikan yang Anda lakukan tidak dapat ditanggung oleh pihak asuransi. Karena itu, segera lakukan konfirmasi serta mintalah informasi mengenai bengkel rekanan penyelenggara asuransi terdekat dari lokasi kerusakan mobil Anda, dan pastikan Anda memasukkan mobil Anda ke bengkel yang telah direkomendasikan oleh pihak penyelenggara asuransi mobil Anda.

Asuransi Perjalanan

asuransi perjalanan
Ilustrasi (Pixabay)

Asuransi mudik lainnya yang perlu Anda persiapkan sebelum pulang ke kampung halaman adalah asuransi perjalanan. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui asuransi ini adalah seluruh risiko yang terjadi selama Anda melakukan perjalanan mudik di luar rencana Anda dapat ditanggung sepenuhnya oleh pihak penyelenggara asuransi.

Baca Juga: Waspadai Titik Rawan Macet Ini Saat Mudik Lebaran 2019

Beberapa hal yang bisa terjadi selama perjalanan, antara lain keterlambatan penerbangan, bagasi yang hilang, terlambat atau mengalami kerusakan, biaya pengurusan dokumen yang hilang, layanan darurat jika terjadi kecelakaan, evakuasi medis, serta pemulangan jenazah jika terjadi kecelakaan fatal yang menimpa Anda selama melakukan perjalanan mudik.

Kejadian-kejadian tersebut tentunya tidak dapat Anda prediksi sebelumnya, sehingga dengan adanya asuransi perjalanan membuat perjalanan mudik Anda menjadi lebih aman dan nyaman.

Asuransi Kecelakaan Diri

Saat memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, sebaiknya Anda juga memikirkan mengenai berbagai risiko yang bisa saja Anda hadapi tanpa Anda perkirakan sebelumnya. Dengan kondisi jalan yang padat, atau jumlah pemudik yang cukup tinggi dapat menyebabkan risiko perjalanan menjadi lebih tinggi dibandingkan hari biasa. Karena itulah, sebaiknya Anda mempersiapkan asuransi kecelakaan diri sebelum melakukan perjalanan mudik.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari asuransi ini adalah meringankan beban finansial Anda jika terjadi kecelakaan, mulai dari santunan untuk keluarga yang ditinggalkan jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kemarin, hingga memberikan pertanggungan jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan kecacatan, baik cacat tetap ataupun cacat sepenuhnya.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas dengan kualitas terbaikOtomart.id menyediakan beragam mobil bekas dari seluruh dealer mobil bekas di Indonesia. Segera kunjungi Otomart.id dan miliki mobil impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Toyota Tawarkan Layanan Servis Mesin dan Spooring Pasca Mudik

OTOmart – Setelah berakhirnya masa mudik Lebaran dan digantikan dengan musim arus balik untuk...

Usai Lebaran, Toyota Avanza G Menguasai Penjualan Produk Toyota

OTOmart – Toyota Avanza 2019 saat ini terus menjadi market leader Toyota selama tahun...

Usai Lebaran, Harga Hatchback Honda dan Mazda Mengalami Kenaikan

OTOmart – Usai libur Lebaran, beberapa produsen mobil di Indonesia mulai merevisi harga mobil...

Jangan Lupa Cek 4 Cairan Ini di Mobil Anda Pasca Mudik

OTOmart – Setelah melakukan perjalanan jauh untuk mudik ke kampung halaman, kini saatnya Anda...

Usai Mudik, Sebaiknya Cek Komponen Mobil Ini Biar Performa Tetap Optimal

OTOmart – Setelah melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, kini saatnya Anda kembali menjalani...

Arus Balik Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni Capai Belasan Km

OTOmart – Arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan mulai memasuki puncaknya. Hal...