ASEAN NCAP Lakukan Tes Tabrak Kepada Xpander, Ini Hasilnya

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

asean

OTOmart – Model teranyar Mitsubishi di kelas Low MPV, Mitsubishi Xpander baru saja menjalani tes tabrak (crash test). Hal ini berdasarkan penilaian dari lembaga paling kredibel di Asia Tenggara, yaitu New Car Assesment Program for Southeast Asia (ASEAN NCAP) yang melakukan pengujian dari mobil ini.

ASEAN NCAP telah merilis hasil bahwa Xpander tipe GLS M/T yang dijadikan objek pengujian berhasil mendapatkan nilai mencengangkan. Dimana tes yang dilakukan oleh lembaga ini meliputi tiga aspek utama, seperti perlindungan terhadap penumpang dewasa (Adult Occupant Protection-AOP), perlindungan penumpang balita (Child Occupant Protection-COP), dan penunjang keselamatan (Safety Assist-SA) dimana metode yang dilakukan adalah dengan menabrakkan kendaraan ke suatu objek diam di bagian depan serta membiarkan objek ditabrak dari sisi kanan.

Baca Juga: Mitsubishi Eclipse Cross Jadi Kendaraan Paling Aman Di Asia Tenggara

Pada parameter pertama yang dilakukan oleh ASEAN NCAP, yaitu AOP, Xpander mendapatkan nilai 39,08 berdasarkan uji tabrak di bagian depan dan samping. Bahkan ASEAN NCAP juga menyebut hasilnya, “Terdapat perlindungan yang cukup memadai untuk bagian kaki pengemudi dan penumpangnya di bagian depan. Hasilnya juga sama terlihat dari efek di bagian dada. Namun, untuk pengemudi, pembacaan di bagian dada menunjukkan hasil yang cukup tipis.” Hasilnya tentu sangat mengejutkan mengingat airbag hanya terdapat di bagian depan mobil saja.

Lalu di parameter kedua, yaitu COP, mencakup 25% dari nilai total yang ada, dimana Xpander berhasil mendapatkan nilai 18,69. Dalam tes ini dilakukang pengetesan menggunakan dua simulator anak yang diletakkan pada child car seat, dimana ukuran serta sensor simulatornya disesuaikan dengan beragam kondisi, yaitu anak umur 18 bulan dan 3 tahun. Pada anak pertama yang diletakkan menghadap ke bagian belakang, dan anak yang lebih besar diletakkan menghadap ke depan, didapatkan hasil yang menunjukkan jika child seat Xpander dipasang dengan sangat baik, maka akan memungkinkan menjaga anak-anak Anda secara maksimal.

Faktor ketiga yang dicatat oleh ASEAN NCAP adalah fitur keselamatan dari Xpander. Nah, pada fitur ini Xpander memang tidak mendapatkan nilai maksimal, yaitu hanya 13,89 dari total 25%. Hal ini cukup wajar, sebab kelasnya sebagai Low MPV tentu membuatnya mempunyai keterbatasan fitur. Sebab selain bermodalkan rem ABS dan seatbelt yang telah dilengkapi dengan Emergency Brake Signal yang mampu menyalakan lampu hazard secara otomatis saat melakukan pengereman mendadak.

Baca Juga: Dua Dari Tujuh Mobil yang Diuji ASEAN NCAP Tidak Aman!

ASEAN NCAP juga mengatakan bahwa secara umum, Xpander tampil dengan cukup baik selama dilakukan tes untuk perlindungan orang dewasa. Akan tetapi sayangnya untuk kategori perlindungan balita, mobil ini mendapatkan skor yang sedikit rendah. Hal ini dikarenakan Xpander tidak mendapatkan poin untuk penilaian frontal Q3-nya.

Mobil buatan Mitsubishi ini juga telah dilengkapi dengan Electronic Stability Control yang merupakan fitur standar untuk mobil MPV di Thailand dan Vietnam. Namun, ditawarkan sebagai pilihan mobil di Indonesia dan Filipina. Hal ini karena Mitsubishi berkomitmen untuk tetap menjaga keselamatan dengan menyematkan mobil ini dengan Emergency Stop Signal sebagai salah satu fitur Safety Assist Technology dengan nilai keseluruhan sebanyak 71,66 poin sehingga berhak mendapatkan rating 4 bintang dari NCAP ASEAN.

Ternyata nilai impresif yang didapatkan oleh Mitsubishi Xpander ini sama dengan yang didapatkan oleh produk andalan Toyota yang dikenal sebagai ‘mobil sejuta umat’ yaitu Toyota Avanza.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Update Terbaru Harga Avanza Bekas Desember 2019

OTOmart – Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi salah satu mobil bekas yang...

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...