Arus Balik Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni Capai Belasan Km

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
pelabuhan bakauheni
Pintu Masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan

OTOmart – Arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan mulai memasuki puncaknya. Hal ini terjadi sejak Minggu malam, 9 Juni 2019 kemarin, di mana antrean kendaraan mulai terjadi hingga mencapai lebih dari belasan kilometer. Antrean kendaraan ini terjadi bukan hanya pada kendaraan roda empat saja, namun juga pada kendaraan roda dua.

Kebanyakan antrean kendaraan tersebut berasal dari jalan lintas Sumatera maupun dari jalan Tol Trans Sumatera. Bahkan hingga Senin, 10 Juni 2019, antrean kendaraan di Pelabuhan Bakauheni belum dapat diuraikan oleh petugas.

Baca Juga: Skema Ganjil-Genap di Pelabuhan Merak dan Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Pihak PT ASDP sendiri sebelumnya telah melakukan berbagai hal untuk mengatasi antrean kendaraan ini dengan melakukan percepatan pelayaran serta waktu bongkar muat untuk penumpang kapal. Namun, banyaknya kendaraan yang datang di pelabuhan tersebut, membuat terjadinya penumpukan kendaraan di berbagai kantong-kantong parkir pelabuhan tidak dapat dihindari lagi.

Berdasarkan laman Tempo.co, kemacetan arus balik Lebaran di pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan ini telah mulai terlihat dari Desa Hatta yang berada di wilayah Lampung Selatan. Antrean kendaraan di wilayah ini didominasi oleh mobil pribadi yang terlihat jalan merayap menuju ke arah pelabuhan untuk menyeberang ke pulau Jawa.

PT ASDP sendiri pun telah mengaktifkan 19 loket pembayaran yang berada di pintu masuk pelabuhan untuk mengurai kemacetan agar tidak semakin panjang. Namun, arus kendaraan yang datang tidak kunjung berhenti sehingga membuat kemacetan semakin parah.

Menurut pihak ASDP, kemacetan arus lalu lintas ini dipicu oleh banyaknya pemudik yang memilih kembali ke tempat asalnya usai libur lebaran di kampung halaman, mengingat besok akan menjalani aktivitas kerja seperti biasanya.

Bukan hanya itu saja, pihak ASDP setempat juga telah berkoordinasi dengan KSOP serta nakhoda kapal untuk dapat mempercepat waktu pelayaran yang sebelumnya dua jam 30 menit menjadi dua jam saja, sedangkan untuk waktu bongkar muat penumpang, yang sebelumnya 45 menit, menjadi 30 menit. Akan tetapi, dengan arus kendaraan yang cukup deras, membuat kantong-kantong parkir di pelabuhan mengalami penumpukan.

Baca Juga: Daftar Bengkel Siaga dan Posko Mudik Lebaran di Sepanjang Jalur Mudik

Belum lagi datangnya ribuan pemudik yang menggunakan sepeda motor sejak malam tadi masih terlihat ramai sehingga semakin memenuhi ruang dek kapal yang akan berlayar. Meski begitu, pihak ASDP Indonesia Ferry selalu memberikan imbauan kepada para nakhoda serta para pemangku kepentingan lainnya untuk lebih mengutamakan keselamatan penumpang sebelum berlayar.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan. Segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Gunakan Per All New Rush, Modifikasi Avanza Ini Justru Lebih Elegan

OTOmart – Toyota Avanza hingga saat ini masih menjadi salah satu kendaraan yang paling...

Sambut HUT RI Ke-74, Auto2000 Gelar Promo Mobil Toyota

OTOmart – Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Auto2000 yang merupakan diler resmi untuk...

Aplikasi e-Uji Emisi, Tampilkan Lokasi Resmi Uji Emisi Kendaraan

OTOmart – Setelah mengeluarkan instruksi gubernur beberapa hari yang lalu mengenai uji emisi kendaraan...

Mau Lulus Uji Emisi Kendaraan? Coba Lakukan Tips Ini

OTOmart – Setelah DKI Jakarta masuk ke dalam kota dengan kualitas udara terburuk di...

Auto2000 Usulkan Toyota HiAce Jadi Kendaraan Pengganti Angkot

OTOmart – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mulai mensosialisasikan perluasan sistem ganjil genap...

Ini Keuntungan Menggunakan Garansi Mobil Bekas

OTOmart – Hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang salah kaprah mengenai perbedaan antara...