Ini Arti Lampu Indikator Mitsubishi Pajero Sport Berkedip

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
lampu indikator
Panel Instrumen Mitsubishi Pajero Sport (WhichCar)

OTOmart – Salah satu komponen penting dalam sebuah mobil dan terkadang seringkali diabaikan kehadirannya oleh para pemilik dan pengemudi kendaraan tersebut adalah panel instrumen. Padahal, di dalam komponen ini terdapat beberapa lampu indikator yang mempunyai peran cukup vital untuk keamanan, keselamatan dan kenyamanan Anda.

Karena itu, selalu pastikan agar lampu indikator mobil Anda berfungsi dengan normal. Sebab, seluruh masalah yang terdapat pada mobil Anda, mulai dari sektor mesin hingga kelistrikan akan ditampilkan melalui lampu indikator tersebut agar menjadi perhatian kepada setiap pengemudi.

Baca Juga: Siapa Sangka, Pajero Sport Dakkar Modifikasi Ini Tampil Rally Look

Nah, berikut ini adalah beberapa arti dan fungsi pada lampu indikator yang terdapat pada Mitsubishi Pajero Sport lansiran tahun 2017 agar dapat dijadikan sebagai pedoman saat Mitsubishi Pajero Sport bekas Anda mengalami masalah, antara lain yaitu:

Engine Check

lampu check engine
Ilustrasi

Biasanya lampu indikator Engine Check mempunyai bentuk mesin mobil dan berwarna kuning. Jika lampu ini menyala atau berkedip, maka dapat dipastikan bahwa telah terjadi malfungsi pada sistem mesin mobil Anda, mulai dari komponen hosing, sensor-sensor atau komponen lainnya yang mendukung terhadap kinerja mesin secara menyeluruh.

Indikator Aki Mobil

Lampu ini biasanya dilambangkan dengan aki berwarna merah. Jika lampu ini menyala, maka dapat dipastikan bahwa telah terjadi masalah kelistrikan pada mobil Anda, seperti alternator, regulator, dan berbagai kabel-kabel penghubung kelistrikan di dalam kendaraan Anda.

Tekanan Oli

Indikator ini biasanya dilambangkan dengan bentuk keran yang meneteskan air berwarna merah pada layar MID. Jika lampu ini menyala atau berkedip, maka dapat dipastikan bahwa tekanan oli pada mesin mobil Anda rendah sehingga perlu untuk diganti dengan yang baru.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Pajero Sport Rockford Fosgate OTR Jakarta

Indikator Sabuk Keselamatan

Pada umumnya dilambangkan dengan gambar orang yang sedang menggunakan sabuk keselamatan. Jika lampu ini menyala dan berbunyi, maka kemungkinan besar pengemudi dan penumpang tidak memakai sabuk keselamatan sehingga perlu segera menggunakannya agar bunyi peringatan berhenti.

Indikator Rem

Pada panel instrumen, indikator rem ditandai dengan dua lampu yang berbeda, yaitu berbentuk lingkaran dengan tanda seru berwarna kuning pada bagian tengahnya, serta warna merah.

indicator abs
ABS Indicator (Wikipedia)

Jika lampu yang menyala berwarna kuning, maka hal ini menandakan bahwa telah terjadi masalah pada sistem kelistrikan rem parkir elektrik Mitsubishi Pajero Sport. Sedangkan jika yang menyala adalah warna merah, maka menandakan bahwa rem parkir sedang beroperasi atau terjadi masalah pada sistem pengereman mobil Anda.

Indikator Airbag

Baca Juga: Mitsubishi Stop Proses Produksi Pajero Sport di Indonesia, Demi Xpander?

Indikator ini pada Mitsubishi Pajero Sport ditandai dengan logo orang duduk dengan menggunakan safety belt dan di depannya terdapat lingkarang berwarna kuning. Jika indikator ini menyala dan berkedip, maka dapat dipastikan bahwa telah terjadi masalah pada sistem airbag mobil Anda.

Traction Control

Indikator ini ditandai dengan logo mobil yang sedang tergelincir dengan warna kuning. Pada Mitsubishi Pajero Sport, indikator ini mempunyai dua logo di mana salah satunya terdapat tulisan off.

Jika lampu indikator yang menyala pada posisi off, maka traction control pada Mitsubishi Pajero Sport Anda dalam kondisi mati. Sedangkan jika menyala tidak dalam posisi off, maka menandakan bahwa ban mobil Anda telah kehilangan traksi sehingga perlu perbaikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Anti-Lock Braking System

Indikator ini berbentuk logo bertuliskan ABS berwarna kuning. Lampu indikator ini akan menyala saat pengemudi melakukan pengereman di jalan yang licin. Kondisi ini menandakan bahwa ban mobil telah terkunci dengan baik sehingga tidak tergelincir. Namun, jika menyala terus menerus, maka menandakan bahwa telah terjadi kerusakan pada sistem ABS mobil Anda sehingga perlu segera diperbaiki.

Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita terbaru seputar Otomotif atau ingin mencari dan melakukan kredit mobil bekas berkualitas terbaik di seluruh dealer mobil bekas di Indonesia, kunjungi situs Otomart.id. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Harga Nissan X-Trail Bekas Kini Mulai Dari Rp70 juta

OTOmart – Menjelang libur akhir tahun 2019, banyak masyarakat yang mulai berburu mobil bekas....

Tips Merawat Mesin Isuzu Panther Diesel Agar Performa Tetap Stabil

OTOmart – Sejak awal kemunculannya, Isuzu Panther yang tergolong ke dalam jenis mobil MPV...

Tips Memilih Kaca Film Mobil Murah Namun Berkualitas

OTOmart – Salah satu aksesoris yang sering dicari dan banyak beredar di pasaran adalah...

Ternyata Ini Alasan Mengapa Kijang LGX Banyak Dicari!

OTOmart – Di antara banyak varian model Kijang yang beredar di pasar mobil bekas...

Banyak Dicari, Segini Harga Hyundai Santa Fe Sekarang!

OTOmart – Jika Anda ingin memiliki mobil SUV bekas dengan tampilan yang gagah, mempunyai...

Cari Honda Mobilio Bekas 2018? Ini Harga Bekasnya Sekarang!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Honda Mobilio bekas 2018 adalah yang paling banyak...