Apakah Mobil Mercedes-Benz Indonesia Ikut Direcall?

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Editor Otomart

OTOMART, Jakarta – Kabar mengejutkan datang dari Mercedes-Benz global, dimana pabrikan otomotif ini akan mengumumkan akan menarik kembali (recall) satu juta unit mobil yang telah dipasarkan di seluruh dunia. Hal ini lantaran, adanya komponen starter mobil yang berpotensi mengalami panas berlebih, sehingga dapat memicu kebakaran.

Bagaimana dengan mobil Mercedes-Benz yang ada di Indonesia? Akankah ikut recall masal?

Dilansir dari laman Dapurpacu, terjadinya recall jutaan unit Mercedes-Benz di seluruh dunia, sejauh ini belum berpengaruh terhadap unit yang ada di Indonesia. Namun, PT Mercedes-Benz Distrubusi Indonesia tetap siap siaga jika seandainya aksi tanggapan diinstruksikan.

Daimler AG sebagai induk perusahaan Mercedes-Benz menggelar kampanye recal jutaan unit di seluruh dunia, setelah terjadi 51 kasus kebakaran saat pengendara gagal mencoba starter mesin mobil.

Kendaraan yang terkena recall di antaranya model A-Class, B-Class, C-Class, E-Class, GLA dan GLC tahun produksi antara 2015-2017. Kebakaran kemudian terungkap disebabkan kerusakan mesin yang sebelumnya pernah terkena banjir atau terendam air.

“Daimler AG telah menyampaikan bahwa pada kendaraan tertentu yang sebelumnya pernah mengalami kerusakan dikarenakan mesin yang terkena banjir atau terendam air (kondisi yang biasa dikenal dengan istilah ‘hydrolocked engine’) maka starting current limiter (pembatas arus listrik pada sistem starter) bisa mengalami kelebihan beban pada kondisi tertentu pada saat prosedur starter mobil dimulai,’ tulis pernyataan resmi Mercedes-Benz Indonesia.

Jadi, saat pengendara berusaha menyalakan mesin berulang kali meskipun mesin tidak mau menyala maka aliran listrik yang sangat tinggi pada saat proses tersebut berpotensi menyebabkan overheat pada komponen tersebut.

Untuk di Indonesia sendiri belum terjadi kasus serupa, serta belum ada instruksi langsung dari Daimler AG terkait hal ini. Namun Mercedes-Benz Indonesia akan tetap melayani konsumen terkait recall ini melalui jaringan dealer resmi terdekat dan customer care 1-5000-50.

“Kami menunggu konfirmasi dan instruksi lebih lanjut dari Daimler AG, dan akan menginformasikannya kepada seluruh pelanggan yang terkena dampaknya jika kami sudah mendapatkan detail informasinya,” lanjut pengumuman Mercedes-Benz Indonesia.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ingin Beli Mobil Bekas Jakarta, Sebaiknya Lakukan Tips Ini

Otomart – Bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah, membeli mobil bekas merupakan pilihan terbaik jika dibandingkan dengan membeli mobil baru. Apalagi dengan kondisi jalanan Jakarta yang terkenal macet, tentu akan membuat Anda berpikir untuk membeli mobil bekas saja yang murah … Lihat Selengkapnya

Mau Beli Mobil? Sebaiknya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Dulu

Otomart – Pengaturan sistem keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah mudah, semua membutuhkan pengalaman dan pembelajaran. Apalagi jika kita melakukan pembelian beberapa barang mewah, seperti rumah, motor, mobil atau barang bernilai tinggi lainnya. Khusus untuk mobil, Anda dapat mengantisipasi rasa … Lihat Selengkapnya

Di Situs Jual Beli Mobil Bekas, Mobil Avanza Masih Merajai

Otomart – Meskipun saat gelaran GIIAS 2017, Mitsubishi dengan Xpandernya menjadi mobil yang paling diminati oleh para konsumen. Namun, berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-Juli 2017, mobil Avanza masih menjadi LMPV terlaris di Tanah Air. … Lihat Selengkapnya