Antisipasi Kemacetan Arus Balik, Polisi Gunakan Sistem Contraflow

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
contraflow
Sumber: Koran Jakarta

OTOmart – Kepolisian memprediksi bahwa puncak arus balik saat libur Natal akan terjadi malam ini. Untuk itu kepolisian akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menerapkan berbagai strategi yang akan dilakukan. Salah satunya adalah strategi lawan arus (contraflow) yang bertujuan untuk mengantisipasi agar tidak adanya penumpukan kendaraan.

“Hari ini diperkirakan puncak arus mudik, mulai dari mala mini hingga besok. Kita nanti bisa lakukan contraflow di beberapa ruas jalan,” ucap Kombes Argo Yuwono, Kabid Humas Polda Metro Jaya, seperti dilansir laman Detik.com.

Argo mengatakan, strategi lawan arus tersebut akan diterapkan dengan melihat situasi yang ada di lapangan. Jika jalur tol yang mengarah ke luar Jakarta lengang, maka Kepolisian akan mengambil 1 jalurnya untuk diterapkan sistem contraflow tersebut.

Baca Juga: Tips Optimalkan Fitur Kenyamanan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

“Kita nanti akan lakukan contraflow, di mana 1 lajur jalan tol akan kita mintakan untuk mengantisipasi kemacetan yang mungkin akan terjadi khususnya yang ke arah Jakarta. Kita akan ambil 1 jalur yang mungkin akan padat saat masuk Jakarta. Jadi jika yang keluar Jakarta longgar, kita bisa buat contraflow untuk mengurai kemacetan yang biasanya terjadi,” terang Argo.

Argo juga mengatakan koordinasi juga dilakukan dengan pihak Jasa Marga melalui pemantauan CCTV yang dipantai terus menerus untuk melihat kondisi di lapangan.

Argo juga mengimbau kepada para masyarakat untuk selalu mengecek kembali kendaraannya serta selalu beristirahat setiap 6 jam perjalanan agar tidak ngantuk saat sedang mengemudikan kendaraan.

“Selalu siapkan bekal makan di mobil secukupnya saat akan balik ke Jakarta. Selain itu, mobil juga dicek apakah ada kendala atau jika tidak supaya dilakukan servis dulu, dan selalu taati rambu-rambu lalu lintas. Dan jangan lupa untuk melengkapi surat-surat kendaraan. Karena itu jika sudah menempuh waktu 6 jam perjalanan, maka jangan dipaksakan dan usahakan berhenti untuk beristirahat sejenak di rest area yang telah disediakan,” ucap Argo.

Sumber: Detik.com

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

3 Mobil Pick-Up Terbaik dan Termurah di Indonesia

OTOmart – Bagi para pengusaha, bisnis akan berjalan dengan lancar jika ditunjang dengan sarana...

Daftar Harga Grand Max Minibus Daihatsu Agustus 2018

OTOmart – Hingga kini, Daihatsu Grand Max masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia....

Daftar Harga Toyota Kijang Innova Bekas Agustus 2018

OTOmart – Salah satu produk unggulan Toyota di mobil bersegmen medium MPV, Toyota Kijang...

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Pada Kendaraan Anda

OTOmart – Saat ini telah banyak mobil yang menggunakan lampu berjenis light emitting diode...

Komparasi Brio RS dengan Ignis Sport Edition, Mana Yang Lebih Baik?

OTOmart – GIIAS 2018 baru saja berakhir namun terdapat beberapa produk baru yang muncul...

Jazz vs Yaris, Manakah Yang Lebih Unggul? Berikut Perbandingannya

OTOmart – Di pasar mobil nasional, persaingan dua pabrikan mobil asal Jepang, PT Honda...