Ternyata Ini Alasan Peminat Mobil Yaris Mengalami Penurunan

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mobil yaris
Toyota Yaris 1.5 TRD Sportivo

OTOmart – Penjualan mobil berjenis hatchback di pasar otomotif Indonesia tengah mengalami penyusutan sepanjang periode Januari hingga September 2019 dengan hanya meraih angka sebanyak 30.953 unit saja. Hal ini juga dialami oleh mobil Yaris yang merupakan salah satu produk unggulan Toyota di jenis mobil hatchback.

Menurut Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, penjualan mobil Yaris mengalami penurunan karena karakteristik pasar di Indonesia yang banyak membutuhkan mobil dengan kapasitas besar namun multiguna.

Baca Juga: Toyota Yaris Crossover Resmi Meluncur di Cina, Fiturnya Lebih Lengkap!

Hal ini nampak dari tingginya penjualan beragam model-model Toyota yang berasal dari segmen-segmen tersebut, seperti Toyota Avanza, Rush dan Calya. Kondisi inilah yang akhirnya membuat pasar mobil hatchback atau berukuran kompak sulit untuk bersaing di Indonesia.

Selain itu, para pembeli mobil pertama di Indonesia lebih banyak membeli mobil multiguna atau mobil MPV dibandingkan pembeli mobil berjenis hatchback atau kompak yang didominasi oleh para pembeli mobil kedua dan seterusnya.

“Berdasarkan data, para pembeli kendaraan di Indonesia 70%-nya merupakan pembeli kendaraan pertama dengan model berukuran besar. Ini salah satu karakteristik yang unik dari para konsumen Indonesia,” ucap Soerjo, seperti dilansir laman Tempo.co.

Karena itu, menurutnya cara terbaik untuk mengembalikan angka penjualannya adalah dengan melakukan pembaruan serta penyegaran produk tersebut. Hal ini pernah dilakukan pada tahun 2016 sehingga membuat tingkat pertumbuhannya berhasil menembus angka dua digit.

Mobil Yaris sendiri selama penjualan di periode Januari hingga September berhasil membukukan penjualan sebanyak 6.220 unit. Angka ini menurun sebesar 19,26 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya yang berhasil membukukan angka sebanyak 7.704 unit.

Mobil Yaris 2020

toyota yaris crossover
Toyota Yaris 2020

Pada gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2019 beberapa minggu yang lalu, Toyota memperkenalkan model terbaru Yaris yang diberi nama All New Yaris 2020 yang dikabarkan akan segera dipasarkan di Jepang. Meski begitu, mobil ini sepertinya tidak akan langsung datang ke Indonesia dalam waktu dekat ini.

Baca Juga: Diberikan Fitur Lengkap, Harga New Yaris 2019 Cuma 200 Juta

Toyota global sendiri akhirnya merilis teaser terbaru Yaris pada lama media sosialnya. Pada laman ini, tampak bagian buritan sebelah kanan dari mobil Yaris tersebut berbeda dari model sebelumnya, terutama pada bagian stoplamp-nya.

Selain itu, model Yaris terbaru ini juga diberikan emblem GR yang merupakan singkatan dari Gazoo Racing yang diletakkan pada bagian samping emblem Yaris.

Model Yaris terbaru ini kabarnya akan segera dirilis pada tanggal 17 November mendatang. Model ini disinyalir akan mempunyai dua pilihan mesin yang berbeda, yaitu 1.500 cc dan 1.800 cc supercharged yang mampu menghasilkan tenaga hingga 209 dk.

Jika Anda ingin mencari mobil bekas berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau, maka Otomart siap membantu Anda mewujudkan impian Anda tersebut. Selain itu, Otomart juga menyediakan kredit mobil bekas demi membantu Anda mendapatkan kendaraan yang selalu Anda impikan. Segera kunjungi Otomart.id sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Harga Nissan X-Trail Bekas Kini Mulai Dari Rp70 juta

OTOmart – Menjelang libur akhir tahun 2019, banyak masyarakat yang mulai berburu mobil bekas....

Tips Merawat Mesin Isuzu Panther Diesel Agar Performa Tetap Stabil

OTOmart – Sejak awal kemunculannya, Isuzu Panther yang tergolong ke dalam jenis mobil MPV...

Tips Memilih Kaca Film Mobil Murah Namun Berkualitas

OTOmart – Salah satu aksesoris yang sering dicari dan banyak beredar di pasaran adalah...

Ternyata Ini Alasan Mengapa Kijang LGX Banyak Dicari!

OTOmart – Di antara banyak varian model Kijang yang beredar di pasar mobil bekas...

Banyak Dicari, Segini Harga Hyundai Santa Fe Sekarang!

OTOmart – Jika Anda ingin memiliki mobil SUV bekas dengan tampilan yang gagah, mempunyai...

Cari Honda Mobilio Bekas 2018? Ini Harga Bekasnya Sekarang!

OTOmart – Di pasar mobil bekas, Honda Mobilio bekas 2018 adalah yang paling banyak...