Ini Alasan All New Livina Pakai Transmisi Matik Straight

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
all new livina
Sistem Transmisi All New Livina 2019 (GridOto)

OTOmart – Nissan akhirnya secara resmi telah meluncurkan produk terbaru mereka yang bernama All New Livina di Indonesia pada Selasa, (19/2).

Dengan berbagi platform dari Mitsubishi Xpander, membuat All New Livina kembali menggunakan sistem transmisi otomatis model konvensional straight atau yang biasa disebut dengan straight automatic transmission.

Baca Juga: Grand Livina Terbaru 2019 Resmi Meluncur, Cicilannya Cuma Rp3 Juta

Sistem transmisi ini rupanya tidak hanya digunakan oleh All New Livina saja, melainkan juga telah diterapkan di sebagian besar mobil yang ada di dunia, dengan kata lain merupakan sistem transmisi terpopuler di dunia saat ini.

Salah satu pemilik bengkel mobil yang berada di wilayah Bintaro, Tangerang Selatan, Hermas Prabowo mengatakan jika sistem transmisi ini lebih banyak memberikan kemudahan serta kenyamanan ketika digunakan.

“Alasannya mudah, karena model ini jauh lebih memberikan kemudahan dan kenyamanan ketika sedang digunakan,” ucap Hermas, seperti dilansir laman GridOto.com.

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh sistem transmisi straight adalah hadirnya tuas atau kenop pengunci yang dapat ditekan oleh pengendara. Tuas ini pun berfungsi sebagai fitur pengaman ketika melakukan perpindahan transmisi.

“Tuas ini mempunyai fungsi untuk mencegah agar transmisi tidak dapat berpindah ke arah atau gerak yang berlawanan sehingga menyebabkan kerusakan pada komponen girboks,” terang Hermas lagi.

Penempatan tuas ini bukannya tanpa sebab, karena bentuknya yang lurus jika tidak disematkan dengan tuas pengunci, maka akan berpotensi besar tersenggol sehingga dapat berpindah gigi secara tidak sengaja.

Seperti misalnya, memposisikan transmisi ke posisi P (Park/Parkir) ke R (Reverse/ Mundur) atau ke posisi N (Netral) ke R, maka tuas pengunci ini harus ditekan agar dapat dioperasikan. Begitu pula ketika dari posisi D (Drive/Jalan) ingin berpindah ke posisi L (gigi 1 atau terendah), 2 dan 3, maka tuas pengunci harus ditekan.

Baca Juga: Resmi! All New Nissan Grand Livina 2019 Meluncur, Ini Harga Resminya

Selain perpindahan yang terjadi di atas, tuas pengunci tidak perlu Anda tekan, sebab tidak berefek pada gerak komponen yang terdapat di dalam girboks.

Jika tuas pengunci ditekan terus, bisa membuat tuas loss atau rusak. Hal ini tentu dapat membuat transmisi dapat berpindah dengan sendirinya ke atah atau gerak yang berlawanan tanpa menekan tuas pengunci.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Cara Menghitung Bobot Bawaan di Mobil Sebelum Mudik

OTOmart – Hingga saat ini, mudik menggunakan mobil pribadi masih menjadi salah satu kendaraan...

Mudik Melalui Jalan Tol, Berikut Daftar Tarif Tol Trans Jawa 2019

OTOmart – Menjelang berakhirnya Ramadan 1440 H, banyak masyarakat yang ada di perantauan tengah...

Jelang Lebaran, Harga Jual Mobil Bekas Mengalami Peningkatan

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, permintaan terhadap mobil bekas semakin meningkat. Hal...

3 Asuransi Yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik

OTOmart – Sebelum melakukan mudik, tedapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Salah satunya...

Kakorlantas Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran H-3 Hari Raya

OTOmart – Pada mudik Lebaran tahun ini sepertinya pengalaman mudik ke kampung halaman akan...

Tips Memilih Roof Box Untuk Mudik Yang Sesuai Dengan Kendaraan Anda

OTOmart – Dalam beberapa minggu lagi, masa libur Lebaran akan segera tiba. Hal ini...