Akhir Maret 2020, Mobil Chevrolet Tidak Lagi Dijual di Indonesia

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mobil chevrolet
Chevrolet Trailblazer (Chevrolet)

OTOmart – Persaingan panas di dunia otomotif Indonesia berdampak pada cabutnya salah satu pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, Chevrolet. Kabar ini diumumkan secara resmi pada laman resminya yang mengabarkan bahwa mereka tidak akan lagi menjual mobil Chevrolet mereka di Indonesia mulai akhir Maret 2020 mendatang.

Penutupan ini terpaksa dilakukan mengingat kurang diterimanya mobil-mobil Chevrolet di pasar otomotif Indonesia dibandingkan dengan mobil-mobil terbaru buatan Jepang dan China yang kini terus meroket penjualannya.

Baca Juga: All-new Chevrolet Colorado Diciptakan Khusus Bagi Penggemar Off-Road

“Kami melihat bahwa di pasar otomotif Indonesia, kami tidak punya segmen yang mampu memberikan keuntungan dan berkesinambungan. Faktor-faktor inilah yang mempengaruhi berbagai kegiatan operasional kami, mulai dari pelemahan harga komoditas serta tekanan mata uang asing,” terang Hector Villareal, President GM Asia Tenggara, seperti dilansir laman Detik.com

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil Chevrolet memang tidak secemerlang mobil Jepang. Bahkan, penjualan tertinggi mereka hanya terjadi pada tahun 2013 sebanyak 15.649 unit.

Sebelum tahun 2013 tersebut, Chevrolet belum pernah mendistribusikan lebih dari 10.000 unit ke berbagai dilernya. Namun setelah tahun 2013 tersebut, penjualan Chevrolet mengalami pasang surut, akan tetapi angkanya tidak lagi bisa mencapai belasan ribu unit dalam waktu satu tahun.

Chevrolet bahkan harus merelakan jika pabrikan terbaru asal China, Wuling Motors yang baru saja meluncur pada tahun 2017 lalu berhasil mendapatkan angka penjualan yang lebih banyak.

Pada tahun 2018 lalu, pabrikan asal Amerika Serikat ini hanya berhasil menduduki posisi ke-14 mobil dengan penjualan terlaris di Indonesia yang mampu membukukan angka penjualan sebanyak 2.509 unit. Padahal, Wuling yang baru saja meluncur di pasar otomotif Indonesia tahun 2017 berhasil membukukan angka lebih banyak dengan total penjualan sebanyak 17.002 unit.

Baca Juga: Chevrolet Trailblazer Ramaikan Persaingan di Kelas SUV 7 Penumpang

Memasuki tahun 2019, total pendistribusian Chevrolet selama sembilan bulan terakhir ini hanya berhasil mencapai angka 970 unit saja. Padahal, pada periode yang sama di tahun 2018 sebelumnya, jumlah unit yang didistribusikan ke berbagai diler mencapai angka 1.887 unit. Sedangkan untuk Wuling, total distribusi kendaraannya dari berbagai modelnya berhasil mencapai angka 13.808 unit.

Perlu Anda ketahui, Wuling dan Chevrolet merupakan dua perusahaan yang bersatu di bawah naungan General Motors. Namun di Indonesia, kedua perusahaan ini mempunyai corong bisnis yang berbeda sesuai dengan target konsumen masing-masing.

Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita terbaru seputar Otomotif atau ingin mencari dan melakukan kredit mobil bekas berkualitas terbaik di seluruh dealer mobil bekas di Indonesia, kunjungi situs Otomart.id. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

PSBB Jakarta: Jumlah Penumpang Transportasi Akan Dibatasi

OTOmart – Mulai Jumat (10/2/2020), Pemprov DKI Jakarta akan menerapkan status Pembatasan Sosial Berskala...

Spesifikasi dan Daftar Harga Honda CRV 2018 April 2020

OTOmart – Sejak diluncurkan secara resmi pada tahun 2000 lalu, Honda CRV mendapatkan sambutan...

Penjualan Daihatsu Sirion Facelift 2020 Tunjukkan Tren Positif

OTOmart – Setelah meluncur secara resmi pada bulan lalu yang dilakukan melalui live streaming...

Suzuki Ignis Facelift 2020 Siap Meluncur Pada 9 April 2020

OTOmart – Setelah sebelumnya telah kepergok akan kehadirannya di jalan tol lingkar luar Cakung...

Ternyata Begini Loh Cara Bayar Pajak Mobil Online

OTOmart – Dengan semakin meluasnya pandemic virus corona di Indonesia, serta mendorong agar masyarakat...

Nissan Indonesia Resmi Telah Menutup Pabriknya di Indonesia

OTOmart – Sebagai bagian dari rencana untuk melakukan optimasi produksi serta re-organisasi operasi bisnisnya,...