Ini Alasan Pentingnya Merawat Lampu LED Pada Mobil Anda

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
lampu led mobil
Lampu LED (bwallpaperslibrary)

OTOmart – Saat ini rata-rata mobil keluaran terbaru ini telah mengusung jenis lampu light emiting diode (LED). Namun, jika bicara mengenai kelebihan, lampu LED mobil memang menawarkan pancaran sinar yang tentu lebih terang. Meski begitu, terdapat juga beberapa kelemahan dari lampu tersebut.

Lampu LED mobil diketahui mempunyai warna cahaya putih yang kurang maksimal jika digunakan ketika Anda berkendara di bawah guyuran hujan lebat. Begitu pun ketika Anda berkendara di kawasan yang berkabut, seperti pegunungan. Bukan hanya itu saja, jika terjadi kerusakan, maka biaya perbaikan lampu LED mobil akan jauh lebih mahal dari model konvensional.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Pada Kendaraan Anda

Karena itulah, para pengguna lampu LED sebaiknya selalu memperhatikan beberapa kondisi agar usia pakai lampu LED dapat bertahan cukup lama. Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman mengakui jika terdapat beberapa kondisi yang perlu diperhatikan bagi para pengguna lampu LED mobil.

“Kalau ada yang menanyakan apakah perawatannya sulit atau tidak, maka sebenarnya tidak ada yang cukup spesial. Apakah itu LED ataupun konvensional sama saja. Namun yang paling utama adalah dengan menjaga dan memperhatikan kondisi lensa, jika ingin tahan lama,” terang Suparman, seperti dilansir laman Kompas.com.

Selain itu, pastikan juga jika lensa dalam kondisi yang sangat baik. Ini berarti tidak ada kerusakan atau keretakan. Bukan hanya itu saja, kebersihan mika pun juga wajib untuk diperhatikan. Sebab, jika sampai terhalang kotoran, baik itu tanah atau pun debu dapat menghalangi pancaran sinar yang keluar.

Jika sampai sinar LED mobil yang dipancarkan terhalang oleh berbagai kotoran tersebut, maka akan membuat kondisi mika menjadi cepat panas sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan. Bukan hanya itu saja, para pemilik kendaraan juga harus selalu menjaga kondisi lampu kendaraan agar tidak terkena air. Sebab, jika sampai terkena air, maka dapat menimbulkan hubungan arus pendek listrik.

“Karena itu, sebaiknya selalu pastikan mika dalam kondisi yang mulus, tidak ada keretakan atau kebocoran. Apalagi ketika musim hujan seperti saat ini, tentu dapat membuat terjadinya hubungan arus pendek. Namun yang paling sering terjadi adalah akan membuat LED mengalami kerusakan, dan kalau LED sudah rusak biayanya cukup mahal. Karena tidak dapat dibeli satuan dan harus satu paket,” terang Suparman lagi.

Baca Juga: Inilah Penjelasan Lampu HID LED dan Halogen

Dilihat dari segi usia pakainya, jika dalam kondisi normal antara lampu konvensional dan LED sama-sama mempunyai lifetime yang terbilang cukup panjang. Namun yang membedakan adalah lampu LED juga mengandalkan tegangan listrik yang berasal dari kendaraan.

Walaupun secara konsumsi daya listrik terbilang lebih rendah dari pada lampu konvensional, namun jika arus tegangan mobil tidak normal, dapat menyebabkan lampu LED mobil menjadi rusak. Karena itu, perlu untuk tetap menjaga agar kondisi listrik tetap stabil, terutama pada bagian sektor aki yang tentunya tidak kalah penting untuk dilakukan.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Toyota Tawarkan Layanan Servis Mesin dan Spooring Pasca Mudik

OTOmart – Setelah berakhirnya masa mudik Lebaran dan digantikan dengan musim arus balik untuk...

Usai Lebaran, Toyota Avanza G Menguasai Penjualan Produk Toyota

OTOmart – Toyota Avanza 2019 saat ini terus menjadi market leader Toyota selama tahun...

Usai Lebaran, Harga Hatchback Honda dan Mazda Mengalami Kenaikan

OTOmart – Usai libur Lebaran, beberapa produsen mobil di Indonesia mulai merevisi harga mobil...

Jangan Lupa Cek 4 Cairan Ini di Mobil Anda Pasca Mudik

OTOmart – Setelah melakukan perjalanan jauh untuk mudik ke kampung halaman, kini saatnya Anda...

Usai Mudik, Sebaiknya Cek Komponen Mobil Ini Biar Performa Tetap Optimal

OTOmart – Setelah melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, kini saatnya Anda kembali menjalani...

Arus Balik Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni Capai Belasan Km

OTOmart – Arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan mulai memasuki puncaknya. Hal...