Alasan Mengapa Klaim Asuransi Mobil Terendam Banjir Ditolak

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
klaim asuransi mobil
Ilustrasi (Source: Blackxperience.com)

OTOmart –Intensitas hujan yang tinggi membuat sejumlah wilayah di DKI Jakarta mengalami banjir hingga menyebabkan beberapa kendaraan terendam. Namun mengapa jika telah membayar asuransi, klaim asuransi mobil ditolak?

Seperti diketahui, mobil yang terendam banjir tentunya berpotensi untuk mengalami kerusakan. Bagi Anda yang telah mengasuransikan mobilnya tentunya sedikit beruntung dan tenang karena tidak harus merogoh kocek terlalu dalam untuk perbaikannya karena sebagian biayanya dialihkan ke perusahaan asuransi.

Baca Juga: Alasan Pentingnya Asuransi Mobil Bagi Mobil Impian Anda

Meski begitu, tidak semua klaim ke pihak asuransi dapat diterima sekalipun telah mengasuransikan mobilnya dari segala jenis kerusakan. Sebab, beberapa perusahaan asuransi tidak memasukkan banjir ke dalam klausul foce majeur atau bencana besar lainnya sehingga tidak dapat dijadikan dasar klaim pertanggungan kecuali jika Anda mengambil klausul tambahan atau polis perluasan kerusakan jika terjadi banjir.

“Pada umumnya, kerusakan yang terjadi akibat bencana alam, khususnya banjir bisa dicover dengan asuransi, terutama jika polis asuransinya telah diperluas untuk jaminannya,” ucap Marcomm & PR Head PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto), Laurentinus Iwan Pranoto, seperti dilansir laman Gridoto.com.

“Saat pertama kali beli kan sudah dijelaskan, di wording polisnya pun telah disebutkan kok mengenai ikhtisar polis, wording dan lain-lainya. Jadi istilahnya itu seperti terima mobil saja, seperti BPKB dan STNK, cek saja semuanya,” ucap Iwan lagi.

Iwan pun menjelaskan jika mobil Anda terendam banjir, maka klaim asuransi mobil dapat dilakukan dengan cara menghubungi langsung perusahaan asuransi melalui panggilan suara atau telepon. Selanjutnya pihak asuransi akan langsung mendatangi lokasi Anda dan akan membawa kendaraan Anda ke bengkel terdekat yang telah menjadi rekanan mereka.

“Kalau kondisinya normal, bisa lapor klaim dulu via call, aplikasi atau datang langsung ke kantor cabang atau garda center yang tetap buka sesuai mall, survey klaim hingga dibawa ke bengkel untuk dilakukan perbaikan,” terang Iwan.

Baca Juga: Ini 6 Penyebab Klaim Garansi Mobil Bekas Anda Ditolak

“Terutama saat terjadi banjir dengan asumsi mobil terendam dan tidak mungkin untuk dijalankan, serta asuransinya telah diperluas jaminannya, cukup dengan menelepon perusahaan asuransi dan meminta kepada petugas untuk mengangkut mobil langsung ke bengkel. Setelah itu, mobil akan langsung di evakuasi atau langsung ke bengkel. Survey akan langsung dilakukan di bengkel tersebut, lalu akan muncul surat perintah dari pihak asuransi untuk melakukan perbaikan. Pelanggan cukup hanya melengkapi dokumen-dokumennya saja,” pungkas Iwan.

Jika Anda ingin mencari mobil bekas berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau, maka Otomart siap membantu Anda mewujudkan impian Anda tersebut. Selain itu, Otomart juga menyediakan kredit mobil bekas demi membantu Anda mendapatkan kendaraan yang selalu Anda impikan. Segera kunjungi Otomart.id sekarang juga!

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Nano Ceramic, Cairan Poles Yang Bikin Mobil Anda Kinclong

OTOmart – Cat bodi yang nampak mengkilap dan kinclong serta tidak kusam merupakan salah...

Modifikasi Mitsubishi Mirage Bekas, Nggak Kalah Sama Model Terbarunya

OTOmart – Mitsubishi Mirage terbaru secara resmi telah dirilis di Inggris dengan tampilan yang...

Isuzu D-Max Dapat Bintang Lima dari ASEAN NCAP, Jadi Mobil Teraman

OTOmart – Isuzu D-Max merupakan salah satu kendaraan tangguh berjenis pick-up andalan dari Isuzu...

Dapatkan Dua Paket Promo Toyota Di Awal Tahun 2020

OTOmart – Memasuki awal tahun, Auto2000 memberikan dua promo bagi para konsumen setianya yang...

Nissan Terrano, SUV Bekas Nan Tangguh Dibanderol Mulai Rp80 Juta

OTOmart – Ketika pertama kali meluncur pada tahun 1995 lalu, Nissan Terrano langsung membuat...

Kaca Depan Mobil Anda Mengalami Baret? Ternyata Ini Penyebabnya!

OTOmart – Ketika musim hujan tiba, visibilitas kaca depan mobil sangatlah penting untuk dapat...