Ini Alasan Mengapa Harga Mobil Matic Bekas Lebih Murah

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
harga mobil matic
Sumber: Otonity

OTOmart – Kebanyakan mobil saat ini dilengkapi dengan dua jenis transmisi, yaitu matik dan manual. Biasanya untuk transmisi matik akan menjadi varian tertinggi serta mempunyai harga yang jauh lebih mahal ketimbang dengan transmisi manualnya. Lalu berapakah harga mobil matic saat ini?

Mobil matic banyak dipilih oleh para pembeli karena semakin macetnya jalan yang terdapat di berbagai wilayah di dunia. Pengguna mobil matik juga kebanyakan adalah masyarakat yang tinggal dan hidup di perkotaan. Mereka menganggap bahwa mobil matik lebih mudah untuk dioperasikan ketika sedang mengalami kemacetan.

Meskipun begitu ada satu fenomena yang hingga saat ini masih menjadi pertanyaan di masyarakat. Pertanyaan itu adalah mengapa ketika mobil matik dijual kembali, justru harga jualnya menjadi anjlok ketimbang mobil manual?

Baca Juga: 3 Proses yang Harus dikenali Pengendara Mobil Matic Pemula

Sunanta, pemilik showroom mobil bekas yang berlokasi di WTC Mangga Dua memberikan penjelasan mengenai fenomena harga mobil matic tersebut, dirinya mengatakan bahwa harga mobil matic anjlok cukup jauh itu terjadi hanya pada mobil matik tahun tua, yang berusia 10 tahun ke belakang.

Sedangkan untuk mobil matik tahun muda tentu harganya akan tetap mahal dari pada versi manualnya. Menurutnya, harga mobil matic tua karena harga jualnya yang lebih murah sebab peminatnya cukup jarang. Selain itu, kebanyakan orang menganggap bahwa membeli mobil matik tahun tua akan menyebabkan resiko yang cukup besar ketimbang membeli mobil manual.

“Ada beberapa orang yang berpikiran bahwa ongkos untuk merawat mobil matik jauh lebih mahal ketimbang mobil manual, apalagi jika tahun produksinya sudah cukup lama sehingga harus ganti oli transmisi dulu, kan kalau manual enggak. Namun, untuk mobil matik Jepang yang telah berumur tua pada umumnya masih menggunakan transmisi konvensional,” ucapnya lagi, seperti dilansir laman Viva News.

Namun, Aldi yang merupakan salah seorang pemilik showroom mobil bekas Sinar Motor, mengatakan bahwa semua hal itu tergantung dari mobil. Jika Innova diesel, maka mobil transmisinya akan lebih mahal. Begitu juga dengan Innova yang menggunakan mesin bensin, tentunya akan mempunyai harga yang jauh lebih mahal dari pada versi manualnya. Kondisi ini juga berlaku untuk Kijang Innova untuk semua tahun produksi.

Baca Juga: 6 Kesalahan Yang Sering Pengemudi Mobil Matik Lakukan

“Karena lebih banyak peminatnya Kijang Innova diesel matik dan bensin untuk manualnya. Avanza bekas juga sekarang harga bekasnya semakin lama juga hampir sama antara manual dengan matik. Sebab saat ini kebanyakan orang sudah banyak yang ninggalin manual,” tambahnya lagi.

Fenomena ini tentu sangat jauh berbeda dengan zaman dahulu, dimana harga mobil matic pasti akan jauh lebih murah ketimbang dengan harga mobil manualnya. “Sekarang enggak bisa disama ratakan lagi, sebab bergantung kepada jenis mobilnya. Kalau sekarang, matik harganya sudah jauh lebih mahal jika tahun produksinya masih tahun muda. Sedangkan untuk tahun tua, ada beberapa mobil yang harganya lebih mahal harga manualny ketimbang matik, tapi bedanya juga mungkin sekitar Rp 5 sampai Rp 10 jutaan, untuk mobil Kijang Innova,” terangnya.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mau Beli Mobil LCGC? Ini Daftar Harga Mobil LCGC Terbaru

OTOmart – Salah satu segmen mobil yang termasuk ke dalam program pemerintah atau yang...

Ngantuk? Sebaiknya Bawa Camilan Sehat Ini Di Mobil Anda

OTOmart – Banyak orang yang mengatakan bahwa makan berlebihan dapat membuat Anda menjadi gampang...

7 Barang Yang Wajib Ada Di Dalam Mobil Anda

OTOmart – Bagi Anda yang kesehariannya selalu menggunakan mobil, seperti kuliah, bekerja, pergi ke...

Ini Manfaat Baby Oil Bagi Perawatan Mobil Anda

Otomart, Jakarta – Ternyata untuk merawat kendaraan tidak memerlukan bahan kimia yang sangat mahal....

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Anda Membeli Honda Brio

OTOmart – Honda Brio merupakan salah satu kendaraan unggulan Honda di segmen LCGC. Selain...

Spesifikasi dan Harga Agya September 2018

OTOmart – Sejak dirilis pada tahun 2013 lalu, Toyota Agya Motor akhirnya kembali merilis...