Aksi All New Toyota Fortuner Taklukkan Tanjakan 47 Derajat

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

IMG_7826OTOMART, Jakarta – Seusai peluncuran resmi All New Toyota Fortuner di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, 22 Januari 2015, PT. Toyota-Astra Motor (TAM), langsung memboyong SUV andalannya ini menuju kawasan mall Senayan City, Jakarta. Disini telah disiapkan track untuk menguji secara singkat kemampuan dan ketangguhan dari Fortuner terbaru ini. Bahkan, dibuat simulasi medan off road melalui ramp dengan sudut kemiringan tanjakan hampir mencapai 50 derajat.

Untuk menaklukkan ramp tersebut, digunakan Fortuner VRZ dengan sistem penggerak 4×4 bermesin diesel VNT yang memiliki kapasitas mesin 2.4 liter. Melihat tingkat resiko yang cukup besar, redaksi OTOCOID hanya diberikan kesempatan untuk menjadi penumpang saya di sebelah pengemudi professional yang memang memiliki kemampuan off road yang berpengalaman.

Sebelum menanjak ke jembatan setinggi 4 meter dengan kemiringan 47 derajat, penggerak roda SUV ini diputar ke posisi 4L. Mengubah ke posisi 4L cukup mudah, hanya dengan memutar knob atau panel di bagian tengah di bawah sistem audio dan pengatur AC. “Jika sudah masuk ke gigi 4L, akan terlihat di instrumen cluster, baru kita naik pelan-pelan,” ujar Irwan, pengemudi off road yang memiliki jam terbang tinggi.

Mobil pun perlahan merangkak naik dengan sudut tanjakannya sebesar 47 derajat. Rasanya tak sulit bagi SUV ini karena mengingat tenaga dan torsinya yang cukup besar, mencapai 149,6 ps dan 40,8 kgm. Tanjakan setinggi 4 meter dengan kemiringan 47 derajat pun mulus dilalui All New Fortuner hingga tiba di puncak jembatan. Selanjutnya, kami dihadapi turunan ekstrem dengan sudut kemiringan 47 derajat juga.

Di tengah turunan, Irwan sempat memberhentikan mobil karena ingin memastikan bahwa sabuk pengaman benar-benar mengunci sehingga badan tetap terjaga, tidak terjatuh kedepan. Turunan juga bisa dilalui dengan mulus. Selanjutnya adalah rintangan untuk menguji traksi dan suspensi. Di rintangan ini, kaki-kaki All New Fortuner benar-benar teruji dan tetap nyaman didalamnya. Sempat salah satu roda menggantung tanpa menapak ke landasan, fitur kontrol traksi berfungsi sempurna memindahkan tenaga ke ban lain. (M. Lulut)

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...

Tips Mencegah Warna Putih Pada Cat Mobil Berubah Menguning

OTOmart – Pernahkah Anda mengalami atau melihat mobil yang dulunya berwarna putih namun kini...

Tips Memilih Cairan Carbon Cleaner Yang Bagus Untuk Mesin Anda

OTOmart – Dalam membersihkan jeroan mesin, seorang teknisi pada umumnya menggunakan cairan pembersih yang...