Sering Gonta-Ganti Oli Mesin Diesel, Sebaiknya Perhatikan Hal Ini

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
oli mesin
Ilustrasi (Morguefile)

OTOmart – Mesin merupakan komponen terpenting bagi kendaraan. Sebab, mesin berfungsi sebagai penggerak roda agar kendaraan dapat berjalan. Karena itu, mesin perlu dijaga dan dirawat sehingga seluruhnya berfungsi optimal, terutama untuk mesin diesel.

Salah satu cara merawat mesin diesel adalah dengan rutin mengganti oli mesin kendaraan serta melakukan servis. Saat ini, sudah banyak merek oli mesin dengan berbagai merek yang dijual di pasaran, mulai dari bahan dasar oli mineral hingga full synthetic.

Baca Juga: Mengapa Tidak Boleh Telat Ganti Oli Mesin?

Meski begitu, para pemilik mobil harus mengerti terlebih dahulu spesifikasi oli mesin yang nantinya akan digunakan. Sebab, jika salah menggunakan merek oli mesin diesel, justru akan merusak mesin kendaraan.

“Yang paling penting dan harus menjadi perhatian adalah mengenai spesifikasi oli mesin diesel itu sendiri, alangkah baiknya Anda menggunakan oli yang dikhususkan untuk mesin diesel. Hal ini dikarenakan kandungan zat aditifnya lebih bagus untuk mesin diesel,” ucap Pemilik Bengkel Mobil di wilayah Kelapa Gading, David Tandjung, seperti dilansir laman Otoseken.

Selain itu, sebaiknya Anda juga memperhatikan spesifikasi detail untuk API service-nya. Sebab, untuk mesin-mesin mobil diesel modern saat ini sudah bisa menggunakan oli yang telah CK-4.

Perlu diketahui bahwa API service CK-4 merupakan jenis oli mesin diesel yang paling tinggi sehingga sangat cocok digunakan untuk mesin diesel modern saat ini.

Selain itu, David menambahkan untuk menggunakan oli mesin yang berasal dari pabrikan yang sudah jelas dan telah berkompeten.

Bukan hanya itu saja, untuk mengoptimalkan fungsi mesin, Anda juga wajib untuk mengecek kondisi filter oli dan menggantinya ketika Anda berulang kali mengganti merek oli.

Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pengendapan pada oli lama yang berada di dalam filter oli sehingga dapat mengkontaminasi oli yang baru.

Dan yang perlu untuk Anda perhatikan juga adalah mengenai bahan dasar oli yang nantinya akan Anda gunakan.

Baca Juga: Jangan Campur Merk Oli Berbeda Pada Mesin Anda, Ini Kerugiannya

Sebab, untuk saat ini, oli yang berada di pasaran terbagi menjadi beberapa kelas yang disesuaikan dengan bahan dasar dari oli itu sendiri, seperti Mineral, Semi-Synthetic hingga Full Synthetic.

“Kalau mobilnya sudah pakai full synthetic, maka kami merekomendasikan untuk menggunakan spek oli tersebut juga. Jadi, kalau nanti mau ganti merek oli, juga harus dipastikan juga kalau olinya sudah full synthetic,” pungkas David lagi.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan. Segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Kejutan Hari Pertama IIMS, HPM Luncurkan New Honda BR-V

OTOmart – Hari pertama penyelenggaraan pameran otomotif Indonesia International Motor Show atau IIMS 2019...

Penyelenggara IIMS 2019 Sediakan Free Shuttle Bus Menuju Pameran

OTOmart – Hari ini, Kamis (25/4), pameran otomotif terbesar di Indonesia, Telkomsel Indonesia International...

Cortez CT dan Confero S ACT Siap Tampil di Ajang IIMS 2019

OTOmart – Wuling Motors sepertinya bakal memberikan kejutan pada ajang IIMS 2019. Jika sebelumnya...

Mitsubishi Siapkan Xpander AP4 Concept di IIMS 2019

OTOmart – Menyambut gelaran IIMS 2019, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)...

Sambut Hari Bumi, Toyota Siap Luncurkan C-HR Hybrid Hari Ini

OTOmart – Pameran otomotif terbesar di Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 sebentar...

Lexus Luncurkan LM 300h, MPV Alphard Versi Mewah

OTOmart – Setelah memberikan sedikit bocoran untuk MPV mewahnya, Lexus akhirnya resmi memperkenalkan LM...