Beberapa Acuan yang Dapat Digunakan Untuk Pencari Mobil Bekas

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

acuan

OTOmart – Dengan harga yang terjangkau, maka tentu mobil bekas menjadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda yang memiliki mobil sehingga banyak dicari. Selain itu, terkadang mobil bekas dicari karena merek serta tipe yang sama namun harganya lebih terjangkau, padahal ada beberapa acuan dalam memilih mobil bekas yang perlu diketahui.

Meskipun mobil bekas, namun tentunya Anda ingin mencari mobil bekas dengan kualitas terbaik bahkan kalau bisa tentunya menyamai dengan unit terbarunya. Beberapa hal yang biasanya menjadi pertimbangan para konsumen adalah bodi yang mulus, mesin yang masih mempunyai performa yang baik dan masa pakai kendaraan tersebut.

Baca Juga: Bingung Pilih Mobil Bekas? Lakukan Tips Beli Mobil Bekas Ini

Biasanya acuan yang seringkali digunakan untuk mengetahui masa pakai kendaraan adalah odometer atau penunjuk jarak, dimana fitur ini dapat ditemui pada bagian dashbor yang terletak di setiap mobil.

Odometer yang digunakan pada beberapa mobil juga berbeda, ada yang menampilkan secara digital serta ada juga yang masih menggunakan analog. Keduanya telah dirancang oleh para pabrikan mobil agar tidak dapat diubah. Walaupun begitu, terkadang masih ada beberapa dealer mobil bekas yang merubah angka tersebut dengan cara merendahkannya hanya demi keuntungan semata sehingga dapat dijual dengan nilai yang lebih tinggi.

Pada umumnya jika kilometer masih berada di angka rendah, maka kondisi mobil dapat dipastikan bagus, sebab jarang digunakan. Nah, hal ini yang seringkali digunakan sebagai tolak ukur oleh para pemburu mobil bekas.

Akan tetapi, ternyata ada acuan lainnya yang bisa Anda gunakan, seperti kondisi jok yang ketebalannya berkurang akibat sering diduduki serta bagian interor yang nampak kusam dan mempunyai banyak goresan. Hal ini bisa memberikan tanda bahwa mobil tersebut sudah seringkali digunakan oleh si pemilik lamanya.

Baca Juga: Tips Beli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu Showroom Mobil Nakal

Acuan lain yang bisa digunakan adalah permukaan setirnya. Jika permukaan setir terasa kasar, maka mobil tersebut dapat dipastikan jarang digunakan. Sebab, jika mobil sering digunakan, maka lingkar setirnya akan terasa licin.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Lakukan 5 Hal Ini Agar Transmisi Mobil Matic Anda Tidak Cepat Rusak

OTOmart – Mobil matik saat ini tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan...

Mobil Matik Nekat Terjang Genangan Air, Begini Trik Amannya

OTOmart – Di musim hujan saat ini, pada umumnya di beberapa ruas jalan akan...

Begini Cara Mengecek Kondisi Mobil Anda Dengan Metode POWDER

OTOmart – Saat ini Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Ini berarti kondisi mobil perlu...

Tips Jaga Jarak Aman Kendaraan dan Cara Mengukurnya

OTOmart – Saat Anda mengemudikan mobil, maka hal penting yang perlu dan penting untuk...

Baru Punya SIM? Ikuti 10 Tips Bagi Para Pengendara Pemula Ini

OTOmart – Dengan mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM) bukan berarti Anda dapat langsung bebas...

Musim Penghujan Datang, Perhatikan 8 Bagian Mobil Ini

OTOmart – Memasuki musim penghujan, sebagai pengendara tentu membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih...