8 Poin Penting Sebelum Membeli Mobil Bekas

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – Membeli mobil di era 2015 ini bisa dibilang susah-susah gampang. Pasalnya banyak mobil baru bermunculan yang menawarkan harga relatif terjangkau, terlebih bisa dikredit dengan jangka waktu yang meringankan kantong. Tapi buat anda yang justru menginginkan mobil bekas, perhatikan poin penting sebelum membelinya ya!

  1. Tentukan terlebih dahulu tipe mobil
    Hal ini cukup penting untuk dapat anda perhatikan, sebelum anda membeli mobil, tentukan dahulu mobil yang seperti apa yang diinginkan. Apakah mobil keluarga (MPV)? Hemat bahan bakar (LCGC)? City car? Atau mobil sport (SUV) yang bisa berlari kencang?
  2. Perhatikan kondisi mesin
    Bagi anda yang awam dengan mobil, anda dapat mengajak rekan atau mekanik yang lebih berpengalaman untuk menemani. Setelah itu, perhatikan mesin hidup dengan normal, tanpa ada suara yang kurang nyaman didengar. Pastikan juga tidak ada oli yang tercecer atau kabel (wiring) yang tidak beraturan dari mobil.
    Cek budget
    Berapa budget yang anda miliki? Pilihlah mobil dengan harga yang sesuai dengan budget anda. 30 juta? 70 juta? atau berapa? Perkirakan pula budget yang akan dikeluarkan setelah membeli mobil.
  3. Ada service record, lebih baik
    Mobil bekas yang memiliki service record dapat membantu ada menilai kualitas mobil dari sisi perawatan oleh pemilik. Cek service record seperti kapan terakhir ganti oli, perawatan spare part, penggantian mesin, dan lainnya.
  4. Test drive
    Lakukan tes mengemudi di jalan yang bergelombang, jalan yang ramai juga di jalan yang sepi. Perhatikan perpindahan transmisi di masing-masing jalanan. Adakah kendala di perpindahan transmisi ketika menggunakan?
  5. Cek bagian AC
    Ini juga menjadi poin penting untuk diperhatikan ketika test drive. Apakah ada masalah dengan AC? AC yang tidak berfungsi cukup berpengaruh terhadap kenyaman penumpang.
  6. Perhatikan bodi interior maupun eksterior
    Mobil bekas dengan kondisi bodi yang mulus kini bisa ditemukan dengan mudah. Tapi ada juga mobil bekas yang memiliki bodi kurang bagus. Maka dari itu, teliti sebelum membeli!
    Perhatikan sisi bodi calon mobil yang akan dibawa pulang. Ada lecet, atau penyok di sisi luar atau di sisi dalam mobil? Banyak dempulan atau tidak? Semakin banyak dempulan, berarti ada yang kurang beres pada pemakaian oleh si pemilik.
  7. Jarak Tempuh mobil
    Ada baiknya anda meneliti jarak tempuh dari si mobil. Salah-salah justru anda membeli mobil bekas mobil sewaan (rental). Perhatikan keseuaian antara jarak tempuh dengan tahun pembuatan mobil. Rata-rata pemilik mobil pribadi memiliki jarak tempuh sekitar 15-20 ribu kilometer per tahun.
temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Inilah Teknologi Dynamic Force Pada Mobil Toyota Terbaru

Otomart, Jakarta – Meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi pada kendaraan saat ini menjadi tuntutan produsen mobil. Namun tidak berhenti sampai disitu, kinerja (performa) mesin juga harus tetap mumpuni. Melihat kondisi tersebut, Toyota saat ini sedang merombak teknologi mesinnya … Lihat Selengkapnya

Lakukan Berbagai Cara Ini Agar Mobil Irit Bensin

Otomart, Jakarta – Sehebat apapun Anda dalam menerapkan Teknik menyetir eco driving, tetap saja tujuan untuk dapat mengirit penggunaan bahan bakar tidak akan maksimal jika Anda tidak melakukan beberapa persiapan. Ada beberapa persiapan yang perlu Anda ketahui serta menjadi dasar … Lihat Selengkapnya

Ternyata Inilah Penyebab Sistem Pendingin Mobil Bermasalah

Otomart, Jakarta – Sistem pendingin pada kendaraan sangatlah penting peranannya, sehingga sangat perlu untuk menjaga kestabilan suhu kerja mesin. Bayangkan jika sistem pendingin mobil bermasalah atau mengalami kerusakan, tentunya akan membuat mesin semakin panas sehingga akan menyebabkan komponen pada mesin … Lihat Selengkapnya