6 Oli Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Kesayangan Anda

posted in: Artikel Mobil | 3 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
oli mobil terbaik
Sumber: Getty Images

OTOmart – Oli adalah salah satu komponen penting dalam sebuah mobil. Karena itu, sangat penting bagi pemilik mobil untuk menentukan oli mobil terbaik bagi kendaraannya. Sebab, jika Anda sembarangan dalam memilih oli mobil, maka akan mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil Anda.

Fungsi utama oli adalah sebagai pelumas dan pendingin mesin. Jika oli yang Anda gunakan baik dan bagus, maka mesin mobil akan bekerja secara maksimal sehingga akan meningkatkan performa kendaraan Anda. Pada umumnya, perbedaan mendasar pada oli mobil terbaik dengan oli biasa adalah pada tingkat kekentalan oli atau yang sering disebut dengan SAE (Society of Automotive Engineers).

Setiap jenis mobil tentu mempunyai spesifikasi yang berbeda dalam setiap pemilihan pelumasnya. Jika Anda memakai oli mesin yang kurang pas, tentunya akan beresiko pada performa mesin mobil tersebut. Nah, jika hal itu sampai terjadi maka dapat mengakibatkan efek buruk bagi mesin dalam periode yang panjang.

Sekarang ini telah banyak beberapa merek oli mobil yang beredar di pasaran, baik itu oli lokal buatan produsen tanah air maupun oli import buatan produsen luar negeri, tentunya dengan kelebihan dan kelemahan masing-masing. Lalu apa saja oli mobil terbaik saat ini yang beredar di pasaran? Berikut ini adalah daftar oli mobil terbaik, seperti dilansir laman harianoto.com.

Daftar Oli Mobil Terbaik

  1. ELF GL-5 80W-90 1 L

oli mobil terbaik
Sumber: Buka Lapak

Merupakan oli mobil buatan pabrik Elf yang cocok digunakan untuk mobil dengan transmisi manual. Oli ini dikenal mempunyai performa yang baik serta membuat kendaraan Anda menjadi lebih ringan. Hal ini dikarenakan system liquid teknologi yang diklaim mampu membersihkan mesin mobil secara menyeluruh sehingga tarikan mobil menjadi lebih sempurna dan enak. Volume oli buatan Elf ini yakni sebanyak 1 liter dan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp.95.000.

  1. LUCAS SEMI SYNTHETIC SAE 10W-40

oli mobil terbaik
Sumber: mxstore.com

Oli ini merupakan salah satu oli mobil terbaik di kelasnya yang dibuat oleh pabrikan internasional Lucas. Volume oli mesin mobil ini sebanyak 5 liter dan diklaim mampu membuat performa mobil Anda menjadi lebih kencang dan mulus. Selain itu, oli ini juga mampu memberikan perlindungan untuk mesin mobil Anda dari keausan akibat kinerja mesin yang cukup berat, mampu menurunkan suhu dalam mesin dalam waktu cepat, mampu meningkatkan performa mobil menjadi mulus dan cepat serta mampu mengurangi kebisingan mesin mobil. Untuk harga, oli ini dibanderol dengan harga Rp.710.000.

  1. LIQUI MOLY TOP TECH 4100 SAE 5W-40

Liquid merupakan salah satu perusahaan oli mobil yang cukup terkenal khususnya di daratan Eropa. Hal ini dibuktikan dengan menjadi salah satu sponsor resmi ajang lomba balap rally Dakar. Oli Liqui bervolume 4 liter dan biasanya dapat digunakan untuk mobil berbahan bakar bensin atau diesel. Pelumas ini dipercaya dapat membuat mobil Anda menjadi lebih tangguh.

oli mobil terbaik
Sumber: Liquimoly

Selain itu, oli ini juga mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dapat dianggap remeh, seperti mampu memberikan perlindungan mesin dari keausan akibat kinerja mesin yang berat, handal dalam segala kondisi mesin baik ketika suhu mesin tinggi atau rendah, lebih irit bahan bakar serta tidak menimbulkan emisi gas yang berlebih. Oli ini dibanderol dengan harga Rp.810.000.

  1. ENEOS CVT FLUID ASIA 1 L

oli mobil terbaik
Sumber: Sport Shot

Eneos merupakan salah satu pabrikan oli mobil yang mencuri perhatian di pasar otomotif Asia Tenggara. Eneos juga pernah menjalin kerjasama dengan salah satu produk mobil Malaysia sebagai sponsor resminya. Oli mobil ini adalah salah satu pelumas untuk mobil bertransmisi CVT metal belt bukan untuk automatic konvensional (AT/ATF). Di Indonesia, oli ini dijual dengan harga Rp.150.000.

  1. CHEVRON 400 SYNTHETIC SAE 10W-30

oli mobil terbaik
Sumber: Walmart.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan salah satu pabrikan oli asal Amerika Serikat ini? Chevron merupakan salah satu pionir oli kelas dunia yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dengan ketangguhan yang dikenal sangat baik, maka tidak salah jika Chevron menjadi sponsor resmi dari beberapa kejuaran balap. Oli Chevron ini mempunyai sistem car shampoo, yaitu sebuah sistem yang mampu menjaga mesin agar tetap bersih meskipun terus menerus digunakan, jadi Anda tidak perlu khawatir mesin mobil Anda mengalami korosi. Oli ini dapat digunakan untuk mobil berbahan bakar bensin dan diesel. Oli Chevron diklaim mampu menjaga kestabilan mesin baik pada suhu tinggi maupun suhu rendah. Untuk harganya, oli mobil ini dijual dengan harga Rp.660.000 yang tersedia untuk takaran 4 liter saja.

  1. CASTROL MAGNATEC SAE 10W/40

oli mobil terbaik
Sumber: Castrol.com

Salah satu oli mobil dengan kualitas baik lainnya adalah Castrol. Merek oli ini begitu terkenal terutama di pasar otomotif Thailand. Oli Castrol dipercaya mampu membersihkan mesin mobil Anda sebab molekul pintar yang ditambah dengan teknologi sintetik yang dimilikinya. Molekul pintar yang dimiliki oleh oli Castrol diklaim akan menempel pada mesin dengan sangat kuat dan membentuk lapisan ekstra sehingga akan melindungi mesin ketika mesin berjalan. Untuk harga oli Castrol dijual dengan harga Rp.360.000 untuk takaran 4 liter.

Itulah 6 oli mobil terbaik yang dapat terdapat di pasar Tanah Air yang dapat Anda gunakan pada mobil kesayangan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...

Tips Mencegah Warna Putih Pada Cat Mobil Berubah Menguning

OTOmart – Pernahkah Anda mengalami atau melihat mobil yang dulunya berwarna putih namun kini...