6 Kesalahan Yang Sering Pengemudi Mobil Matik Lakukan

posted in: Berita Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

Otomart – Dengan kondisi jalan perkotaan yang macet atau tersendat tentu membuat masyarakat lebih memilih menggunakan mobil bertransmisi matik dibandingkan dengan manual. Namun, perlu Anda ketahui bahwa keduanya mempunyai karakter berbeda.

mobil matik

Kali ini akan dibahas mengenai mobil bertransmisi matik yang saat ini jumlah penggunanya semakin banyak khususnya di perkotaan. Ternyata seringkali pengguna mobil matik melakukan beberapa kesalahan yang mempunyai efek negatif baik untuk mobil maupun untuk keselamatan dalam berkendara.

Anjar Rosai, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan para pengemudi kendaraan matik. Kesalahan pertama yang biasanya dilakukan adalah dengan meletakkan posisi transmisi tetap di “D” ketika menunggu lampu merah. Padahal hal itu tidak boleh dilakukan, sebab jika pengemudi dalam keadaan Lelah, maka injakan rem akan berkurang sehingga mobil dapat berjalan tanpa diinginkan. Hal ini berpotensi untuk menabrak mobil lain di depannya.

Baca Juga: Pilih Mobil Matic atau Mobil Manual? Baca ini dulu!

Kesalahan kedua, menggunakan dua kaki yang ditempatkan pada gas dan pedal rem secara bersamaan. Hal ini tentu sangat berbahaya, sebab pengemudi akan kesulitan dalam mengontrol kendaraannya. Selain itu, kondisi akan membuat kanvas rem menjadi cepat habis, oleh karena itu sebaiknya Anda membiasakan menggunakan satu kaki.

Ketiga, saat berkendara di kondisi jalan yang menanjak, posisi transmisi mobil selalu berada di posisi D atau L. Jika Anda selalu di posisi L, maka kopling transmisi akan panas, sedangkan jika selalu menempatkan posisi transmisi di D, maka ketika berada di turunan yang curam akan mengurangi engine break sehingga mobil akan meluncur dengan cepat dan otomatis hanya mengandalkan rem saja. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi Anda dan penumpang. Oleh sebab itu usahakan mengkombinasi posisi transmisi antara D dan L.

Keempat, pengemudi kurang memperhatikan posisi persneling ketika parkir ataupun saat keluar parkir dan menekan gas secara penuh. Kondisi ini berbahaya, sebab pengemudi berpikir mobil maju, padahal posisi gigi dalam keadaan mundur, dengan menginjak gas secara penuh tentunya membuat mobil meluncur tanpa terkendali.

Baca Juga: 3 Proses yang Harus dikenali Pengendara Mobil Matic Pemula

Kelima, ketika menderek mobil matik, ban roda penggerak juga tidak diangkat atau digantung. Hal ini dapat menyebabkan komponen yang terdapat di dalam transmisi mengalami kerusakan karena dipaksa berjalan tanpa adanya lubrikasi, dimana keadaan mesin, pompa oli dalam keadaan mati sehingga menyebabkan oli tidak tersirkulasi.

Keenam, kesalahan ini biasanya yang paling sering dilakukan oleh para pengguna mobil matik, yaitu tidak mengganti oli transmisi sesuai dengan jadwal sehingga menyebabkan aus dan akibatnya fungsi lubrikasi di dalam transmisi tidak berjalan secara optimal. Jika dibiarkan, maka hal ini mengakibatkan kerusakan yang fatal pada komponen transmisinya.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

MPV dan SUV Bekas Diprediksi Tetap Jadi Idola Hingga Akhir Tahun

OTOmart – Mobil bekas bergenre MPV dan SUV diprediksi oleh beberapa pemain mobil bekas...

Rupiah Melemah, Bikin Pedagang Aksesori Mobil Menjerit

OTOmart – Penjualan kendaraan roda empat yang sepanjang tahun ini mengalami pertumbuhan rupanya tidak...

Oktober Mendatang, Registrasi Kendaraan Wajib Cantumkan Nomor HP

OTOmart – Mulai bulan Oktober 2018 nanti, masyarakat yang akan membeli kendaraan baru wajib...

Mitsubishi Bocorkan Desain Mitsubishi Triton Terbaru

OTOmart – Demi menjaga persaingan serta membuat para konsumen tidak cepat bosan dengan model...

5 Produk Daihatsu Terlaris Periode Januari-Agustus 2018

OTOmart – Hingga Agustus 2018 kemarin, Daihatsu berhasil mencatatkan angka penjualan produk Daihatsu yang...

Tilang Elektronik Mulai Diuji Coba di Jakarta Oktober Mendatang

OTOmart – Setelah tahun lalu sempat menjadi wacana, maka Oktober mendatang, tilang elektronik atau...