Lakukan 6 Cara Ini Agar Mobil Parkir Dengan Aman

posted in: Artikel Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah

parkir

Saat liburan seperti sekarang ini justru menjadi momen yang tepat bagi segelintir orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai tindakan pencurian mobil. Karena itu, Anda sebagai pengendara mobil sebaiknya meningkatkan keamanan pada mobil Anda terutama saat Anda memarkir kendaraan Anda. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan agar mobil tetap aman saat parkir.

  1. Immobilizer

Immobilizer merupakan fitur keamanan yang disematkan oleh pabrikan mobil untuk melindungi mobil Anda dari tindakan pencurian. Fitur ini biasanya terdapat pada mobil keluaran terbaru, namun bukan berarti mobil keluaran lama tidak bisa menggunakan fitur tersebut loh. Mobil keluaran lama dapat menggunakan fitur ini dengan cara menambahkan sendiri di bengkel terpercaya langganan Anda.

  1. Pilihlah area parkir yang sesuai

Untuk melindungi mobil Anda agar terhindar dari tindak pencurian, sebaiknya carilah lokasi parkir yang terang dan dapat dengan mudah dipantau oleh security. Sebisa mungkin hindari memarkir kendaraan Anda di jalan yang sempit, tikungan atau zona larangan untuk memarkir kendaraan. Selain itu, pastikan bahwa lokasi yang Anda akan tempati sesuai dengan dimensi mobil Anda.

  1. Gunakan alat bantu parkir

parkir
Sumber: Datsun

Beberapa mobil telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu memudahkan para pengendaranya untuk memarkir dengan aman. Beberapa fitur yang disematkan mulai dari sensor parkir hingga kamera parkir. Sensor parkir pada umumnya diletakkan pada bumper luar di bagian belakang, serta ada juga yang menempatkannya di bagian depan. Fitur ini berfungsi memberikan peringatan jika terdapat objek yang mendekati mobil. Sedangkan untuk kamera parkir berfungsi untuk membantu Anda mendeteksi objek apa saja yang terdapat di bagian belakang mobil.

  1. Jangan tinggalkan mobil dalam kondisi mesin hidup

Modus pencurian mobil yang biasanya terjadi adalah dengan melarikan mobil yang diparkir dalam keadaan mesin masih dalam keadaan menyala. Karena itu, hindarilah meninggalkan mobil dalam keadaan menyala meskipun saat berada di dalam garasi rumah Anda sendiri.

  1. Cek kondisi keamanan mobil

Sebelum meninggalkan mobil yang sedang diparkir, sebaiknya para pengendara mobil memastikan bahwa kaca mobil telah tertutup rata dan pintu mobil telah terkunci. Sebab jika pintu tidak dikunci rapat, maka akan membuat alarm otomatis yang terdapat pada mobil tersebut tidak dapat bekerja dengan baik sehingga membuat pencuri dengan mudah mengambil harta benda atau bahkan mobil Anda.

  1. Asuransikan Mobil

Untuk tidak menimbulkan kerugian finansial atas property berharga Anda, sebaiknya segera asuransikan mobil Anda agar mencegah terjadinya pencurian. Dengan mengasuransikan mobil Anda, maka dapat meminimalisir resiko kerugian kehilangan mobil.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Update Terbaru Harga Avanza Bekas Desember 2019

OTOmart – Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi salah satu mobil bekas yang...

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...