5 Dampak Buruk Jika Anda Tidak Mencuci Mobil Saat Musim Penghujan

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
penghujan
Ilustrasi (Gojek)

OTOmart – Dalam beberapa bulan terakhir, curah hujan di Indonesia semakin mengalami peningkatan. Bukan hanya di Jakarta, di beberapa kota besar lainnya, seperti Tanjung Pinang dan Batam juga dalam beberapa hari terakhir mulai menunjukkan gejala peningkatan. Lalu apakah mobil Anda sudah siap dalam menghadapi musim penghujan ini?

Dalam menghadapi musim penghujan, dibutuhkan beberapa persiapan khusus, terutama bagi para pemilik mobil dan kendaraan lainnya. Sebenarnya, membiarkan mobil dalam kondisi kotor saat musim penghujan bukanlah perilaku yang baik, sebab dapat merugikan kesehatan dan mengurangi kualitas dari mobil itu sendiri. Salah satu kondisi paling parah adalah dapat menyebabkan terjadinya karat hingga keropos.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Sebaiknya Segera Ganti Karet Wiper Anda!

Berdasarkan laman Otodriver.com, malas mencuci mobil saat musim penghujan ternyata bisa menyebabkan dampak yang cukup besar, antara lain yaitu:

1. Menimbulkan flek kotoran dan jamur pada kaca dan bodi mobil

Kondisi ini terjadi karena bekas hujan, kotoran, getah buah dan beberapa hal semacamnya yang jatuh pada bagian kaca mobil tidak langsung segera dicuci atau dihilangkan sehingga membekas dan menyebabkan terjadinya flek kotoran yang tentunya sulit dihilangkan pada bagian sisi kaca dan bodinya.

2. Berkarat

Seperti diketahui, air hujan banyak mengandung zat asam yang dapat membuat permukaan besi menjadi berkarat. Nah, bayangkan saja jika mobil Anda berkarat karena terlalu lama mendiamkannya. Karena itu, sebaiknya setelah mobil Anda diguyur hujan segeralah untuk membilas dan mengeringkannya agar dapat langsung terhindar dari karat.

3. Warna menjadi belang

Jika mobil Anda berwarna putih atau berwarna cerah, maka segeralah cuci mobil Anda setelah terkena air hujan. Sebab, kotoran yang menempel pada bagian bodi mobil setelah Anda menerjang banjir ataupun air hujan akan membuat warna bodi mobil menjadi berbeda.

Baca Juga: Jelang Musim Penghujan, Perhatikan Tips Berkendara Berikut Ini!

4. Terdapat kerak pada kolong mobil

Salah satu bagian mobil yang mudah berkarat adalah bagian kolongnya. Meskipun Anda tidak pernah melewati genangan air ataupun tidak berkendara saat hujan, tetap saja Anda perlu membersihkannya secara rutin agar kerak tidak menumpuk sehingga dapat memperpendek usia berbagai komponen yang terdapat di kolongnya.

5. Suspensi mengalami kerusakan

Jika kotoran dan debu dibiarkan terus menerus, terutama pada bagian shockbreakernya, tentu akan mengurangi cara kerja suspensi secara sempurna. Bahkan yang paling parah adalah suspensi akan mengalami kebocoran.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan, segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Mobil Kebanjiran, Lakukan Hal Ini Agar Kerusakan Tidak Menjalar

OTOmart – Dalam beberapa hari terakhir, Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan dengan intensitas yang...

Harga Ertiga Bekas Di Wilayah Jakarta Mulai Dari Rp125 Jutaan

OTOmart – Meski berbeda segmen, tetap saja kehadiran XL7 membuat penjualan Ertiga sedikit terancam,...

Baru Diluncurkan, Suzuki Sudah Beri Promo dan Diskon Suzuki XL7

OTOmart – Salah satu cara produsen mobil untuk tetap dapat menarik minat para konsumen...

Cara Mudah Melakukan Jumper Aki Mobil Dari Aki Mobil Lainnya

OTOmart – Jika mobil bekas Anda mogok akibat aki soak, maka salah satu trik...

Nano Ceramic, Cairan Poles Yang Bikin Mobil Anda Kinclong

OTOmart – Cat bodi yang nampak mengkilap dan kinclong serta tidak kusam merupakan salah...

Modifikasi Mitsubishi Mirage Bekas, Nggak Kalah Sama Model Terbarunya

OTOmart – Mitsubishi Mirage terbaru secara resmi telah dirilis di Inggris dengan tampilan yang...