5 Alasan Untuk Tidak Membeli Mobil Suzuki Ertiga Terbaru

posted in: Artikel Mobil | 1 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
mobil suzuki
Suzuki Ertiga terbaru mempunyai banyak kekurangan di bandingkan versi sebelumnya (Oto)

OTOmart – Seperti yang diketahui, segmen mobil low MPV (Multi Purpose Vehicle) mempunyai daya tarik tersendiri bagi sebagian masyarakat Indonesia. Sebut saja beberapa merek ternama, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio sampai Nissan Grand Livina yang dikenal oleh sebagian masyarakat Indonesia sebagai deretan mobil yang mempunyai populasi terbanyak di Indonesia. Namun, dengan hadirnya Mitsubishi Xpander pada tahun 2017 lalu, membuat peta persaingan mobil bersegmen ini sedikit berubah, apalagi dengan merajainya Xpander pada segmen mobil ini. Hal ini tentu membuat para pesaingnya berlomba-lomba untuk berbenah. Salah satunya adalah mobil Suzuki Ertiga generasi kedua yang telah dirilis awal tahun ini.

Terdapat beberapa perubahan yang telah dibuat agar mobil Suzuki Ertiga tetap dapat bersaing dengan para rivalnya, seperti penambahan fitur keselamatan Electronic Stability Program (ESP), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Anti-lock Braking System (ABS), dan kursi ISOFIX. Selain itu, bagian interiornya pun mengalami sedikit perubahan, seperti bagian desain dan layout yang lebih mewah dengan sedikit sentuhan ornament panel kayu, sistem multimedia dengan layar sentuh, dan tombol start-stop. Sedangkan di bagian eksteriornya Ertiga terbaru tampil dengan lebih modern menggunakan lampu depan proyektor serta lampu kombinasi belakang LED.

Baca Juga: Mau Beli Suzuki Ertiga Terbaru? Ini Daftar Harga Resminya

Meskipun begitu, ternyata Ertiga terbaru mempunyai banyak kekurangan dibandingkan dengan para rivalnya. Nah, berikut ini adalah beberapa alasan yang mendukung Anda untuk tidak membeli mobil Suzuki Ertiga terbaru tersebut, yaitu:

Banyaknya Fitur yang Hilang

Salah satu kekurangan yang dimiliki Suzuki Ertiga terbaru adalah hilangnya beberapa fitur yang sebelumnya ada di Ertiga lama. Hal ini tentu tidak terasa bagi para pembeli baru, akan tetapi bagi pemilik mobil Ertiga lama tentunya akan berpikir dua kali jika dirinya ingin mengganti unit tersebut dengan yang baru.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang dihilangkan di mobil Suzuki Ertiga terbaru, Baca Juga: Ini Fitur yang Dihilangkan dari Suzuki Ertiga Lama

Pengaturan AC masih menggunakan Kenop Putar

Sekilas tampilan desain dashboard Ertiga terbaru sangat mewah dan bahkan tidak kalah dengan Mitsubishi Xpander. Namun yang cukup disayangkan adalah pengaturan fungsi AC yang masih terlihat jadul. Memang, mekanisme pengaturan AC menggunakan kenop putar diterapkan pula pada kompetitornya, yaitu Mitsubishi Xpander. Namun, pada Xpander terlihat lebih manis karena konsep kenopnya yang modern, dimana kenop AC terlhat menyembul keluar dari panel dan telah dilengkapi dengan indikatro LED. Sedangkan, pada Ertiga terbaru kenop AC masih sama seperti sebelumnya, bahkan terlihat seperti kenop putar untuk kompor gas.

Penumpang Tengah di Baris Kedua Tanpa Head Rest

interior suzuki ertiga terbaru
Suzuki Ertiga terbaru tidak mempunyai head rest bari penumpang kursi baris kedua bagian tengah (Suzuki Jogja)

Salah satu kekurangan Ertiga terbaru yang membuat kenyamanan penumpang sedikit terganggu adalah tidak adanya sandaran kepala (head rest) pada kursi penumpang di bagian tengah baris kedua. Padahal, para kompetitor lainnya telah melengkapi mobil mereka dengan fitur ini guna meningkatkan kenyamanan para penumpangnya. Seperti yang terdapat pada Toyota Avanza dan Honda Mobilio yang telah dilengkapi dengan fully separated dan adjustable headrest yang terdapat di kursi bagian tengah baris kedua.

Baca Juga: Gelar Program Menarik, Suzuki Terima Tukar Tambah Ertiga Terbaru

Tidak Ada ECO Indicator

Pada umumnya, para konsumen mobil bersegmen low MPV begitu memperhatikan konsumsi bahan bakar kendaraan miliknya. Hal itulah yang menyebabkan beberapa kompetitor Suzuki Ertiga melengkapi kendaraan mereka dengan fitur Eco Indicator. Fitur ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengemudi jika mereka telah mengemudikan kendaraannya secara hemat bahan bakar. Akan tetapi, pada Ertiga terbaru, fitur ini hilang sehingga para pengemudi tidak lagi mendapatkan informasi hemat bahan bakar tersebut seperti sebelumnya.

Kursi Baris Ketiga Tanpa Power Socket

Di era moden saat ini, kaum urban tidak dapat lepas dari gadget kesayangan mereka. Hal ini tentu disadari oleh para produsen mobil dengan menyediakan power socket yang ditempatkan pada setiap baris kursinya. Namun, hal ini tidak dilakukan oleh mobil Suzuki Ertiga terbaru yang justru menghilangkan keberadaan power socket pada produk mereka ini.

Sumber: Oto.com

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...

Tips Mengemudi Mobil Yang Aman di Malam Hari

OTOmart – Bagi sebagian orang berkendara di malam hari dianggap mempunyai sensasi tersendiri, mulai...

Tips Membersihkan Ruang Mesin Yang Aman Dan Benar

OTOmart – Ruang mesin merupakan salah satu area mobil bekas yang paling jarang dibersihkan...

Sering Lupa Ganti Oli? Siap-Siap Transmisi Matik Sering Nyangkut

OTOmart – Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh pembeli mobil bekas adalah...