5 Alasan Perlunya Upgrade Suzuki Ertiga Lama ke Yang Baru

posted in: Artikel Mobil | 2 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
suzuki
Suzuki meluncurkan Ertiga generasi kedua pada gelaran IIMS 2018 (Carmudi)

OTOmart – Setiap kendaraan tentunya mempunyai masa siklus hidup dan jika siklus hidup tersebut tengah memasuki masa akhir, maka regenerasi merupakan cara yang paling tepat untuk membuat kendaraan tersebut tetap dapat bersaing.

Hal ini terjadi pada Suzuki Ertiga, sejak meluncur pada enam tahun lalu, akhirnya Suzuki meluncurkan generasi kedua Ertiga pada gelaran IIMS 2018 yang lalu. Terdapat beberapa perubahan yang dilakukan sebagai bentuk peningkatan dari model sebelumnya. Hal ini tentu mendorong para konsumen yang telah menggunakan Ertiga lama tertarik untuk melakukan upgrade ke model terbaru.

Jika Anda masih bimbang dengan Suzuki Ertiga terbaru tersebut, berikut ini adalah 5 alasan yang dapat meyakinkan Anda untuk membeli Suzuki Ertiga terbaru ini dan meninggalkan yang lama, antara lain yaitu:

Baca Juga: 5 Alasan Untuk Tidak Membeli Mobil Suzuki Ertiga Terbaru

Mesin baru yang lebih bertenaga dan efisien

Suzuki Ertiga terbaru menggunakan mesin baru berkode K15B, dimana kubikasi meningkat dari sebelumnya yang hanya 1,4 liter dan diikuti dengan bertambahnya tenaga dan torsi jika dibandingkan pada Ertiga sebelumnya.

Berdasarkan hasil tes yang dilakukan, konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga terbaru ini mampu menembus angka 27 km/liter. Padahal dari angka pengujian resmi, konsumsi bahan bakar mobil ini berada di angka 16,73 km/liter untuk matik dan 18.09 km/liter untuk transmisi manual.

Kabin bertambah luas

Selain merubah penampilan eksteriornya, Suzuki juga merubah bagian rangka struktur mobil ini, dimana digunakannya platform baru Heartect yang diklaim lebih ringan dan semakin rigid. Selain itu, konstruksi bodi yang semakin besar, membuat kabin juga bertambah besar sehingga meningkatkan kenyamanan bagi seluruh penumpang.

interior ertiga terbaru
Suzuki Ertiga terbaru memberikan interior dalam kabin yang cukup luas bagi para penumpang (Suzuki Yogyakarta)

Perubahan paling dirasakan pada bagian ruang kaki yang berada di kursi baris kedua. Untuk baris ketiganya sendiri tidak terlalu lega, namun masih dapat diduduki oleh orang dewasa. Selain itu, kapasitas bagasinya juga membesar, ditambah fleksibilitas kursinya yang dapat dilipat rata sehingga memudahkan Anda untuk mengakomodasi barang bawaan Anda.

Meningkatnya kualitas berkendara

Ertiga sudah lama diketahui sebagai mobil dengan sektor kualitas berkendara yang cukup baik. Mobil ini terkenal telah mempunyai suspensi yang nyaman serta bagian kabin yang cukup menawan, apalagi pada Suzuki Ertiga terbaru yang semakin meningkat. Didukung dengan platform Heartect, membuat pengendalian kendaraan ini menjadi lebih gesit.

Baca Juga: Ini Fitur yang Dihilangkan dari Suzuki Ertiga Lama

Fitur keselamatan meningkat

Ertiga terbaru disematkan dengan berbagai fitur keselamatan, seperti Electronic Stability Program (ESP) yang berfungsi untuk membantu mobil agar tidak melintir saat berada di jalanan licin atau ketika harus melakukan manuver mendadak, sedangkan Hill Hold Control (HHC) berfungsi untuk membantu mobil saat berada di jalan yang menanjak. Akan tetapi, kedua fitur tersebut hanya hadir pada varian tertinggi saja, yaitu Ertiga GX ESP.

Value for Money

Salah satu hal yang menjadi nilai jual Ertiga sejak dahulu adalah kenaikan harga yang tidak terlalu signifikan sejak generasi pertama. Meskipun telah ditambahkan dengan perubahan dari berbagai sektor namun tetap menghasilkan value for money yang cukup tinggi. Seperti yang terjadi pada tipe teratasnya, yaitu GX ESP yang dibanderol dengan harga Rp228 juta (manual) dan Rp238,5 juta (matik). Harga tersebut merupakan harga termurah jika dibandingkan dengan para kompetitor lainnya, seperti Toyota Avanza Veloz 1.5, Nissan Grand Livina SV, dan Mitsubishi Xpander Exceed yang dibanderol dengan harga cukup mahal.

Sumber: Oto.com

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...

Tips Merawat Radiator Mobil Agar Tidak Jebol Karena Overheat

OTOmart – Radiator adalah salah satu komponen pada mobil yang sangat penting agar suhu...