Jangan Abaikan 4 Hal Ini Saat Mudik Lewat Jalan Tol Trans Jawa

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
trans jawa
Jalan Tol Trans Jawa (Prfm News)

OTOmart – Tol Trans Jawa merupakan ruas tol yang menghubungkan antar berbagai kota di pulau Jawa, mulai dari Merak hingga ke Probolinggo. Ruas jalan tol ini semakin ramai digunakan oleh masyarakat selama musim mudik Lebaran. Hal ini dapat terlihat dari tingginya volume kendaraan yang terus mengalami peningkatan di jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga saat ini.

Meski begitu, ruas jalan tol sepanjang 965 kilometer (km) tersebut menyimpan berbagai kondisi yang cukup mengejutkan dan wajib untuk selalu diperhatikan, tidak boleh diabaikan, apalagi jika Anda baru pertama kali melintasinya.

Baca Juga: Daftar Call Center dan Jasa Derek Tol Saat Mudik Lebaran

Melihat hal ini, Juspri Pulubuhu, pendiri sekaligus instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) yang menjelaskan jika rata-rata ruas jalan Tol Trans Jawa didominasi oleh lintasan lurus dengan permukaan yang beragam dan tidak boleh diabaikan.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang patut Anda waspadai saat melintas di jalan Tol Trans Jawa, antara lain yaitu:

1. Kecepatan Tinggi

Meski ruas jalan Tol Trans Jawa terlihat mulus dan panjang, tentu secara otomatis akan membuat Anda menekan pedal gas tanpa memperhatikan kecepatan laju kendaraan yang aman. Karena itu, sebaiknya Anda mengatur kecepatan dengan bijak sesuai dengan aturan yang berlaku dan telah ditetapkan, yaitu minimal 80 kilometer dan maksimal 100 kilometer per jam.

“Saat musim mudik seperti saat ini, banyak para pengendara yang ingin cepat sampai ke kampung halaman tanpa menghiraukan kecepatan kendaraan miliknya, apalagi jika lintasan lurus tersebut berada di jalan Tol Trans Jawa yang cukup banyak. Banyak dari mereka yang lupa mengontrol diri perihal kecepatan sehingga jika terjadi hal-hal yang sifatnya darurat, mobil dengan kecepatan tinggi tentu sangat berisiko,” ucap Jusri, seperti dilansir laman Kompas.com.

2. Tanpa Istirahat

Salah satu kunci utama ketika melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman melalui jalan Tol Trans Jawa adalah istirahat yang cukup. Karena itu, sebaiknya Anda jangan pernah terlena hanya karena mengejar waktu saja tanpa memperhatikan kondisi badan yang telah letih akibat berkendara selama berjam-jam, apalagi ditambah dengan kondisi puasa.

Baca Juga: Daftar Lokasi Rest Area di Jalan Tol Trans Jawa Arah Surabaya

Karena itu, lakukanlah beberapa kali istirahat agar kondisi badan tetap fit. Jusri pun menyarankan agar pengendara melakukan istirahat dua jam sekali atau paling lambat setiap tiga jam.

“Ambil saja waktu istirahat selama dua jam, jangan selalu memaksakan untuk selalu tetap berkendara tanpa sekalipun memperhatikan kondisi tubuhnya. Khusus bagi yang berpuasa, hal ini sangat penting agar tubuh bisa fit, mengingat situasinya cukup berbeda jika kondisi normal,” terang Jusri lagi.

3. Melibas Bahu Jalan

Jelang Hari Raya Idul Fitri, kondisi jalan tentu akan ramai dilalui oleh para pemudik. Untuk mengatasi kepadatan lalu lintas tersebut, tentu para pengendara harus ekstra sabar dan waspada dalam berkendara.

Jusri pun menjelaskan jika dalam kondisi tertentu ketika macet kebanyakan para pengendara akan merasa tidak sabar sehingga menyalip kendaraan lain dari bahu jalan. Hal ini tentu dilarang karena bertentangan dengan regulasi lalu lintas.

“Hal ini bukan hanya menyalahi aturan, namun juga membahayakan. Apalagi telah banyak kendaraan yang mengalami kecelakaan akibat menyalip dari bahu jalan, mengingat bahu jalan tersebut peruntukannya bukan hanya untuk menyalip namun juga berhenti dalam kondisi darurat,” ucap Jusri lagi.

4. Kondisi Bensin

isi bahan bakar
Ilustrasi (Pixa Bay)
Baca Juga: Mudik Melalui Jalan Tol, Berikut Daftar Tarif Tol Trans Jawa 2019

Selain beberapa hal di atas, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dan tidak boleh Anda abaikan adalah mengenai masalah bahan bakar. Meski diklaim oleh Pertamina jika jalan Tol Trans Jawa telah dilengkapi dengan banyak pom bensin, namun melalui ruas tol ini, jangan sekali-kali Anda mengabaikan kondisi indikator bahan bakar, apalagi jika sudah low.

Sebaiknya Anda selalu mengisi bahan bakar kendaraan Anda jika kondisi indikator telah berada di tengah. Hal ini dikarenakan tidak semua peristirahatan mempunyai pengisian bahan bakar meskipun tempat pengisian saat ini telah dilengkapi dengan pom portable dan belum tentu jenis BBM yang digunakan di mobil Anda sesuai.

Berdasarkan pantauan kami, kebanyakan pom bensin portable Pertamina hanya menyediakan BBM Pertamax serta Pertamina Dex dalam bentuk kemasan, sedangkan untuk jenis bahan bakar lainnya, seperti Dexlite, Pertalite dan Solar biasa hanya tersedia di pom bensin reguler.

Jika Anda ingin mendapatkan berita-berita terbaru seputar Otomotif atau ingin mencari dan melakukan kredit mobil bekas berkualitas terbaik di seluruh dealer mobil bekas di Indonesia, kunjungi situs Otomart.id. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian Anda.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Toyota Tawarkan Layanan Servis Mesin dan Spooring Pasca Mudik

OTOmart – Setelah berakhirnya masa mudik Lebaran dan digantikan dengan musim arus balik untuk...

Usai Lebaran, Toyota Avanza G Menguasai Penjualan Produk Toyota

OTOmart – Toyota Avanza 2019 saat ini terus menjadi market leader Toyota selama tahun...

Usai Lebaran, Harga Hatchback Honda dan Mazda Mengalami Kenaikan

OTOmart – Usai libur Lebaran, beberapa produsen mobil di Indonesia mulai merevisi harga mobil...

Jangan Lupa Cek 4 Cairan Ini di Mobil Anda Pasca Mudik

OTOmart – Setelah melakukan perjalanan jauh untuk mudik ke kampung halaman, kini saatnya Anda...

Usai Mudik, Sebaiknya Cek Komponen Mobil Ini Biar Performa Tetap Optimal

OTOmart – Setelah melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, kini saatnya Anda kembali menjalani...

Arus Balik Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni Capai Belasan Km

OTOmart – Arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan mulai memasuki puncaknya. Hal...