Jangan Lupa Cek 4 Cairan Ini di Mobil Anda Pasca Mudik

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
cairan
Ilustrasi (Pixabay)

OTOmart – Setelah melakukan perjalanan jauh untuk mudik ke kampung halaman, kini saatnya Anda kembali beraktifitas kembali seperti semula. Namun, sebelum memulai aktifitas tersebut, ada baiknya Anda mengecek kondisi mobil. Selain mesin dan beberapa komponen lain yang wajib Anda periksa, ternyata ada empat macam cairan utama yang juga harus Anda perhatikan, terutama bahan-bahan pembuatannya.

Sebab, banyak dari para pemilik mobil yang tidak peduli dengan empat cairan utama ini. Padahal, menurut Kepala Bengkel Auto2000 cabang Yos Sudarso, Suparman mengatakan jika keempat cairan tersebut mempunyai fungsi yang tidak dapat diabaikan karena merupakan pendukung dari berbagai komponen penting yang terdapat didalamnya.

Baca Juga: Usai Mudik, Sebaiknya Cek Komponen Mobil Ini Biar Performa Tetap Optimal

“Untuk mesin serta komponen itu kan sudah masuk dalam pengecekan standar, namun hampir seluruh komponen penting itu kan bekerja dengan mengandalkan cairan, seperti oli mesin, radiator, minyak rem, serta wiper. Seluruhnya bisa Anda cek sendiri tanpa harus ke bengkel. Jika telah berkurang, maka sebaiknya segera ditambah untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” ucap Suparman, seperti dilansir laman Kompas.com.

1. Pengecekan oli mesin

Untuk mengecek oli mesin, Anda dapat melakukannya dengan cara melihat volume oli mesin dari mobil yang sebelumnya telah Anda gunakan untuk melakukan mudik Lebaran dengan jarak ribuan kilometer (km). Caranya pun sangat mudah, Anda tinggal melihatnya dari dipstick atau tongkat takaran oli yang terletak di dalam ruang mesin.

Jika posisinya masih berada di antara E (empty) dan F (full), maka dapat diartikan jika oli mesin Anda berada pada posisi normal sehingga tidak perlu ditambahkan walaupun terlihat sedikit berkurang. Sebab, jika Anda menambahkan secara berlebihan, akan membuat terjadinya penurunan kualitas oli, serta membuat putaran mesin menjadi berat. Hal ini tentu akan membuat tingkat kenyamanan Anda berkurang.

2. Pengecekan cairan radiator

Cairan radiator juga wajib untuk Anda periksa setelah melakukan perjalanan mudik Lebaran dengan jarak yang cukup jauh. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka kap mesin dan melihat wadah penampungan atau reservoir radiator tersebut.

Baca Juga: Tips Mengecek Freon AC Mobil Biar Kabin Tetap Dingin

“Caranya mudah, hanya perlu mengecek kondisi reservoir atau wadah penampungannya. Jika memang berkurang, maka untuk amannya bisa langsung ditambah. Namun, sangat disarankan untuk menggunakan cairan khusus radiator bukan hanya sekedar air mineral saja,” ungkap Suparman.

Meski begitu, dalam melakukan pengisian ke tangki reservoir ini juga harus sesuai dengan petunjuk yang telah ditentukan, yaitu hingga batas upper yang terdapat pada tangki reservoir. Sebab, jika terlalu banyak atau bahkan sampai penuh akan mengakibatkan terjadinya gangguan sistem sirkulasi dari reservoir ke radiator sehingga membuat air radiator menjadi cepat panas dan membuat kinerja mesin menjadi tidak optimal.

3. Pengecekan minyak rem

Cairan lain yang juga perlu Anda cek setelah melakukan perjalanan jauh adalah minyak rem. Biasanya minyak rem dapat bertahan dua hingga tiga tahun. Jangka waktu yang cukup lama ini tentunya membuat banyak pemilik mobil yang akhirnya lupa dan lalai untuk menggantinya. Padahal, minyak rem ini merupakan cairan penting dari sistem keamanan mobil yang tidak boleh untuk diabaikan.

4. Pengecekan cairan wiper

Cairan wiper merupakan salah satu cairan penting yang seringkali diabaikan oleh para pemilik kendaraan. Padahal, fungsinya cukup penting, yaitu menjaga kebersihan kaca mobil agar pengemudi mendapatkan pandangan yang baik saat berkendara.

Baca Juga: Begini Cara Mengecek Kondisi Mobil Anda Dengan Metode POWDER

Jika telah berkurang, maka sebaiknya segera Anda ganti dengan yang baru. Namun sebaiknya pilihlah cairan khusus wiper yang ramah bagi kaca mobil sehingga meminimalisir risiko terjadinya kerusakan pada kaca mobil.

Jika Anda sedang mencari mobil bekas berkualitas dengan cicilan kredit yang mudah, aman dan transparan. Segera kunjungi website www.otomart.id. Karena kami selalu siap membantu mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Toyota Tawarkan Layanan Servis Mesin dan Spooring Pasca Mudik

OTOmart – Setelah berakhirnya masa mudik Lebaran dan digantikan dengan musim arus balik untuk...

Usai Lebaran, Toyota Avanza G Menguasai Penjualan Produk Toyota

OTOmart – Toyota Avanza 2019 saat ini terus menjadi market leader Toyota selama tahun...

Usai Lebaran, Harga Hatchback Honda dan Mazda Mengalami Kenaikan

OTOmart – Usai libur Lebaran, beberapa produsen mobil di Indonesia mulai merevisi harga mobil...

Usai Mudik, Sebaiknya Cek Komponen Mobil Ini Biar Performa Tetap Optimal

OTOmart – Setelah melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, kini saatnya Anda kembali menjalani...

Arus Balik Kendaraan di Pelabuhan Bakauheni Capai Belasan Km

OTOmart – Arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan mulai memasuki puncaknya. Hal...

Jangan Abaikan 4 Hal Ini Saat Mudik Lewat Jalan Tol Trans Jawa

OTOmart – Tol Trans Jawa merupakan ruas tol yang menghubungkan antar berbagai kota di...