3 Proses yang Harus dikenali Pengendara Mobil Matic Pemula

posted in: Artikel Mobil | 3 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – Bagi sebagian orang mengendarai mobil matic terlihat lebih mudah dibandingkan dengan mobil manual. Tapi jika belum mengetahui cara-caranya, pastilah akan terasa sulit. Terlebih bagi yang sudah terbiasa menggunakan mobil manual dengan tambahan kopling. Tapi tak perlu khawatir, kami akan memaparkan proses-proses yang harus kalian kenali terlebih dahulu, sebagai acuan pemula untuk menggunakan mobil matic.

  1. Proses Awalan
    Jika dilihat bagian dalam kemudi, maka antara mobil matic dan mobil manual memiliki perpedaan di bagian pedal. Mobil matic hanya memiliki pedal gas dan pedal rem saja. Mobil matic juga memiliki tombol hold yang disematkan di bagian tuas, berfungsi untuk mengunci gigi rendah (1-3).Sebagai awalan coba start kemudian injak rem (sebelah kiri) dan pindah tuas transmisi (bersamaan dengan menekan tombol hold) dari P ke D. Lepaskan hand brake, angkat kaki dari pedal rem secara perlahan, agar mobil tak menghentak ke depan, dan jalan perlahan.Sebagai acuan, dalam mobil matic terdapat 5 transmisi, P= Parkir, R= mundur, N= Netral, D= Jalan, D1/L1= Jalan Menanjak, dan D2/L2 untuk tanjakan/turunan terjal atau panjang.
  2. Proses Berjalan
    Sudah hafal transmisi dan sudah nyaman perpindahan kaki dari pedal rem ke pedal gas? Jika sudah, cobalah berjalan di beberapa tempat dengan kondisi trek yang berbeda. Mulai dari jalan raya dan tidak menanjak atau menurun, gunakan tuas transmisi D. Perhatikan jika sedang berhenti di traffic light, usahakan untuk memindahkan tuas D ke tuas N, agar kampas pada rem tidak cepat terkikis dan disk brake tidak cepat panas.Kemudian jika medan menanjak, pindahkan tuas ke D1 (tekan tombol hold), untuk menambah tenaga pada mobil. Jika tanjakan panjang alias lebih extreme gunakan D2. Mudahkan?
  3. Proses ParkirProses parkir, bisa dibilang susah-susah gampang, bergantung medannya. Jika sudah biasa parkir menggunakan mobil manual, menggunakan mobil matic pun lebih mudah. Cukup memindahkan transmisi R dan transmisi D, jangan lupa ketika sudah berhenti pindahkan ke transmisi P (Parking).

3 proses mudah yang bisa dipelajari dan dipraktekkan. Semakin sering mempelajari dan praktek akan lebih cepat mahir mengendarainya.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Harga Mitsubishi Xpander Bekas Mulai Dari Rp 200 Jutaan

OTOmart – Dibandingkan versi terbarunya, harga jual Mitsubishi Xpander bekas justru lebih menarik. Di...

Sabun Bayi, Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

OTOmart – Jok mobil berbahan kulit pada dasarnya jauh lebih mudah dirawat. Akan tetapi,...

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

OTOmart – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan menemukan knalpot keluar...

Tips Terbaik Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

OTOmart – Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir....

Ingin Mudik Aman dan Nyaman? Sebaiknya Cek 7 Komponen Mobil Ini

OTOmart – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat tentunya akan menjalankan salah...

Tips Hindari Pecah Ban di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

OTOmart – Sebagian besar kondisi jalan Tol Trans Jawa menggunakan jenis beton cor untuk...