3 Mobil Dengan Model Terbaru Yang Sempat Jadi Trending Topic 2017

posted in: Berita Mobil | 0 | Author : Ahmad Nur Ubaidah
model terbaru
Sumber: Suzuki

OTOmart – Meskipun soal catatan penjualan masih belum dikatakan agresif, namun di sisi lain, industri otomotif punyai segudang cerita menarik terutama mengenai model terbaru yang datang dan kehadirannya cukup fenomenal. Bukan hanya sekedar sebagai euforia semata saat peluncurannya, namun juga untuk mengisi arena pertempuran untuk pasar otomotif dalam negeri di tahun 2017.

Bahkan beberapa model terbaru yang diluncurkan berhasil membantu merangsang penjualan kendaraan bermotor roda empat ini di dalam negeri. Nah, sepanjang tahun 2017, catatan penjualan otomotif menurut data wholesales Gaikindo masih belum dapat dibanggakan, alias masih flat atau sama jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun ini.

Berikut ini adalah rangkuman tiga model terbaru yang lahir dan sempat menjadi trending topic di tahun 2017 ini.

  1. Suzuki Ignis

model terbaru

Mobil ini telah ramai menjadi perbincangan para pakar otomotif saat sosoknya diperkenalkan pertama kali saat gelaran Tokyo Motor Show (TMS), setelah itu demam mobil ini terasa hingga ke dalam negeri tahun ini.

Secara resmi, Suzuki Ignis meluncur di segmen mobil kota di Indonesia pada April 2017. Dengan nuansa urban sport utility vehicle (SUV), Suzuki memberikan warna baru untuk pasar dalam negeri.

Suzuki Ignis merupakan penantang bagi para rival-rivalnya yang telah lama nongkrong di kelas ini, bahkan penantang dari Honda Brio, Daihatsu Sirion, Mirage, Nissan March, Toyota Etios, Kia Picanto, Suzuki Spash dan Hyundai i10 ini hanya membutuhkan waktu selama tiga bulan untuk dapat duduk di posisi pertama.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, penjualan wholesales mobil ini periode April-November 2017 telah mencapai angka 11.885 unit dengan rata-rata perbulannya yang mencapai angka 1.321 unit. Suzuki sendiri membanderol mobil ini seharga Rp 151,5 juta.

  1. Wuling Confero

model terbaru

Meskipun barang-barang asal Cina masih banyak yang meragukan, akan tetapi salah satu produk asal Cina ini tidak gentar untuk tetap bertemput di pasar otomotif tanah air. Dengan gelontoran dana investasi sebesar 700 juta dolar Amerika Serikat atau Rp 9,4 triliun, membuat sedikit keraguan pasar akan barang Cina sedikit goyah.

Untuk tetap bersaing, Wuling memulainya dengan tahap awal, yaitu membuat dan meresmikan pabrik pembuatan produknya. Kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan produk MPV pertamanya, Wuling Confero yang langsung bersaing dengan para rival terberatnya, seperti Avanza dkk.

Hingga saat ini, wholesales penjualan Confero telah mencapai ribuan unit atau sebanyak 3.918 unit pada bulan Juli-November 2017. Angka ini jelas merupakan suatu ancaman bagi Daihatsu Luxio dan Suzuki APV yang notabenenya merupakan pemain lama di kelas ini.

Dengan berbagai fitur canggih serta kualitas produk yang tidak kalah dari merek Jepang lainnya, serta harganya yang sangat murah bahkan jauh dari para kompetitornya, maka tidak salah jika mobil ini diprediksi akan semakin berkembang di tahun 2018 mendatang.

  1. Mitsubishi Xpander

model terbaru
Sumber: Katadata

Setelah Mitsubishi Kuda, praktis Mitsubishi tidak pernah mengeluarkan produk lainnya di segmen MPV. Namun pada tahun ini, merek berlambang tiga berlian menggebrak pasar dengan kemunculan MPV andalannya, yaitu Xpander.

Kemunculan Xpander sebenarnya telah ada sejak model prototipenya lahir saat gelaran Tokyo Motor Show 2015 yang diberi nama eX Concept. Lalu pada bulan Agustus 2015, Xpander juga muncul saat gelaran GIIAS 2016 dan akhirnya secara resmi mengaspal di jalanan Indonesia pada tahun 2017.

Sejak mulai dijual pada bulan Agustus lalu, hingga saat ini pemesanan Xpander telah mencapai angka lebih dari 40.000 unit dengan antrian hingga tahun depan untuk beberapa varian tertentu saja. Hal ini tentu sangat mengejutkan, sebab sebelumnya Toyota dengan mobil ‘sejuta umatnya’ sempat menganggap remeh kehadiran mobil ini.

Namun ternyata di bulan November 2017 lalu, pangsa pasar Xpander telah mencapai angka 18,25 persen dan menempel ketak Avanza. Patut kita tunggu kiprah Xpander tahun depan, apakah berhasil melampaui Avanza ataukah malah terjadi penurunan penjualan? Kita tunggu saja.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Premium Garansi Indonesia Siap Lindungi Mobil Bekas Anda

OTOmart – Sebagaimana mobil bekas, tentunya mempunyai masalah yang cukup beragam antara satu merek...

Tips Tepat Membersihkan Door Trim Berbahan Kulit Hingga Kain

OTOmart – Salah satu bagian dalam mobil yang seringkali terabaikan kebersihannya adalah door trim....

Muncul Di GIIAS 2019, Harga Suzuki Jimny Terbaru Rp 300 Juta

OTOmart – Setelah kemunculannya satu tahun yang lalu pada gelaran yang sama, Suzuki Jimny...

Daftar Mobil Test Drive Di Gelaran GIIAS 2019

OTOmart – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 hari ini telah secara resmi...

Suzuki Luncurkan Program Trade-In Saat GIIAS 2019 Besok

OTOmart – Menjelang digelarnya pameran otomotif terkemuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019,...

Airbag Mobil Toyota Rush Bermasalah, Toyota Lakukan Recall

OTOmart – Salah satu pabrikan otomotif terkemuka asal Jepang, Toyota Motor Corporation melalui PT...